(Pendekatan Saintifik)
Sekolah : SD
Katolik Snto Yusup 1 Malang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran : I. Pribadi Peserta Didik
Kelas/Semester :
VI / I
Alokasi waktu : 2 x pertemuan ( 8 Jam Pelajaran)
(1x pertemuan :35’ )
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
mendengar, melihat, membaca dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1.
Bersyukur sebagai
warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
|
1.1.1. Mensyukuri diri sebagai
warga negara Indonesia
yang beraneka ragam sebagai anugerah
Allah
|
2.1
Bertanggung jawab sebagai warga negara Indonesia dalam keanekaragaman
yang merupakan anugerah Allah
|
2.1.1 Menunjukkan
perilaku bertanggung
jawab sebagai
warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
|
|
3.1
Memahami
diri sebagai warga negara Indonesia yang
beraneka ragam sebagai anugerah
Allah
|
Materi 1
3.1.1. Menyebutkan keanekaragaman nyanyian,
tarian, pakaian, rumah, dan adat
istiadat beberapa daerah di Indonesia.
3.1.2. Menyebutkan
dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.3. Menjelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam keanearagaman
Bangsa Indonesia.
3.1.4. Menyebutkan
ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa
Indonesia.
3.1.5. Menyebutkan
macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam
pergaulan dengan sesama
Materi 2
3.1.6. Menjelaskan kewajiban- kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
3.1.7. Menjelaskan hak-hak sebagai warga negara
Indonesia.
3.1.8. Menjelaskan yang dilakukan Yesus
sebagai warga Negara.
3.1.9. Menjelaskan akibat jika kita
tidak melaksanakan kewajibannya.
3.1.10. Menemukan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang
kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
|
|
4.1.
Melakukan aktivitas (misalnya
menceritakan/menuliskanrefleksi/puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki
sebagai warga Negara Indonesia yang beraneka ragam.
|
Materi 1
4.1.1
Menyanyikan lagu yang
mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman.
Materi 2
4.1.2 Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang
berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia
melaksanakan kewajibannya selanjutnya dipasang dimajalah didinng.
|
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Aku Bangga dan Bersyukur atas Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
a. Keanekaragaman bangsa Indonesia:
nyanyian, tarian, pakaian, rumah, bahasa, adat-istiadat berbagai daerah di Indonesia.
b. Dampak positif dan negative atas
keanekaragaman Bangsa Indonesia
c. Pentingnya persatuan dalam
keanearagaman Bangsa Indonesia.
d. Ajaran Kitab Suci dan Gereja
tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama. Kitab Suci
Mazmur 145 : 1-15)
e. Macam-macam sikap atau perilaku
yang harus dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang
beranekaragam.
2.
Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara
a. Kewajiban-kewajiban warga negara Indonesia sesuai
dengan
UUD 1945
b. Hak-hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan UUD 1945
d. Tindakan Yesus sebagai warga negara
e. Akibat
kalau warga tidak melaksanakan kewajibannya.
f. Ajaran
Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama. ( Matius 17:24
)
D.
Pendekatan
/Metode :
Pendekatan : Saintific
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama : A.
Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia.
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
(
Apercepsi , motivasi, syaring )
b. Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan
sehari-hari.
c.
Mengungkapkan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang
Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa
Indonesia
d. Menyampaikan
proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e. Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.
Doa Pembukaan
(Buku guru hal.12, buku siswa hal.1), bisa doa spontan dari siswa
dan guru.
|
10’
|
2
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Mengamati gambar
anak-anak berpakaian adat nusantara yang beraneka ragam atau video tentang
aneka ragam Bangsa Indonesia
·
Mencari tahu
latar belakang kesukuan teman-teman satu kelas untuk melihat keanekaragaman
di antara mereka
Menanya
·
Menanya tentang
latar belakang keanekaragaman Bangsa Indonesia
·
Menanya tentang
dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
· Menanya
alasan persatuan dan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia
· Menanya ajaran Gereja tentang sikap dan perilaku
yang perlu dikembangkan dan dihindari
dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang beranekaragam.
Mengumpulkan
Informasi
·
Mengumpulkan
data tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian, pakaian
adat, bahasa, agama, dan perbedaan lainnya
·
Mengumpulkan informasi tentang
dampak positif
dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
·
Mencari
fakta kehidupan masyarakat yang rukun
walaupun berbeda suku, agama dan perbedaan lainnya
·
Mencari informasi alasan dan
pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa
Indonesia
· Mencari ajaran
Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman bangsa Indonesia
serta perilaku yang
perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama bangsa
Indonesia yang beranekaragaman.
(Kitab Mazmur 145:1-15)
Mengasosiasi
·
Membandingkan
ajaran Gereja dengan kenyataan hidup di dalam masyarakat; mendukung hal-hal
yang sudah baik dan terus meningkatkannya, serta memperbaiki hal-hal yang
mengganggu kerukunan hidup di dalam keanekaragaman.
·
Merumuskan sikap
dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam pergaulan dengan sesama
bangsa Indonesia yang beranekaragam
Mengomunikasikan
· Membuat dan mempresentasikan “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara
kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
·
Menyanyikanlagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman.
|
75’
|
3.
|
Penutup
Kegiatan guru bersama
siswa :
- Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama
siswa.
- Refleksi
:
1.
Sejauh mana saya merasa bangga atas keanekaragaman dan kesatuan Bangsa Indonesia?
2.
Sejauh mana saya meyakini bahwa keanekaragaman dan kesatuan Indonesia
merupakan karya agung Tuhan?
3.
Sejauhmana saya telah menjaga keanekaragaman dan kesatuan Bangsa Indonesia?
4. Membuat “motto” yang
mengungkapkan tekad untuk memelihara
kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
Aksi : Penugasan : - Mempelajari
lagu-lagu daerah
-
Mengikuti upacara bendera dengan hikmad.
-
Memberi salam kepada teman
yang berbeda agama dll
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Hak dan Kewajiban Sebagai Warga
Negara
|
20’
|
Pertemuan
Materi kedua : Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara.
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Menyiapkan fisik dan psikis
siswa.
(
Apercepsi , motivasi, syaring )
b. Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan
pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Mengungkapkan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang
: Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara.
d. Menyampaikan
proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e. Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.
Doa Pembukaan
(Buku guru hal.12, buku siswa hal.1), bisa doa spontan dari siswa
dan guru.
|
|
2.
|
Inti
Mengamati
·
Mengamati gambar
atau video tentang orang-orang yang melaksanakan kewajiban dan haknya,
misalnya antri di loket pembayaran listrik, pajak atau kewajiban lainnya
·
Mengamati berbagai sarana atau
infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya jalan raya,
listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya
Menanya
·
Menanya
tentang pentingnya melaksanakan
kewajiban-kewajiban kita di dalam
kehidupan bersama
·
Menanya tentang
berbagai hak dan kewajiban sebagai warga negara
·
Menanya ajaran
Kitab Suci dan ajaran Gereja
tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari
informasi tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia
·
Mengumpulkan
fakta tentang pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
·
Mencari
informasi akibat jika warga tidak melaksanakan kewajibannya
·
Mencari
ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang
kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
Mengasosiasi
·
Merumuskan pesan
dari ajaran Kitab Suci dan
Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di
dalam kehidupan bersama.
·
Menilai sikap
dan tanggung jawab warga negara dalam menjalankan hak dan kewajibannya
·
Merumuskan sikap dan perilaku yang harus dikembangkan
setiap warga negara sesuai ajaran Kitab Suci dan Gereja
Mengomunikasikan
·
Menuliskan dan
melaporkan niat yang akan dilakukan
sebagai warga negara yang bertanggung
jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya
Membuat
karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap
warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya
selanjutnya display pada
majalah dinding atau seenisnya.
|
|
3.
|
Penutup
i.
Kegiatan guru bersama siswa :
- Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama
siswa.
- Refleksi
:
·
Kewajiban apa saja yang telah saya penuhi dan yang belum saya penuhi
sebagai warga negara?
·
Hak-hak apa saja yang sudah saya terima dan yang belum saya terima
sebagai warga negara?
·
Sebagai orang kristiani sejauh mana saya telah meneladan Tuhan
Yesus berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara?
·
Sesuai dengan teladan Yesus, niat-niat apa yang akan saya lakukan di masa
mendatang?
·
Tutuplah dengan doa syukur dan permohonan kepada
Tuhan.
2. Aksi
Hasil
refleksi dapat disusun dalam bentuk
- Aksi
: Membuat
karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap
warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada
majalah dinding atau seenisnya.
Kegiatan
guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Aku Warga dunia.
|
F.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
No
|
Aspek penilaian
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
Spriritual
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
2
|
Sosial
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
3
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis lembar kerja
|
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
|
4
|
Ketrampilan
|
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman)
|
Akhir KD
|
Produk
(membuat karya seni berupa puisi,
slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia
melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah
dinding atau sejenisnya.
|
Akhir KD
|
2. Instrumen
Penilaian
a.
Sikap
spiritual
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi Dasar : 1.2 :……………………
Indikator sikap
1) Bersemangat
terlibat dalam upacara bendera dan hari besar nasional.
2) Bersemangat
dan menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia
3) Bersikap
toleran serta bersahabat dengan semua orang di dalam ingkungannya
Berilah tanda centang (√) pada kolom nomor yang sesuai
dengan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bersyukur atas tanah air Indonesia
|
||||
2
|
Bersyukur atas keanekaragaman Indonesia
|
||||
3
|
Bersyukur atas kesatuan bangsa Indonesia
|
||||
4
|
Mohon berkat atas niat-niat
untuk mengembangkan keanekaragaman Indonesia
|
||||
5
|
Belajar dengan tekun untuk
mewujudkan tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai ajaran agama
|
||||
6
|
Menghormati lambang negara
seturut ajaran agama
|
||||
7
|
Taat pada aturan negara sesuai
dengan ajaran agama
|
||||
8
|
Mengucap syukur atas bantuan
negara untuk berlangsungnya pendidikan
|
||||
9
|
Mengucap syukur atas tersedianya
fasilitas kesehatan
|
||||
10
|
Mengasihi semua teman yang beranekaragam suku, adat, agama, dan bahasanya sebagai anugerah Tuhan
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu,
apabila selalu sesuai pernyataan.
b.
Penilaian
sikap sosial
Berilah tanda
centang (√) pada kolom nomor yang sesuai dengan keadaan dirimu!
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang berbeda
suku bangsa suku, agama, ras, dan adat istiadat
|
||||
2
|
Memberi selamat kepada orang
yang merayakan hari raya agamanya, meskipun berbeda agama
|
||||
3
|
Mau belajar tari tradisional
Indonesia
|
||||
4
|
Bangga dengan produk dalam
negeri
|
||||
5
|
Mencintai seni budaya asli
Indonesia
|
||||
6
|
Mencintai alat musik
tradisional Indonesia
|
||||
7
|
Mau bekerjasama dengan semua
orang tanpa memandang perbedaan suku, ras, dan agama
|
||||
8
|
Menjunjung tinggi toleransi
|
||||
9
|
Menghormati sesama warga negara
yang
beragama lain
|
||||
10
|
Taat pada aturan negara
|
||||
11
|
Membantu teman yang mengalami kesukaran dalam belajar
|
||||
12
|
Mengunjungi teman yang sakit
|
||||
13
|
Berterima kasih pada guru
|
||||
14
|
Menerima semua teman yang
berbeda
|
||||
15
|
Bangga terhadap aneka macam
kesenian daerah di Indonesia
|
||||
Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 15 = 60
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
4. Selalu, apabila
selalu sesuai pernyataan.
c.
Penilaian
Pengetahuan
-
Teknik :
Tes tertulis
-
Bentuk Instrumen : Uraian
-
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.1
Memahami
diri sebagai warga negara Indonesia yang
beraneka ragam sebagai
anugerah Allah
|
A. Keanekaragaman
dan Kesatuan Bangsa Indonesia
B. Hak dan
kewajiban sebagai Warga Negara
|
3.1.1. Menyebutkan keanekaragaman nyanyian,
tarian, pakaian, rumah, dan adat
istiadat beberapa daerah di Indonesia.
3.1.2. Menyebutkan
dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3.1.3. Menjelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam keanearagaman
Bangsa Indonesia.
3.1.4. Menyebutkan
ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa
Indonesia.
3.1.5. Menyebutkan
macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan dan dihindari dalam
pergaulan dengan sesama
3.1.6. Menjelaskan kewajiban- kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
3.1.7. Menjelaskan hak-hak sebagai warga
negara Indonesia.
3.1.8. Menjelaskan yang dilakukan Yesus
sebagai warga Negara.
3.1.9. Menjelaskan akibat jika kita
tidak melaksanakan kewajibannya.
3.1.10. Menemukan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang
kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Jawablah
soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Sebutkanlah keanekaragaman nyanyian, tarian, pakaian,
rumah, dan adat istiadat beberapa daerah di Indonesia. ( 2 daerah ).
2. Sebutkan dampak positif dan negative atas keanekaragaman Bangsa Indonesia.
3. Jelaskan alasan dan pentingnya persatuan dalam
keanearagaman Bangsa Indonesia.
4. Sebutkan ajaran Gereja tentang pentingnya kesatuan
dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia.
5. Sebutkan macam-macam sikap atau perilaku yang harus dikembangkan
dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang beranekaragam.
6. Jelaskan kewajiban- kewajiban sebagai
warga negara Indonesia.
7. Jelaskan hak-hak sebagai warga negara Indonesia.
8. Jelaskan yang
dilakukan Yesus sebagai warga Negara.
9. Jelaskan akibat kika warga tidak melaksanakan
kewajibannya.
10. Sebutkan ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban
dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
Kunci Jawaban :
1.
No
|
Propinsi
|
Rumah Adat
|
Pakaian Adat
|
Tarian
|
Senjata
|
Nyanyian
|
1
|
Jawa Barat
|
Keraton Kesepuhan Cirebon
|
Kebaya
|
Merak
Jaipong
|
Kujang
|
Bubuy Bulan
|
2
|
Sumatera Utara
|
Bolon
|
Ulos
|
Tortor
|
Piso Surit
|
Butet
|
3
|
Jawa Timur
|
Joglo Situbondo
|
Pesa’an
|
Remo
|
Clurit
|
Padhang Bukan
|
4
|
Bali
|
Gapura Candi Bentar
|
-
|
Pendet
Kecak
|
Keris
|
Mejangran
|
2. Dampak positif : menjadi daya tarik bagi wisatawan
manca Negara yang dapat menghasilkan pemasukan (devisa Negara)
Dampak negative : perbedaan
yang ada bias menjadi acuan konflik yang bias mengakibatkan perselisihan bahkan
peperangan saudara
3. Pentingnya persatuan bangsa
adalah agar tercipta kerukunan dan
keharmonisan sehingga NKRI tetap utuh walaupun berbeda-beda budaya
4. Ajaran Gereja tentang
pentingnya kesatuan dalam keanekaragaman Bangsa
Indonesia adalah menjada keutuhan bangsa
dan keharmonisan di dalam masyarakat yang berakeka ragam.
5. Sikap yang harus dihindari
agar keanekaragaman tetap terjaga antara lain : egois, menangnya sendiri,
merasa benar, mementingkan golongan. dll
Sikap yang harus
dikembangkan agar keanekaragaman tetap terjaga antara lain : saling menghargai dalam
perbedaan, saling menghormati dan mengasihi antar sesame.
6. Kewajiban sebagai warga
Negara antara lain :
-
Membayar pajak
-
Mematuhi peraturan yang ada
-
Membela negara
-
Menjunjung tinggi hukum dll
7. Hak sebagai warga Negara
antara lain :
-
Mendapatkan pendidikan/pengajaran
-
Mendapatlan perlindungan hukum
-
Mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak
-
Berserikat, Menyampaikan pendapat dll
8. Yang dilakukan Yesus sebagai
warga Negara adalah membayar pajak kepada pemerintah.
9. Akibat bila tidak
melaksanakan kewajiban adalah tidak
memperoleh hak dan tidak disukai orang.
10. Ajaran Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak
setiap warga di dalam kehidupan bersama adalah meneladan Yesus dan mengikuti
ajakan Gereja Indonesia untuk menaati apa yang menjadi kewajiban-kewajiban
warga Negara sehingga akan mendapatkan
hak.
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 10 x1 = 10
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
d.
Penilaian
keterampilan
1.
Menyanyikan lagu yang
mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman
No
|
Uraian
|
Nilai
|
1
|
Penampilan
|
20
|
2
|
Artikulasi
/ vokal
|
30
|
3
|
Penghayatan
|
20
|
4
|
Ketepatan irama
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
2.
Membuat karya seni berupa doa, puisi, slogan, pantun
yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan
kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau sejenisnya.
No
|
Uraian
|
Nilai
|
1
|
Kesesuaian
dengan tema
|
50
|
2
|
Kerapian
/ kebersihan
|
20
|
3
|
Tata
bahasa / ejaan
|
30
|
Jumlah
|
100
|
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal
3. Remidial dan
Pengayaan
Materi Pengayaan
• Bagi peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran ini, guru
dapat memberi pengayaan berupa tugas untuk menuliskan rumusan Sumpah Pemuda dan mendalami maknanya.
• Bagi peserta didik yang telah menguasai materi pelajaran ini, guru dapat memberi pengayaan berupa tugas untuk
menyusun resume kisah
Mgr. Soegijopranata.
Remedial
• Bagi peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran ini, guru dapat
member
penjelasan untuk mempelajari materi
sesuai indikatir dan KD yang belum tercapai.
• Bagi peserta didik yang belum menguasai materi pelajaran ini, guru dapat
memberikan tugas untuk membaca dan membuat ringkasan mengenai hak dan kewajiban
warga negara sesuai dalam pasal-pasal UUD 1945 dan menuliskan ajaran Yesus
tentang membayar pajak.
I. Sumber Belajar, Media dan alat
Sumber belajar :
1. UUD 1945
2. Kitab Mazmur 145:1-15.
3. Kitab Suci: Mat 17:24-27;
22:15-22
4. Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus
Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
5. Komkat KWI. Seri Murid-Murid
Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius,
2006 Halaman :
6. Pengalaman hidup peserta didik
dan guru berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara dan keanekaragaman serta kesatuan
Media :
a.
Gambar anak-anak /orang berpakaian adat nusantara yang beraneka ragam
yang ada di Indonesia
b.
Gambar-gambar yang berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
Alat : Spidol, papan tulis, LCD
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Malang,
30 Agustus 2016
Guru Pend. Agama Katolik
Stephiana Ari
Rita, S. Ag.
|
Komentar
Posting Komentar