Langsung ke konten utama

KELAS VI - PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP) - KD 3



PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)
Pendekatan Saintifik

Sekolah                                :    SD
Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran                               :    II. Yesus Kristus
Kelas/Semester                     :    VI / I
Alokasi waktu                      :    5 x pertemuan (20 Jam Pelajaran)

A.      Kompetensi Inti

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                  
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3  Beriman pada Allah yang melakukan karya keselamatan melalui para nabi
1.3.1 Percaya kepada Allah yang telah melakukan karya keselamatan melalui para nabi

2.3 Peduli terhadap sesama seperti yang diteladankan para nabi dalam melaksanakan karya keselamatan Allah
2.3.1 Membantu sesama seperti yang diteladankan para nabi dalam melaksanakan karya keselamatan Allah


3.3 Memahami  karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabi

Materi 1
3.3.1 menjelaskan arti menyembah berhala
3.3.2 menyebutkan bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa kini
3.3.3 menjelaskan penyebab orang  menyembah berhala 
3.3.4 menjelaskan akibat dari penyembahan berhala
3.3.5 menemukan pesan Kitab Suci tentang kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
3.3.6 menyebutkan sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala

Materi 2
3.3.7. menjelaskan situasi kehidupan dalam penindasan
3.3.8. menyebutkan harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
3.3.9 menyebutkan situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat.
3.3.10 menuliskan ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
3.3.11 mendaftar ciri-ciri pemimpin idola


Materi 3
3.3.12 menyebutkan gambaran ketidakadilan dalam masyarakat
3.3.13 menyebutkan situasi masyarakat pada jaman nabi Amos
3.3.14 menemukan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang tidakpatut diteladani
3.3.15 menyebutkan  sikap dan perilaku untuk meneladan sikap nabi Amos

Materi 4
3.3.16 menyebutkan faktor yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang
3.3.17 menemukan kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci
3.3.18 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel

Materi 5
3.3.19 menyebutkan harapan-harpan orang yang berada dalam penindasan
3.3.20 menjelaskan situasi hidup bangsa Israel ketika berada dalam penindasan
3.3.21 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kedatangan Mesias


4.3 Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi /puisi/bermain peran) tentang karya keselamatan Allah yang diwartakan para nabi

Materi 1
4.3.1 Menyanyikan lagu yang bertemakan iman yang teguh

Materi 2
4.3.2 Membuat puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan.

Materi 3 dan 4
4.3.3 Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan menderita

Materi 5
4.3.4 Mengunjungi orang yang menderita


C.      Materi Pembelajaran
1)      Nabi Elia
a.       arti menyembah berhala
b.      bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa kini
c.       penyebab orang  menyembah berhala 
d.      akibat dari penyembahan berhala
e.       pesan Kitab Suci tentang kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
f.        sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala

2)      Yesaya
a.       situasi kehidupan dalam penindasan
b.      harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
c.       situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat.
d.      ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
e.       ciri-ciri pemimpin idola

3)      Amos
a.       menyebutkan gambaran ketidakadilan dalam masyarakat
b.      menyebutkan situasi pada jaman nabi Amos
c.       menemukan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang tidak patut diteladani
d.      menyebutkan  sikap dan perilaku untuk meneladan sikap nabi Amos

4)      Kesetiaan Allah
a.       faktor yang menyebabkan kesetiaan dan ketidaksetiaan seseorang
b.      kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci
c.       pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel

5)      Kehancuran Israel dan Harapan Datangnya Mesias
a.    harapan-harapan orang yang berada dalam penindasan
b.    situasi hidup bangsa Israel ketika berada dalam penindasan
c.    pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kedatangan Mesias

D.      Pendekatan/Metode
Pendekatan Saintifik

E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Nabi Elia
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
1)        Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa Tuhan kami.. kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan pada kami sehingga pada hari ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa berkatilah kami hari ini agar kami mampu mendengarkan sabdaMu melalui pelajaran agama hari ini. Semoga kami boleh menjadi anak yang semakin baik. Demi Kristus dan pengantara kami. Amin.

3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)    Menurut kamu, apa itu berhala?
2)    Apa bentuk berhala?

4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)        Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Nabi Elia
6)        Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Mengamati gambar atau video atau cerita yang menunjukkan  perilaku di dalam masyarakat di mana orang menduakan Allah dengan menyembah dan meminta tolong kepada berhala

Menanya
·      Menanya tentang arti menyembah berhala dan bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat
·      Menanya tentang  penyebab orang  menyembah berhala dan  akibat dari penyembahan berhala
·      Menanya ajaran Kitab Suci tentang  alasan dan akibat menyembah berhala seperti  umat Israel yang dihadapi nabi Elia
·      Menanya ajaran Kitab Suci tentang seruan agar manusia  bertobat dan kembali menyembah Allah saja seperti digambarkan nabi Elia .

Mengumpulkan Informasi
·      Mencari informasi tentang  berhala; bentuk-bentuk penyembahan berhala dalam masyarakat saat kini
·      Mencari informasi alasan orang menyembah berhala dan akibat dari penyembahan berhala
·      Mencari ajaran Kitab Suci tentang  alasan dan akibat menyembah berhala seperti umat Israel yang dihadapi nabi Elia (1 Raj 16:29-33,17:1, 18:19-40)
·      Mencari ajaran Kitab Suci  yang menyerukan pertobatan dari penyembahan berhala dan kembali menyembah Allah  seperti digambarkan nabi Elia (1 Raj 16:29-33,17:1, 18:19-40)

Mengasosiasi
·      Menemukan bahwa penyembahan berhala yang dilakukan umat yang dihadapi nabi Elia masih juga terjadi pada zaman sekarang.
·      Memberikan contoh-contoh penyembahan berhala pada zaman sekarang
·      Menemukan bahwa pesan nabi Elia agar manusia bertobat dan kembali menyembah Allah juga penting untuk diikuti.
·      Merumuskan sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala

Mengomunikasikan
·        Mengungkapkan niat untuk lebih rajin berdoa dan membaca Kitab Suci, lebih akrab dengan  Allah sebagai tanda pertobatan
·        Mendramatisasikan pesan nabi Elia pada situasi sekarang.
·        Menyanyikan lagu yang bertemakan  iman yang teguh kepada Allah

90 menit
3
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.     Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  menyembah berhala artinya percaya kepada hal selain Allah Tritunggal.
ü  bentuk penyembahan berhala saat ini adalah: lebih mendahulukan game dari pada ke Gereja, bermain HP tanpa tahu waktu, lebih mengutamakan uang dari pada Tuhan, dll.
ü  Akibat orang yang menyembah berhala adalah hidup dalam kedosaan.
ü  nabi adalah orang yang berbicara atas nama Tuhan.
ü  nabi disebut penyambung lidah Allah.
ü  nabi memiliki tugas sebagai penyambung lidah Allah, meramalkan apa yang akan terjadi, menyerukan pertobatan serta kritik, menyampaikan penghiburan, menyampaikan janji Allah dan tugas utama adalah menyampaikan kehendak Allah.
ü  nabi Elia adalah nabi yang berjasa mengembalikan iman umat Israel yang menolak Allah dan menyembah Baal.
ü  Elia membuktikan kekuasaan Allah di Gunung Karmel dengan membuktikan kepalsuan dewa Baal dan memperlihatkan kemuliaan Allah.
ü  Umat Israel akhirnya bertobat dan kembali kepada Allah.
ü  Elia juga berani menegur raja Ahab yang sesat dan menyembah Baal.
ü  Kita diajak meneladan Elia dengan berani menentang ketidakadilan, ketidakjujuran, dan hal yang tidak benar yang terjadi di masyarakat.
b.    Refleksi  :
1.      Apakah saya sudah menjadi pewarta Allah di tengah sekolah, keluarga maupun masyarakat?
2.      Apakah saya berani meneladan Elia dengan berani mengatakan kejujuran dan bertindak adil?
c.    Aksi  : berani bertindak jujur dan adil; berani menengur teman yang tidak jujur dan tidak adil
                          
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  nabi Yesaya

e.    Doa Penutup
Bapa yang Mahakasih, kami bersyukur atas teladan yang Engkau berikan lewat nabi Elia. Semoga kami mampu bersikap adil dan jujur di dalam hidup kami sehari-hari. Semoga Roh Kudus membantu dan membimbing kami. Demi kristus dan pengantara kami. Amin.
40 menit
















Pertemuan Materi Kedua: Nabi Yesaya
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)        Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Tuhan Yesus, terimakasih atas kesempatan yang kami terima sehingga pada hari ini kami bisa belajar dengan baik. Semoga kami dapat belajar dengan baik, sehingga kami dapat menjadi anak-anakMu yang baik. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
Apakah kamu pernah merasa tertindas?
Bagaimana rasanya?
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Nabi Yesaya
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati
·    Mengamati gambar orang yang berada dalam situasi tertekan
·    Menggali pengalaman anak atau pengalaman yang diemui anak mengenai situasi tertekan

Menanya
·    Menanya harapan-harapan yang muncul dalam situasi penindasan
·    Menanya pemimpin  yang umumnya diidolakan masyarakat dalam situasi penderitaan
·    Menanya tokoh atau nabi yang menyuarakan situasi penindasan dan pemimpin yang akan membebaskan

Mengumpulkan Informasi
·    Mencari informasi tentang situasi kehidupan dalam penindasan
·    Mencari informasi harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
·    Mencari informasi tentang harapan orang akan adanya pemimpin yang mampu membawa pembebasan dari situasi penindasan
·    Mempelajari situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat
·    Mencari dan mendalami nubuat Nabi Yesaya tentang Juruselamat yang akan membebaskan bangsa Israel Yes 11:1-11; 52:13-15; 53:1-12.
·    Mencari informasi tentang kenyataan bahwa pemimpin atau pembebas  tidak selamanya datang dari kalangan orang yang kuat atau hebat sebagaimana nampak dalam beberapa tokoh terkenal, seperti: Bunda Teresa,  Mahatma Gandhi, dan sebagainya



Mengasosiasi
·    Menghubungkan situasi penindasan yang ditemukan dalam pengelaman dan situasi penindasan bangsa Israel
·    Menghubungkan harapan pembebasan dan adanya pemimpin yang membebaskan dari situasi yang dialami dan harapan yang dan adanya pembebas yang dinubuatkan nabi Yesaya
·    Mengidentifikasi ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel

Mengomunikasikan
·      Membuat puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan

90 menit
3
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.        Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  nabi Yesaya dipanggil menjadi nabi pada usia 25 tahun
ü  Nabi yesaya berkarya selama 40 tahun. Ia tampil untuk mengingatkanbangsa Israel yang mulai tidak setia pada Allah.
ü  Yesaya tampil menegur dan mengingatkan bangsa yang mengalami kemerosotan akhlak, ketidakadilan, pemerasan terhadap rakyat kecil.
ü  nabi menyampaikan pesan dalam bentuk cerita, pusisi, kiasan, kotbah, mazmur, ratapan, dll.
ü  Nabi Yesaya menubuatkan kedatangan Juru Seamat yang berasal dari keturusan Isai.
ü  Dalam Yes 11:1-11 digambarkan situasi kehidupan yang kan terjadi jika Mesias datang yaitu sebagai raja damai.
ü  pemimpin yang baik adalah yang jujur, adil, rajin, penuh kasih, dan dekat dengan Tuhan-Nya.
b.    Refleksi  :
ü  Apakah aku pernah mengalami situasi dalam penindasan?
ü  Apakah keluarga dan temanku pernah mengalami situasi penindasan?
ü  Apakah tindakanku jika ada yang mengalami situasi demikian?

c.    Aksi  : menghibur teman atau keluarga yang sedih.
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  nabi Amos

e.    Doa Penutup

40 menit


Pertemuan 3: Nabi Amos
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)         Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Allah bapa sumber kehidupan, karunia-mu kepada kami sungguh tidak terbatas. Pada hari ini kami bersyukur pula atas hari baru yang Engkau limpahkan. Semoga kami dapat belajar agama dengan baik berkat bimbingan Roh Kudus-Mu. Demi kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
Pernahkah kalian menjumpai situasi ketidakadilan? ceritakan!
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Nabi Amos
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2
Kegiatan Inti:
Mengamati
·      Menyimak salah satu cerita tentang ketidakadilan

Menanya
·      Menanya tentang gambaran ketidakadilan dalam masyarakat
·      Menanya tentang sejauh mana pemimpin berbuat tidak adil
·      Menanya tentang sikap yang seharusnya dilakukan masyarakat terhadap pemimpin yang tindakannya kurang dapat diteladani atau berbuat tidak adil
·      Menanya alasan banyak orang tidak berani menyampaikan teguran atau kritik terhadap pemimpinnya
·      Menanya tentang resiko yang dapat dialami bila seseorang berani mengkritik pemimpinnya
·      Menanya tentang sejauhmana kitab suci (kitab nabi-nabi) menggambarkan ketidakadilan dan tokoh yang berani menyuarakan ketidakadilan itu.

Mengumpulkan Informasi
·      Mencari informasi tentang berbagai situasi ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat
·      Mencari informasi tentang orang-orang  yang berani mengkritik pemimpinnnya sekalipun harus menanggung resiko yang berat
·      Mencari dan mendalami kisah Nabi Amos yang berani mengkritik pemimpinnya yang tindakannya kurang dapat diteladani dan memeras rakyatnya


Mengasosiasi
·      Membandingkan sikap kebanyakan orang yang takut mengkritik pemimpinnya dengan sikap Amos
·      Membandingkan sikap orang-orang yang berani mengkritik ketidakadilan dengan nabi Amos.
·      Merumuskan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang tidakpatut diteladani

Mengomunikasikan
·      Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan menderita
90 menit
3
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.        Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  ketidakadilan terjadi dalam masyarakat. Ketiadakadilan itu terjadi dibidang sosial, ekonomi dan hukum.
ü  Nabi Amos dikenal sebagai nabi yang berjuang untuk menentang situasi tidak adil yang terjadi.
ü  Nabi Amos dikenal sebagi pendekar keadilan.
ü  Pada jaman nabi Amos terjadi ketidakadilan, diantaranya:
a. Kekayaan berada di tangan sekelompok orang
b. penindasan terhadap rakyat miskin
c. Upacara keagamaan yang meriah namun palsu sehingga hanya memberikan rasa aman dan pembenaran diri bagi para penindas.
ü  Nabi Amos mengingatkan mereka agar terhindar dari hukuman Tuhan yaitu dnegan bertobat
ü  Teladan nabi Amos bagi kita: berani menentang ketidakadilan yang terjadi
ü  Sikap kita : bertindak adil, mengingatkan teman yang berbuat salah, mengajak teman untuk berbuat lebih baik.
b.    Refleksi  :
ü  Situasi ketiadakadilan apa yang aku jumpai?
ü  Bagaimana sikapku menghadapi ketidakadilan yang terjadi?
ü  Apa niatku sleanjutnya?

c.    Aksi  : bersikap adil
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Kesetiaan Allah

e.    Doa Penutup

40 menit

Pertemuan Keempat: Kesetiaan Allah
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)         Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Alalh Tritunggal, kami bersyukur atas kesehatan yang Engkau berikan sehingga pada hari ini kami dapat belajar kembali. Semoga kami semakin menyerupai Yesus Tuhan kami didalam tindakan, pikiran serta perkataan kami, Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
Apa itu setia?
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Kesetiaan Allah.
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati
·       Menceritakan pengalaman di rumah tentang kesetiaan orang tua sekalipun anaknya sering menyakiti hatinya
·       Mengamati video tentang kesetiaan orang tua.


Menanya
·      Menanya tentang faktor yang menguatkan orang tua untuk tetap mencintai anaknya
·      Menanya tentang sejauh mana sikap setia itu masih hidup dalam masyarakat
·      Menanya tentang faktor-faktor yang menyebabkan orang setia dan tidak setia
·      Menanya sejauh mana Kitab Suci menggambarkan kesetiaan Allah


Mengumpulkan Informasi
·      Menyimak kisah orang tua yang selalu setia pada anaknya
·      Menyimak beberapa contoh tindakan orang kurang setia dan yang selalu setia, serta  akibatnya
·      Mencari dan mendalami kisah Nabi Yesaya yang mewartakan bahwa Allah akan setia dengan janji-Nya sekalipun bangsa Israel sering tidak setia

Mengasosiasi
·      Merumuskan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel
·      Menilai sejauhmana sikapnya selama ini terhadap Tuhan dan sesama dalam hal kesetiaan

Mengomunikasikan
·      Mengungkapkan keyakinannya bahwa Allah sungguh setia pada bangsa Israel dan pada dirinya
·      Membuat doa yang mengungkapkan kesetiaan kepada  Allah

90 menit
3.
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.        Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  setia berarti tidak pernah meninggalkan seseorang atau suatu hal.
ü  seseorang yang tidak setia berakibat kurangnya kepercayaan dari orang lain.
ü  Allah begitu setia kepada manusia.
ü  Terbukti dari kisah bangsa Israel. Israel yang menghianati Allah setelah diselamatkan dengan menyembah allah lain. Mereka akhirnya dibuang dan dijajah namun Allah tetap menunjukkan ksetiaan dengan menjanjikan seorang Juru Selamat yaitu Mesias.
ü  Kita diharapkan juga setia kepada Allah, orang tua, Bapak Ibu guru dan keluarga.
ü  Sikap setia kita tunjukkan dengan rajin ke gereja, patuh pada orang tua dan bapak ibu guru.
b.    Refleksi  :
ü  Apa perbuatan setia orangtua dalam hidup kita?
ü  Apa perbuatan setia yang hendak aku lakukan dalam hidupku terhadap Tuhan dan orang tua?

c.    Aksi  : taat pada orang tua dan bapak/ibu guru. Rajin ke gereja.
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Kehancuran Israel dan Harapan Datangnya Mesias

e.    Doa Penutup
Allah Bapa sumber Kesetiaan, kami bersyukur atas kesetiaan-Mu. Semoga kami dapat setia pula terhadap Engkau, terhadap orangtua kami dan guru kami. Semoga kami dapat meneladan kesetiaan Yesus sendiri. Amin.
40 menit

Pertemuan Kelima: Kehancuran Israel dan Harapan kedatangan Mesias

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)        Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa, misalnya:
Bapa yang baik, terimakasih karena Yesus yang Engkau utus untuk datang kedunia menjumpai kami. Pada hari ini, kami ingin semakin mengenal Engkau dalam kegiatan hari ini. Semoga Roh Kudus membimbing langkah kami. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
Situasi penindasan apa yang pernah kamu jumpai?
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Kesetiaan Allah.
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati
·      Menyimak cerita yang mengisahkan seseorang yang sudah berputus asa tapi mendapat pertolongan dari sesamanya
·      Mengamati situasi masyarakat yang hidupnya tertindas atau dijajah

Menanya
·        Isi  cerita
·        Mananya bagaimana situasi hidup masyarakat yang  tertindas
·        Menanya harapan apa saja yang muncul dalam masyarakat tertindas
·        Mananya tentang bagaimana Kitab Suci menggambarkan umat Israel ketika hidup dalam penindasan dan harapan apa yang muncul

Mengumpulkan Informasi
·      Mencari informasi tentang harapan orang yang sedang dalam kesulitan atau penderitaan
·      Mencari informasi tentang situasi hidup masyarakat yang tertindas
·      Mencari informasi harapan-harapan apa yang muncul dari masyarakat yang tertindas
·      Mencari dan mendalami situasi dan kondisi bangsa Israel yang sedang dalampembuangan dan harapan-harapannya

Mengasosiasi
·    Membandingkan harapan orang menderita dengan harapan bangsa Israel saat dalam pembuangan
·    Merumuskan pesan pewartaan Nabi yesaya tentang kedatangan Mesias
Mengomunikasikan
·      Mengungkapkan keyakinan akan pertolongan Allah dalam situasi penderitaan
·      Merumuskan dan mengungkapkan doa harapan
·      Mengunjungi orang yang sedang menderita
90 menit
3.
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.     Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  orang yang berada dalam situasi penindasan sangat tertekan. Mereka memiliki harapan untuk hidup bebas dan merdeka.
ü  bangsa Israel berada dalam situasi tertindas sehingga menginginkan seorang penyelamat.
ü  Yesaya menubuatkan kedatangan Mesias yang lahir dari keturunan Isai.
ü  Bangsa Israel menginginkan kedatangan Mesias yang dapat mengangkat senjata untuk memerangi penjajah yaitu bangsa Romawi.
ü  Mesias yang dimaksud adalah dalam arti rohani yakni pembebasan dari perbudakan dosa.
ü  Mesias ini kemudian terpenuhi dalam diri Yesus.
b.    Refleksi  :
Apakah aku sudah percaya penuh pada Yesus sebagai Mesias?
Bagaimana tindakanku untuk menunjukkan kepercayaanku?

c.    Aksi  : mengunjungi orang sakit
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan kata-kata.

e.    Doa Penutup
Allah Bapa yang Maha Pengasih. Terimaksih atas Yesus Tuhan kami. Melalui Yesus kami semakin mengenal-Mu. Semoga kami percaya penuh kepadaMu. Sebab Dialah Tuhan kami. Amin.
40 menit








F.            Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik
No
Aspek penilaian
Teknik
Waktu
1
Spriritual
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
2
Sosial
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
3
Pengetahuan
Tes tertulis lembar kerj
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
4
Ketrampilan
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu yang bertemakan iman yang teguh; Mengunjungi orang yang menderita)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
Produk (Membuat puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan; Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan menderita)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi

2.   Instrumen Penilaian
a.         Sikap spiritual
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas           :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :

Kompetensi Dasar : 1.3.1 Percaya kepada Allah yang telah melakukan karya keselamatan melalui para nabi
Indikator Sikap :
1)      Percaya kepada Tuhan dalam situasi sulit (penderitaan)
2)      Percaya pemimpin sebagai wakil Allah
3)      Percaya Yesus sebagai Mesias yang menyelamatkan
Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1.
Rajin ke gereja




2
Membaca Kitab Suci




3
Berdoa saat aku mengalami kesulitan




4
Pemimpin perlu dihormati




5
Percaya bahwa pemimpin adalah wakil Allah di dunia




6
 Percaya bahwa Yesus sungguh Allah




7
 Percaya bahwa Yesus akan menyelamatkan




8
 Bersyukur atas para pemimpin





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 8 = 32
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering  melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.


   b. Penilaian sikap sosial
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas           :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :

Kompetensi Dasar            : 2.3.1 Membantu sesama seperti yang diteladankan para nabi dalam melaksanakan karya keselamatan Allah
Indikator Sikap :
1)      Peduli dengan teman yang kesulitan
2)      Bersikap jujur dan adil
3)      taat pada orang tua atau guru

Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Aku pernah menghibur teman yang sedih




2
Aku mengunjungi orang sakit




3
Aku jujur saat ulangan




4
Aku berkata jujur dengan siapapun




5
Aku bersikap adil dengan semua teman




6
Aku bersikap adil dengan saudara




7
Aku membantu guruku saat kesulitan




8
Aku membantu orangtuaku saat di rumah




9
Aku tidak membantah orangtuaku




10
Aku patuh saat disekolah





Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

c. Penilaian Pengetahuan
Ø  Teknik                           : Tes tertulis
Ø  Bentuk Instrumen          : Uraian
Ø  Kisi-kisi

No
Kompetensi  Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.3 Memahami  karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabi
Nabi Elia



























Nabi Yesaya





















Nabi Amos
















Kesetiaan Allah















Kehancuran Israel dan harapan kedatangan Mesias
Materi 1
3.3.1 menjelaskan arti menyembah berhala
3.3.2 menyebutkan bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa kini
3.3.3 menjelaskan penyebab orang  menyembah berhala 
3.3.4 menjelaskan akibat dari penyembahan berhala
3.3.5 menemukan pesan Kitab Suci tentang kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
3.3.6 menyebutkan sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala

Materi 2
3.3.7. menjelaskan situasi kehidupan dalam penindasan
3.3.8. menyebutkan harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
3.3.9 menyebutkan situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat.
3.3.10 menuliskan ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
3.3.11 mendaftar ciri-ciri pemimpin idola


Materi 3
3.3.12 menyebutkan gambaran ketidakadilan dalam masyarakat
3.3.13 menyebutkan situasi masyarakat pada jaman nabi Amos
3.3.14 menemukan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang tidakpatut diteladani
3.3.15 menyebutkan  sikap dan perilaku untuk meneladan sikap nabi Amos

Materi 4
3.3.16 menyebutkan faktor yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang
3.3.17 menemukan kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci
3.3.18 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel

Materi 5
3.3.19 menyebutkan harapan-harpan orang yang berada dalam penindasan
3.3.20 menjelaskan situasi hidup bangsa Israel ketika berada dalam penindasan
3.3.21 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kedatangan Mesias



uraian


1

1



1


1


1




1









1


1



1




1




1




1



1


1




1






1




1


1







1


1



1




Ø     Soal
1)      Apa arti menyembah berhala ?
2)      Tuliskan bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa kini!
3)      Apa yang menyebabkan orang  menyembah berhala ?
4)      Apa akibat dari penyembahan berhala?
5)      Sikap apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari berhala?
6)      Bagaimana situasi orang yang berada dalam penindasan?
7)      Apa saja harapan orang dalam situasi penindasan?
8)      Bagaimana situasi hidup bangsa Israel di pembuangan?.
9)      Tuliskan ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel!
10)  Tuliskan ciri-ciri pemimpin idola
11)  Tuliskan contoh ketidakadilan yang terjadi di masyarakat Indonesia!
12)  Tuliskan 3 situasi masyarakat pada jaman nabi Amos!
13)  Apa teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya?
14)  Bagaimana sikapmu seturut teladan nabi Amos?
15)  Tuliskan faktor yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang!
16)  Tuliskan 2 contoh kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci!
17)  Sebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel!

Ø  Jawaban
1.      menyembah berhala berarti percaya dan beriman kepada allah atau benda lain selain Allah Tritunggal
2.      bentuk penyembahan berhala saat ini adalah: lebih mendahulukan game dari pada ke Gereja, bermain HP tanpa tahu waktu, lebih mengutamakan uang dari pada Tuhan, dll.
3.      hal yang menyebabkan orang menyembah berhala: keinginan untuk cepat kaya, iman yang kurang teguh, lingkungan pergaulan, dll.
4.      akibat menyembah berhala: dosa, hidup sengsara, tidak mendapat kedamaian, kehilangan nyawa.
5.      rajin berdoa dan membaca Kitab Suci
6.      tertekan, sedih, tidak bahagia, menderita.
7.      harapan: merdeka, bebas, mendapat pertolongan
8.      kehilangan iman kepada Yahwe, menderita, mengharapkan Juru Selamat
9.      ciri mesias yang dinubuatkan: dari keturunan Isai, adanya situasi yang damai sejahtera
10.  ciri pemimpin idola: jujur, adil, bertanggungjawab, dapat dipercaya, penuh kasih, tegas
11.  ketidakadilan dibidang hukum bagi mereka yang miskin misal: hukuman berat bagi nenek pencuri ayam, dan koruptor hukuman ringan
12.  Pada jaman nabi Amos terjadi ketidakadilan, diantaranya:
a. Kekayaan berada di tangan sekelompok orang
b. penindasan terhadap rakyat miskin
c. Upacara keagamaan yang meriah namun palsu sehingga hanya memberikan rasa aman dan pembenaran diri bagi para penindas
13.  Untuk bersikap adil
14.  Bersikap adil dan jujur dimanapun berada
15.  Kesetiaan: orangnya baik
ketidaksetiaan: ketidaksesuaian antara kenyataan
16.  Kesetiaan Allah: membebaskan bangsa Israel dari perbudakan; mengirimkan nabi Elia untuk membantu bangsa Israel saat kekeringan
17.  Allah itu setia pada setia orang yang bertobat.

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3x17=51
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

d . Penilaian keterampilan
Materi 1
4.3.1 Menyanyikan lagu yang bertemakan iman yang teguh
No
Uraian
Skor
1
Penampilan
25
2
Artikulasi / vokal
25
3
Penghayatan
25
4
Ketepatan irama
25

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal


Materi 2
4.3.2 Membuat puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan.
No
Uraian
Skor
1
Bahasa
15
2
Kesesuaian dengan tema
25
3
Kerapian
15
4
Ekspresi
25
5
Artikulasi
10

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Materi 3 dan 4
4.3.3 Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan menderita
No
Uraian
Skor
1
Struktur doa jelas: sapaan pada Tuhan, syukur, permohonan, penutup
50
2
Kesesuaian dengan tema
30
3
Kerapian
20

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Materi 5
4.3.4 Mengunjungi orang yang menderita
No
Uraian
Skor
1
Perencanaan
25
2
Pelaksanaan
50
3
Evaluasi
25

3. Remidial dan Pengayaan
Program Remidial
Sekolah :
Kelas/ Semester : VI/ 1
Mata Pelajaran : PAK
Tanggal Tes :
Bentu soal Remidial : Uraian
Rencana Remidial :
KKM :

No
Nama
Nilai Ulangan
No yang tidak dikuasai
Bentuk Remidi
No yang dikerjakan dalam remidial
Hasil tes remidial
Ket




Diberikan penjelasan ulang untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurang dari 20% yang remedial diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan pendampingan kelompok
































Program Pengayaan
Sekolah              : 
Kelas/ Semester : 
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti
Tanggal Tes       :
Kompetensi Dasar :
No
Nama
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan



Mencari , membaca kisah tentang Yesus mewartakan Kerajaan Allah










I. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media :
ü  gambar atau video atau cerita yang menunjukkan  perilaku di dalam masyarakat di mana orang menduakan Allah dengan menyembah dan meminta tolong kepada berhala
ü  gambar orang yang berada dalam situasi tertekan
ü  cerita tentang ketidakadilan
ü  video tentang kesetiaan orang tua
ü  cerita yang mengisahkan seseorang yang sudah berputus asa tapi mendapat pertolongan dari sesamanya

2. Alat:
ü  Laptop
ü  LCD
ü  Speaker


3. Sumber Pembelajaran
a)      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b)      Kitab Suci, khususnya teks Yes 11:1-11; 52:13-15; 53:1-12; Amos 1-6
c)      Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
d)      Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
e)      Pengalaman hidup peserta didik dan guru
f)       gambar atau video atau cerita yang menunjukkan  perilaku di dalam masyarakat di mana orang menduakan Allah dengan menyembah dan meminta tolong kepada berhala
g)      gambar orang yang berada dalam situasi tertekan
h)      cerita tentang ketidakadilan
i)       video tentang kesetiaan orang tua


   
        
Mengetahui
Kepala Sekolah


Lucia Sigid, S. Pd., M. Pd.
Malang, 30 Agustus 2016
Guru Pend. Agama Katolik


Stephiana Ari Rita, S. Ag.


                                                                       
                                                           







Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3