Langsung ke konten utama

KELAS VI-PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KD 1 -TERBARU


Lihat juga  RPP KURIKULUM 2013 Revisi
PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KD 1
 (Pendekatan Saintifik)


Sekolah                                :    SD Katolik Snto Yusup 1 Malang
Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran                               :    I.  Pribadi Peserta Didik
Kelas/Semester                     :    VI / I
Alokasi waktu                      :    2 x pertemuan ( 8 Jam Pelajaran)
                                                  (1x pertemuan :35’ )

A.      Kompetensi Inti

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                  
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1. Bersyukur  sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
1.1.1. Mensyukuri  diri  sebagai  warga negara  Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah

2.1 Bertanggung jawab   sebagai  warga negara Indonesia dalam keanekaragaman yang merupakan anugerah Allah
2.1.1    Menunjukkan perilaku  bertanggung jawab  sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah

3.1  Memahami diri sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah

Materi 1
3.1.1.   Menyebutkan keanekaragaman nyanyian, tarian, pakaian,  rumah, dan adat istiadat beberapa daerah di Indonesia.
3.1.2.   Menyebutkan dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.3.   Menjelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam keanearagaman Bangsa Indonesia.
3.1.4.   Menyebutkan ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.5.   Menyebutkan macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama

Materi 2
3.1.6. Menjelaskan kewajiban- kewajiban  sebagai  warga negara Indonesia.
3.1.7. Menjelaskan hak-hak sebagai warga   negara Indonesia.
3.1.8. Menjelaskan  yang dilakukan Yesus sebagai warga Negara.
3.1.9. Menjelaskan akibat jika kita  tidak melaksanakan kewajibannya.
3.1.10. Menemukan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.


4.1.  Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan/menuliskanrefleksi/puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki sebagai warga Negara Indonesia yang beraneka ragam.
Materi 1
4.1.1 Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman.

Materi 2
4.1.2 Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia  melaksanakan kewajibannya selanjutnya dipasang dimajalah didinng.


C.      Materi Pembelajaran
1.      Aku Bangga dan Bersyukur atas  Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa  Indonesia
a.    Keanekaragaman bangsa Indonesia: nyanyian, tarian, pakaian, rumah, bahasa, adat-istiadat berbagai daerah di Indonesia.
b.    Dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
c.    Pentingnya persatuan dalam keanearagaman Bangsa Indonesia.
d.    Ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama. Kitab Suci Mazmur 145 : 1-15)
e.    Macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang beranekaragam.

2.      Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara
a.  Kewajiban-kewajiban warga negara Indonesia sesuai dengan
     UUD 1945
b.  Hak-hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan UUD 1945
d.  Tindakan Yesus sebagai warga negara
e.  Akibat kalau warga tidak melaksanakan kewajibannya.
f.   Ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga    di dalam kehidupan bersama. ( Matius 17:24 )

D.      Pendekatan /Metode :
Pendekatan : Saintific

E.       Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Materi Pertama : A. Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Menyiapkan fisik dan psikis siswa.  
( Apercepsi , motivasi, syaring )
b.      Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa  Indonesia
d.      Menyampaikan proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.        Doa Pembukaan (Buku guru hal.12, buku siswa hal.1), bisa doa spontan dari siswa dan guru.



10’
2
Kegiatan Inti
Mengamati
·       Mengamati gambar anak-anak berpakaian adat nusantara yang beraneka ragam atau video tentang aneka ragam Bangsa Indonesia
·       Mencari tahu latar belakang kesukuan teman-teman satu kelas untuk melihat keanekaragaman di antara mereka

Menanya
·       Menanya tentang latar belakang keanekaragaman Bangsa Indonesia
·       Menanya tentang dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
·       Menanya alasan persatuan dan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia
·       Menanya ajaran Gereja tentang sikap dan perilaku yang  perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang  beranekaragam.

Mengumpulkan Informasi
·       Mengumpulkan data tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian, pakaian adat, bahasa, agama, dan perbedaan lainnya
·       Mengumpulkan informasi tentang  dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
·       Mencari fakta  kehidupan masyarakat yang rukun walaupun berbeda suku, agama dan perbedaan lainnya
·       Mencari informasi alasan dan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia
·       Mencari  ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman bangsa Indonesia serta perilaku  yang  perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang  beranekaragaman. (Kitab Mazmur 145:1-15)

Mengasosiasi
·      Merumuskan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan di dalam keanekaragaman.
·      Membandingkan ajaran Gereja dengan kenyataan hidup di dalam masyarakat; mendukung hal-hal yang sudah baik dan terus meningkatkannya, serta memperbaiki hal-hal yang mengganggu kerukunan hidup di dalam keanekaragaman.
·      Merumuskan sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang beranekaragam

Mengomunikasikan
·       Membuat dan mempresentasikan “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
·       Menyanyikanlagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman.

75’















































3.
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
-  Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
-  Refleksi  :
1.      Sejauh mana saya merasa bangga atas keanekaragaman dan kesatuan Bangsa  Indonesia?
2.      Sejauh mana saya meyakini bahwa keanekaragaman dan kesatuan Indonesia merupakan karya agung Tuhan?
3.      Sejauhmana saya telah menjaga keanekaragaman dan kesatuan Bangsa Indonesia?
4.      Membuat “motto” yang mengungkapkan tekad  untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
Aksi  : Penugasan :  -     Mempelajari lagu-lagu daerah
-          Mengikuti upacara bendera  dengan hikmad.
-          Memberi salam kepada teman yang berbeda agama dll
                         
Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.

    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

20’




      Pertemuan Materi kedua : Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara.

No.
Kegiatan
Waktu

1.

Pendahuluan
a.       Menyiapkan fisik dan psikis siswa.  
( Apercepsi , motivasi, syaring )
b.      Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang
: Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara.
d.      Menyampaikan proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.        Doa Pembukaan (Buku guru hal.12, buku siswa hal.1), bisa doa spontan dari siswa dan guru.


2.
Inti
Mengamati
·       Mengamati gambar atau video tentang orang-orang yang melaksanakan kewajiban dan haknya, misalnya antri di loket pembayaran listrik, pajak atau kewajiban lainnya
·       Mengamati berbagai sarana atau infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya jalan raya, listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya

Menanya
·      Menanya tentang  pentingnya melaksanakan kewajiban-kewajiban  kita di dalam kehidupan bersama
·      Menanya tentang berbagai hak dan kewajiban sebagai warga negara
·      Menanya ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.

Mengumpulkan Informasi
·      Mencari informasi tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia
·      Mengumpulkan fakta tentang pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
·      Mencari informasi akibat jika warga tidak melaksanakan kewajibannya
·      Mencari ajaran  Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.

Mengasosiasi
·      Merumuskan pesan  dari ajaran Kitab Suci dan  Gereja  tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
·      Menilai sikap dan tanggung jawab warga negara dalam menjalankan hak dan kewajibannya
·      Merumuskan sikap dan perilaku yang harus dikembangkan setiap warga negara sesuai ajaran Kitab Suci dan Gereja

Mengomunikasikan
·      Menuliskan dan melaporkan   niat yang akan dilakukan sebagai warga negara yang bertanggung  jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya
    Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau seenisnya.


3.
Penutup
i.       Kegiatan guru bersama siswa :
-  Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
-  Refleksi  :
·         Kewajiban apa saja yang telah saya penuhi dan yang belum saya penuhi sebagai warga negara?
·         Hak-hak apa saja yang sudah saya terima dan yang belum saya terima sebagai warga negara?
·         Sebagai orang kristiani sejauh mana saya telah meneladan Tuhan Yesus berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara?
·         Sesuai dengan teladan Yesus, niat-niat apa yang akan saya lakukan di masa mendatang?
·         Tutuplah dengan doa syukur dan permohonan kepada
Tuhan.

2. Aksi
Hasil refleksi dapat disusun dalam bentuk

-  Aksi    :     Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau seenisnya.
Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    -  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Aku Warga dunia.



F.       Penilaian Hasil Belajar

1.   Teknik
No
Aspek penilaian
Teknik
Waktu
1
Spriritual
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
2
Sosial
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
3
Pengetahuan
Tes tertulis lembar kerja
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
4
Ketrampilan
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman)
Akhir KD

Produk (membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau sejenisnya.


Akhir KD

2.   Instrumen Penilaian
a.         Sikap spiritual


Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas                       :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :

Kompetensi Dasar : 1.2  :……………………
Indikator sikap
1) Bersemangat terlibat dalam upacara bendera dan hari besar nasional.
2) Bersemangat dan menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia
3) Bersikap toleran serta bersahabat dengan semua orang di dalam ingkungannya
    Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Bersyukur atas tanah air Indonesia




2
Bersyukur atas keanekaragaman Indonesia




3
Bersyukur atas kesatuan bangsa Indonesia




4
Mohon berkat atas niat-niat untuk mengembangkan keanekaragaman Indonesia




5
Belajar dengan tekun untuk mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai ajaran agama




6
Menghormati lambang negara seturut ajaran agama




7
Taat pada aturan negara sesuai dengan ajaran agama




8
Mengucap syukur atas bantuan negara untuk berlangsungnya pendidikan




9
Mengucap syukur atas tersedianya fasilitas kesehatan




10
Mengasihi semua teman yang beranekaragam suku, adat, agama, dan bahasanya sebagai anugerah Tuhan





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

   Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
       Skor maksimal



Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering  melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

b.        Penilaian sikap sosial
Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan keadaan dirimu!
           
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang berbeda suku bangsa suku, agama, ras, dan adat istiadat




2
Memberi selamat kepada orang yang merayakan hari raya agamanya, meskipun berbeda agama





3
Mau belajar tari tradisional Indonesia




4
Bangga dengan produk dalam negeri




5
Mencintai seni budaya asli Indonesia




6
Mencintai alat musik tradisional Indonesia




7
Mau bekerjasama dengan semua orang tanpa memandang perbedaan suku,  ras, dan agama




8
Menjunjung tinggi toleransi




9
Menghormati sesama warga negara yang
beragama lain




10
Taat pada aturan negara




11
Membantu teman yang mengalami kesukaran dalam belajar




12
Mengunjungi teman yang sakit




13
Berterima kasih pada guru




14
Menerima semua teman yang berbeda




15
Bangga terhadap aneka macam kesenian daerah di Indonesia






Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 15 = 60
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

  Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
     Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.
 
c.         Penilaian Pengetahuan
-          Teknik                       : Tes tertulis
-          Bentuk Instrumen     : Uraian
-          Kisi-kisi

No
Kompetensi  Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.1  Memahami diri sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah

A.    Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
B.    Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara
3.1.1.   Menyebutkan keanekaragaman nyanyian, tarian, pakaian,  rumah, dan adat istiadat beberapa daerah di Indonesia.
3.1.2.   Menyebutkan dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.3.   Menjelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam keanearagaman Bangsa Indonesia.
3.1.4.   Menyebutkan ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.5.   Menyebutkan macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama
3.1.6. Menjelaskan kewajiban- kewajiban  sebagai  warga negara Indonesia.
3.1.7. Menjelaskan hak-hak sebagai warga   negara Indonesia.
3.1.8. Menjelaskan  yang dilakukan Yesus sebagai warga Negara.
3.1.9. Menjelaskan akibat jika kita  tidak melaksanakan kewajibannya.
3.1.10. Menemukan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.

Uraian






Uraian




Uraian




Uraian





Uraian






Uraian



Uraian


Uraian


Uraian



Uraian






1






1




1




1





1






1



1


1


1



1







Jawablah soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !

1.      Sebutkanlah keanekaragaman nyanyian, tarian, pakaian,  rumah, dan adat istiadat beberapa daerah di Indonesia.  ( 2 daerah ).
2.      Sebutkan dampak positif dan negative  atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.      Jelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam keanearagaman Bangsa Indonesia.
4.      Sebutkan ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia.
5.      Sebutkan macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang beranekaragam.
6.      Jelaskan kewajiban- kewajiban  sebagai  warga negara Indonesia.
7.      Jelaskan hak-hak sebagai warga   negara Indonesia.
8.      Jelaskan  yang dilakukan Yesus sebagai warga Negara.
9.      Jelaskan akibat kika warga tidak melaksanakan kewajibannya.
10.  Sebutkan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.

 Kunci Jawaban :
1.
No
Propinsi
Rumah Adat
Pakaian Adat
Tarian
Senjata
Nyanyian
1
Jawa Barat
Keraton Kesepuhan Cirebon
Kebaya
Merak
Jaipong
Kujang
Bubuy Bulan
2
Sumatera Utara
Bolon
Ulos
Tortor
Piso Surit
Butet
3
Jawa Timur
Joglo Situbondo
Pesa’an
Remo
Clurit
Padhang Bukan
4
Bali
Gapura Candi Bentar
-
Pendet
Kecak
Keris
Mejangran

2.      Dampak positif        : menjadi daya tarik bagi wisatawan manca Negara yang dapat menghasilkan pemasukan (devisa Negara)
Dampak negative     : perbedaan yang ada bias menjadi acuan konflik yang bias mengakibatkan perselisihan bahkan peperangan saudara
3.      Pentingnya persatuan bangsa adalah agar tercipta kerukunan dan  keharmonisan sehingga NKRI tetap utuh walaupun berbeda-beda budaya
4.      Ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia adalah  menjada keutuhan bangsa dan keharmonisan di dalam masyarakat yang berakeka ragam.
5.      Sikap yang harus dihindari agar keanekaragaman tetap terjaga antara lain : egois, menangnya sendiri, merasa benar, mementingkan golongan. dll
Sikap yang harus dikembangkan agar keanekaragaman tetap terjaga antara lain : saling menghargai dalam perbedaan, saling menghormati dan mengasihi antar sesame.
6.      Kewajiban sebagai warga Negara antara lain :
-          Membayar pajak
-          Mematuhi peraturan yang ada
-          Membela negara
-          Menjunjung tinggi hukum dll
7.      Hak sebagai warga Negara antara lain :
-          Mendapatkan pendidikan/pengajaran
-          Mendapatlan perlindungan hukum
-          Mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
-          Berserikat, Menyampaikan pendapat dll
8.      Yang dilakukan Yesus sebagai warga Negara adalah membayar pajak kepada pemerintah.
9.      Akibat bila tidak melaksanakan kewajiban adalah  tidak memperoleh hak dan  tidak disukai orang.
10.  Ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama adalah meneladan Yesus dan mengikuti ajakan Gereja Indonesia untuk menaati apa yang menjadi kewajiban-kewajiban warga Negara  sehingga akan mendapatkan hak.


Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 10 x1 = 10
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

  Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
     Skor maksimal


d.        Penilaian keterampilan

1.      Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam  keberagaman          

No
Uraian
Nilai
1
Penampilan
20
2
Artikulasi / vokal
30
3
Penghayatan
20
4
Ketepatan irama
30

Jumlah
100

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
    Skor maksimal


2.      Membuat karya seni berupa doa, puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau sejenisnya.

No
Uraian
Nilai
1
Kesesuaian dengan tema
50
2
Kerapian / kebersihan
20
3
Tata bahasa / ejaan
30




Jumlah
100

Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------  x 100 = skore akhir
    Skor maksimal


3. Remidial dan Pengayaan
       Materi Pengayaan
• Bagi peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran ini, guru dapat memberi pengayaan berupa tugas untuk menuliskan rumusan   Sumpah Pemuda dan mendalami maknanya.
• Bagi peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran ini, guru   dapat memberi pengayaan berupa tugas untuk menyusun resume   kisah Mgr. Soegijopranata.

Remedial
• Bagi peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran ini, guru dapat member penjelasan  untuk mempelajari materi sesuai indikatir dan KD yang belum tercapai.
• Bagi peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran ini, guru dapat memberikan tugas untuk membaca dan membuat ringkasan mengenai hak dan kewajiban warga negara sesuai dalam pasal-pasal UUD 1945 dan menuliskan ajaran Yesus tentang membayar pajak.

I. Sumber Belajar, Media dan alat
Sumber belajar :
1.      UUD 1945
2.      Kitab Mazmur 145:1-15.
3.      Kitab Suci: Mat 17:24-27; 22:15-22
4.      Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
5.      Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006 Halaman  : 
6.      Pengalaman hidup peserta didik dan guru berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara dan keanekaragaman serta kesatuan

    Media :
a.       Gambar anak-anak /orang  berpakaian adat nusantara yang beraneka ragam yang ada di Indonesia
b.      Gambar-gambar yang berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

     Alat : Spidol, papan tulis, LCD


Mengetahui
Kepala Sekolah



Malang, 30 Agustus 2016
Guru Pend. Agama Katolik


Stephiana Ari Rita, S. Ag.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3