PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (PRPP)
Pendekatan
Saintifik
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran :
II. Yesus Kristus
Kelas/Semester :
VI / I
Alokasi waktu : 5 x pertemuan (20
Jam Pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.3 Beriman pada Allah yang melakukan karya
keselamatan melalui para nabi
|
1.3.1 Percaya kepada Allah yang telah melakukan karya
keselamatan melalui para nabi
|
2.3
Peduli terhadap sesama seperti
yang diteladankan para nabi dalam melaksanakan karya keselamatan Allah
|
2.3.1 Membantu
sesama seperti yang diteladankan para
nabi dalam melaksanakan karya
keselamatan Allah
|
|
3.3 Memahami karya keselamatan Allah yang disampaikan
melalui para nabi
|
Materi 1
3.3.1 menjelaskan
arti menyembah berhala
3.3.2 menyebutkan bentuk-bentuk
berhala di dalam masyarakat masa kini
3.3.3 menjelaskan
penyebab orang
menyembah berhala
3.3.4 menjelaskan
akibat dari penyembahan berhala
3.3.5 menemukan
pesan Kitab Suci tentang kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
3.3.6 menyebutkan
sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan agar semakin
beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala
Materi 2
3.3.7. menjelaskan situasi
kehidupan dalam penindasan
3.3.8. menyebutkan
harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
3.3.9 menyebutkan
situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan
mereka akan Juruselamat.
3.3.10 menuliskan
ciri-ciri
Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
3.3.11 mendaftar
ciri-ciri pemimpin idola
Materi 3
3.3.12 menyebutkan gambaran
ketidakadilan dalam masyarakat
3.3.13 menyebutkan situasi
masyarakat pada jaman nabi Amos
3.3.14 menemukan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang
tidakpatut diteladani
3.3.15 menyebutkan
sikap dan perilaku untuk meneladan
sikap nabi Amos
Materi 4
3.3.16
menyebutkan faktor yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang
3.3.17
menemukan kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci
3.3.18 menyebutkan pesan
pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa
Israel
Materi 5
3.3.19 menyebutkan harapan-harpan orang yang berada
dalam penindasan
3.3.20 menjelaskan situasi hidup bangsa Israel
ketika berada dalam penindasan
3.3.21 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kedatangan Mesias
|
|
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya
menuliskan refleksi /puisi/bermain peran) tentang karya keselamatan Allah
yang diwartakan para nabi
|
Materi 1
4.3.1 Menyanyikan
lagu yang bertemakan iman yang teguh
Materi 2
4.3.2 Membuat
puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan.
Materi 3 dan 4
4.3.3 Menyusun doa agar para pemimpin tidak
mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang
miskin dan menderita
Materi 5
4.3.4 Mengunjungi orang yang menderita
|
C.
Materi
Pembelajaran
1)
Nabi Elia
a.
arti menyembah
berhala
b. bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa kini
c.
penyebab
orang menyembah berhala
d. akibat dari penyembahan berhala
e. pesan Kitab Suci tentang
kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
f.
sikap dan perilaku
yang perlu dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah
terpengaruh oleh berhala
2)
Yesaya
a.
situasi kehidupan dalam penindasan
b. harapan-harapan orang dalam
situasi penindasan
c. situasi hidup bangsa Israel di
pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat.
d. ciri-ciri Juruselamat yang
dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
e.
ciri-ciri pemimpin idola
3)
Amos
a.
menyebutkan gambaran ketidakadilan dalam masyarakat
b. menyebutkan situasi pada jaman
nabi Amos
c. menemukan teladan yang diberikan
Amos bagi pemimpinnya yang tidak patut diteladani
d.
menyebutkan sikap dan perilaku untuk meneladan sikap nabi Amos
4)
Kesetiaan Allah
a.
faktor yang menyebabkan
kesetiaan dan ketidaksetiaan seseorang
b.
kesetiaan Allah
dalam teks Kitab Suci
c.
pesan pewartaan
Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa Israel
5)
Kehancuran Israel dan Harapan Datangnya Mesias
a. harapan-harapan orang yang berada
dalam penindasan
b. situasi hidup bangsa Israel
ketika berada dalam penindasan
c. pesan pewartaan Nabi Yesaya
tentang kedatangan Mesias
D.
Pendekatan/Metode
Pendekatan
Saintifik
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Nabi Elia
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali
kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa
Tuhan kami.. kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang Engkau
berikan pada kami sehingga pada hari ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa
berkatilah kami hari ini agar kami mampu mendengarkan sabdaMu melalui
pelajaran agama hari ini. Semoga kami boleh menjadi anak yang semakin baik.
Demi Kristus dan pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru
mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)
Menurut kamu,
apa itu berhala?
2)
Apa bentuk
berhala?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang
Nabi Elia
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
· Mengamati gambar atau video atau cerita yang
menunjukkan perilaku di dalam
masyarakat di mana orang menduakan Allah dengan menyembah dan meminta tolong
kepada berhala
Menanya
· Menanya tentang arti menyembah berhala dan
bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat
· Menanya tentang
penyebab orang menyembah
berhala dan akibat dari penyembahan
berhala
· Menanya ajaran Kitab Suci tentang alasan dan akibat menyembah
berhala seperti umat Israel yang
dihadapi nabi Elia
· Menanya
ajaran Kitab Suci tentang seruan agar
manusia bertobat
dan kembali menyembah Allah saja
seperti digambarkan nabi Elia .
Mengumpulkan Informasi
· Mencari informasi tentang berhala; bentuk-bentuk penyembahan berhala
dalam masyarakat saat kini
· Mencari informasi alasan orang menyembah berhala dan
akibat dari penyembahan berhala
· Mencari
ajaran Kitab Suci tentang alasan dan akibat menyembah
berhala seperti umat Israel yang dihadapi nabi Elia (1 Raj 16:29-33,17:1, 18:19-40)
· Mencari ajaran Kitab Suci yang menyerukan pertobatan
dari penyembahan berhala dan kembali menyembah Allah seperti digambarkan nabi Elia (1 Raj 16:29-33,17:1, 18:19-40)
Mengasosiasi
· Menemukan bahwa penyembahan
berhala yang dilakukan umat yang dihadapi nabi Elia masih juga terjadi pada
zaman sekarang.
· Memberikan
contoh-contoh penyembahan berhala pada zaman sekarang
· Menemukan
bahwa pesan nabi Elia agar manusia bertobat dan kembali menyembah Allah juga
penting untuk diikuti.
· Merumuskan sikap dan perilaku yang perlu dikembangkan
agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh oleh berhala
Mengomunikasikan
·
Mengungkapkan
niat untuk lebih rajin berdoa dan membaca Kitab Suci, lebih akrab
dengan Allah
sebagai tanda pertobatan
·
Mendramatisasikan pesan nabi
Elia pada situasi sekarang.
·
Menyanyikan
lagu yang bertemakan iman yang teguh
kepada Allah
|
90 menit
|
3
|
Penutup
Kegiatan
guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü menyembah berhala artinya percaya kepada hal selain
Allah Tritunggal.
ü bentuk penyembahan berhala saat ini adalah: lebih mendahulukan
game dari pada ke Gereja, bermain HP tanpa tahu waktu, lebih mengutamakan
uang dari pada Tuhan, dll.
ü Akibat orang yang menyembah berhala adalah hidup dalam
kedosaan.
ü nabi adalah orang yang berbicara atas nama Tuhan.
ü nabi disebut penyambung lidah Allah.
ü nabi memiliki tugas sebagai penyambung lidah Allah,
meramalkan apa yang akan terjadi, menyerukan pertobatan serta kritik,
menyampaikan penghiburan, menyampaikan janji Allah dan tugas utama adalah
menyampaikan kehendak Allah.
ü nabi Elia adalah nabi yang berjasa mengembalikan iman
umat Israel yang menolak Allah dan menyembah Baal.
ü Elia membuktikan kekuasaan Allah di Gunung Karmel
dengan membuktikan kepalsuan dewa Baal dan memperlihatkan kemuliaan Allah.
ü Umat Israel akhirnya bertobat dan kembali kepada
Allah.
ü Elia juga berani menegur raja Ahab yang sesat dan
menyembah Baal.
ü Kita diajak meneladan Elia dengan berani menentang
ketidakadilan, ketidakjujuran, dan hal yang tidak benar yang terjadi di
masyarakat.
b.
Refleksi :
1. Apakah saya sudah menjadi pewarta
Allah di tengah sekolah, keluarga maupun masyarakat?
2. Apakah saya berani meneladan
Elia dengan berani mengatakan kejujuran dan bertindak adil?
c. Aksi : berani bertindak jujur dan adil; berani
menengur teman yang tidak jujur dan tidak adil
d.
Kegiatan guru :
-
Penilaian
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang
belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang nabi Yesaya
e.
Doa Penutup
Bapa yang
Mahakasih, kami bersyukur atas teladan yang Engkau berikan lewat nabi Elia.
Semoga kami mampu bersikap adil dan jujur di dalam hidup kami sehari-hari.
Semoga Roh Kudus membantu dan membimbing kami. Demi kristus dan pengantara
kami. Amin.
|
40 menit
|
Pertemuan Materi Kedua: Nabi Yesaya
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa,
misalnya:
Tuhan Yesus,
terimakasih atas kesempatan yang kami terima sehingga pada hari ini kami bisa
belajar dengan baik. Semoga kami dapat belajar dengan baik, sehingga kami
dapat menjadi anak-anakMu yang baik.
Amin.
3)
Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa
pertanyaan misal:
Apakah
kamu pernah merasa tertindas?
Bagaimana
rasanya?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini yaitu
tentang Nabi Yesaya
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Mengamati gambar
orang yang berada dalam situasi tertekan
·
Menggali
pengalaman anak atau pengalaman yang diemui anak mengenai situasi tertekan
Menanya
·
Menanya harapan-harapan yang
muncul dalam situasi penindasan
·
Menanya
pemimpin yang umumnya diidolakan
masyarakat dalam situasi penderitaan
·
Menanya tokoh atau nabi yang
menyuarakan situasi penindasan dan pemimpin yang akan membebaskan
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari informasi tentang
situasi kehidupan dalam penindasan
·
Mencari informasi
harapan-harapan orang dalam situasi penindasan
·
Mencari informasi tentang
harapan orang akan adanya pemimpin yang mampu membawa pembebasan dari situasi
penindasan
·
Mempelajari
situasi hidup bangsa Israel di pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat
·
Mencari dan
mendalami nubuat Nabi Yesaya tentang Juruselamat yang akan membebaskan bangsa
Israel Yes 11:1-11; 52:13-15; 53:1-12.
·
Mencari
informasi tentang kenyataan bahwa pemimpin atau pembebas tidak selamanya datang dari kalangan orang
yang kuat atau hebat sebagaimana nampak dalam beberapa tokoh terkenal,
seperti: Bunda Teresa, Mahatma Gandhi,
dan sebagainya
Mengasosiasi
·
Menghubungkan
situasi penindasan yang ditemukan dalam pengelaman dan situasi penindasan
bangsa Israel
·
Menghubungkan
harapan pembebasan dan adanya pemimpin yang membebaskan dari situasi yang
dialami dan harapan yang dan adanya pembebas yang dinubuatkan nabi Yesaya
·
Mengidentifikasi ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan
oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel
Mengomunikasikan
· Membuat
puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan
|
90 menit
|
3
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü nabi Yesaya dipanggil menjadi nabi pada usia 25 tahun
ü Nabi yesaya berkarya selama 40 tahun. Ia tampil untuk
mengingatkanbangsa Israel yang mulai tidak setia pada Allah.
ü Yesaya tampil menegur dan mengingatkan bangsa yang
mengalami kemerosotan akhlak, ketidakadilan, pemerasan terhadap rakyat kecil.
ü nabi menyampaikan pesan dalam bentuk cerita, pusisi,
kiasan, kotbah, mazmur, ratapan, dll.
ü Nabi Yesaya menubuatkan kedatangan Juru Seamat yang
berasal dari keturusan Isai.
ü Dalam Yes 11:1-11 digambarkan situasi kehidupan yang
kan terjadi jika Mesias datang yaitu sebagai raja damai.
ü pemimpin yang baik adalah yang jujur, adil, rajin,
penuh kasih, dan dekat dengan Tuhan-Nya.
b.
Refleksi :
ü
Apakah aku pernah mengalami situasi dalam penindasan?
ü
Apakah keluarga dan temanku pernah mengalami situasi penindasan?
ü
Apakah tindakanku jika ada yang mengalami situasi demikian?
c.
Aksi : menghibur teman
atau keluarga yang sedih.
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
tentang nabi Amos
e.
Doa Penutup
|
40 menit
|
Pertemuan 3: Nabi
Amos
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa,
misalnya:
Allah bapa
sumber kehidupan, karunia-mu kepada kami sungguh tidak terbatas. Pada hari
ini kami bersyukur pula atas hari baru yang Engkau limpahkan. Semoga kami
dapat belajar agama dengan baik berkat bimbingan Roh Kudus-Mu. Demi kristus
Tuhan dan pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa
pertanyaan misal:
Pernahkah
kalian menjumpai situasi ketidakadilan? ceritakan!
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini yaitu
tentang Nabi Amos
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Menyimak salah
satu cerita tentang ketidakadilan
Menanya
·
Menanya tentang gambaran
ketidakadilan dalam masyarakat
·
Menanya tentang sejauh mana
pemimpin berbuat tidak adil
·
Menanya tentang
sikap yang seharusnya dilakukan masyarakat terhadap pemimpin yang tindakannya
kurang dapat diteladani atau berbuat tidak adil
·
Menanya alasan
banyak orang tidak berani menyampaikan teguran atau kritik terhadap
pemimpinnya
·
Menanya tentang
resiko yang dapat dialami bila seseorang berani mengkritik pemimpinnya
·
Menanya tentang sejauhmana
kitab suci (kitab nabi-nabi) menggambarkan ketidakadilan dan tokoh yang
berani menyuarakan ketidakadilan itu.
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari informasi tentang
berbagai situasi ketidakadilan yang terjadi dalam masyarakat
·
Mencari
informasi tentang orang-orang yang berani
mengkritik pemimpinnnya sekalipun harus menanggung resiko
yang berat
·
Mencari dan
mendalami kisah Nabi Amos yang
berani mengkritik pemimpinnya yang tindakannya kurang dapat diteladani dan
memeras rakyatnya
Mengasosiasi
·
Membandingkan sikap kebanyakan orang yang takut
mengkritik pemimpinnya dengan sikap Amos
·
Membandingkan
sikap orang-orang yang berani mengkritik ketidakadilan dengan nabi Amos.
·
Merumuskan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya
yang tidakpatut diteladani
Mengomunikasikan
·
Menyusun doa
agar para pemimpin tidak mementingkan diri sendiri melainkan peduli terhadap
rakyatnya terutama yang miskin dan menderita
|
90 menit
|
3
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü ketidakadilan terjadi dalam masyarakat. Ketiadakadilan
itu terjadi dibidang sosial, ekonomi dan hukum.
ü Nabi Amos dikenal sebagai nabi yang berjuang untuk
menentang situasi tidak adil yang terjadi.
ü Nabi Amos dikenal sebagi pendekar keadilan.
ü Pada jaman nabi Amos terjadi ketidakadilan,
diantaranya:
a. Kekayaan berada di tangan
sekelompok orang
b. penindasan terhadap rakyat miskin
c. Upacara keagamaan yang meriah
namun palsu sehingga hanya memberikan rasa aman dan pembenaran diri bagi para
penindas.
ü Nabi Amos mengingatkan mereka agar terhindar dari
hukuman Tuhan yaitu dnegan bertobat
ü Teladan nabi Amos bagi kita: berani menentang
ketidakadilan yang terjadi
ü Sikap kita : bertindak adil, mengingatkan teman yang
berbuat salah, mengajak teman untuk berbuat lebih baik.
b.
Refleksi :
ü
Situasi ketiadakadilan apa yang aku jumpai?
ü
Bagaimana sikapku menghadapi ketidakadilan yang terjadi?
ü
Apa niatku sleanjutnya?
c.
Aksi : bersikap adil
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
tentang Kesetiaan Allah
e.
Doa Penutup
|
40 menit
|
Pertemuan Keempat: Kesetiaan Allah
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa,
misalnya:
Alalh
Tritunggal, kami bersyukur atas kesehatan yang Engkau berikan sehingga pada
hari ini kami dapat belajar kembali. Semoga kami semakin menyerupai Yesus
Tuhan kami didalam tindakan, pikiran serta perkataan kami, Demi Kristus Tuhan
dan pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa
pertanyaan misal:
Apa itu
setia?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini yaitu
tentang Kesetiaan Allah.
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Menceritakan
pengalaman di rumah tentang kesetiaan orang tua sekalipun anaknya sering
menyakiti hatinya
·
Mengamati video
tentang kesetiaan orang tua.
Menanya
·
Menanya tentang
faktor yang menguatkan orang tua untuk tetap mencintai anaknya
·
Menanya tentang
sejauh mana sikap setia itu masih hidup dalam masyarakat
·
Menanya tentang faktor-faktor yang menyebabkan orang
setia dan tidak setia
·
Menanya sejauh mana Kitab Suci
menggambarkan kesetiaan Allah
Mengumpulkan
Informasi
·
Menyimak kisah
orang tua yang selalu setia pada anaknya
·
Menyimak
beberapa contoh tindakan orang kurang setia dan yang selalu setia, serta akibatnya
·
Mencari dan
mendalami kisah Nabi Yesaya yang mewartakan bahwa Allah akan setia dengan
janji-Nya sekalipun bangsa Israel sering tidak setia
Mengasosiasi
·
Merumuskan pesan
pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa
Israel
·
Menilai
sejauhmana sikapnya selama ini terhadap Tuhan dan sesama dalam hal kesetiaan
Mengomunikasikan
· Mengungkapkan
keyakinannya bahwa Allah sungguh setia pada bangsa Israel dan pada dirinya
· Membuat doa yang mengungkapkan kesetiaan kepada Allah
|
90 menit
|
3.
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü setia berarti tidak pernah meninggalkan seseorang atau
suatu hal.
ü seseorang yang tidak setia berakibat kurangnya kepercayaan
dari orang lain.
ü Allah begitu setia kepada manusia.
ü Terbukti dari kisah bangsa Israel. Israel yang
menghianati Allah setelah diselamatkan dengan menyembah allah lain. Mereka
akhirnya dibuang dan dijajah namun Allah tetap menunjukkan ksetiaan dengan
menjanjikan seorang Juru Selamat yaitu Mesias.
ü Kita diharapkan juga setia kepada Allah, orang tua,
Bapak Ibu guru dan keluarga.
ü Sikap setia kita tunjukkan dengan rajin ke gereja,
patuh pada orang tua dan bapak ibu guru.
b.
Refleksi :
ü
Apa perbuatan setia orangtua dalam hidup kita?
ü
Apa perbuatan setia yang hendak aku lakukan dalam hidupku terhadap Tuhan
dan orang tua?
c.
Aksi : taat pada orang
tua dan bapak/ibu guru. Rajin ke gereja.
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Kehancuran Israel dan Harapan Datangnya
Mesias
e.
Doa Penutup
Allah Bapa sumber Kesetiaan, kami
bersyukur atas kesetiaan-Mu. Semoga kami dapat setia pula terhadap Engkau,
terhadap orangtua kami dan guru kami. Semoga kami dapat meneladan kesetiaan
Yesus sendiri. Amin.
|
40 menit
|
Pertemuan Kelima: Kehancuran Israel dan Harapan kedatangan Mesias
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa, misalnya:
Bapa yang baik,
terimakasih karena Yesus yang Engkau utus untuk datang kedunia menjumpai
kami. Pada hari ini, kami ingin semakin mengenal Engkau dalam kegiatan hari
ini. Semoga Roh Kudus membimbing langkah kami. Demi Kristus Tuhan dan
pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa
pertanyaan misal:
Situasi
penindasan apa yang pernah kamu jumpai?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini yaitu
tentang Kesetiaan Allah.
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
· Menyimak cerita yang mengisahkan seseorang yang sudah
berputus asa tapi mendapat pertolongan dari sesamanya
· Mengamati
situasi masyarakat yang hidupnya tertindas atau dijajah
Menanya
·
Isi cerita
·
Mananya bagaimana situasi
hidup masyarakat yang tertindas
·
Menanya harapan apa saja yang
muncul dalam masyarakat tertindas
·
Mananya tentang bagaimana Kitab
Suci menggambarkan umat Israel ketika hidup dalam penindasan dan harapan apa
yang muncul
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari
informasi tentang harapan orang yang sedang dalam kesulitan atau penderitaan
·
Mencari informasi tentang
situasi hidup masyarakat yang tertindas
·
Mencari informasi
harapan-harapan apa yang muncul dari masyarakat yang tertindas
·
Mencari dan
mendalami situasi dan kondisi bangsa Israel yang sedang dalampembuangan
dan harapan-harapannya
Mengasosiasi
·
Membandingkan harapan orang menderita dengan harapan
bangsa Israel saat dalam pembuangan
·
Merumuskan pesan pewartaan Nabi yesaya tentang
kedatangan Mesias
Mengomunikasikan
· Mengungkapkan
keyakinan akan pertolongan Allah dalam situasi penderitaan
· Merumuskan
dan mengungkapkan doa harapan
· Mengunjungi orang yang sedang menderita
|
90 menit
|
3.
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü orang yang berada dalam situasi penindasan sangat
tertekan. Mereka memiliki harapan untuk hidup bebas dan merdeka.
ü bangsa Israel berada dalam situasi tertindas sehingga
menginginkan seorang penyelamat.
ü Yesaya menubuatkan kedatangan Mesias yang lahir dari
keturunan Isai.
ü Bangsa Israel menginginkan kedatangan Mesias yang dapat
mengangkat senjata untuk memerangi penjajah yaitu bangsa Romawi.
ü Mesias yang dimaksud adalah dalam arti rohani yakni
pembebasan dari perbudakan dosa.
ü Mesias ini kemudian terpenuhi dalam diri Yesus.
b.
Refleksi :
Apakah aku sudah percaya penuh pada Yesus sebagai Mesias?
Bagaimana tindakanku untuk menunjukkan kepercayaanku?
c.
Aksi : mengunjungi orang
sakit
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan
kata-kata.
e.
Doa Penutup
Allah Bapa yang Maha Pengasih.
Terimaksih atas Yesus Tuhan kami. Melalui Yesus kami semakin mengenal-Mu.
Semoga kami percaya penuh kepadaMu. Sebab Dialah Tuhan kami. Amin.
|
40 menit
|
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
No
|
Aspek penilaian
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
Spriritual
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
2
|
Sosial
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
3
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis lembar kerj
|
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
|
4
|
Ketrampilan
|
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu yang bertemakan iman yang teguh; Mengunjungi orang yang menderita)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
Produk (Membuat puisi dan membacakan
di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan; Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan
diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan
menderita)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Sikap spiritual
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi Dasar : 1.3.1 Percaya kepada Allah yang telah
melakukan karya keselamatan melalui para nabi
Indikator Sikap
:
1)
Percaya kepada Tuhan dalam situasi sulit (penderitaan)
2)
Percaya pemimpin sebagai wakil Allah
3)
Percaya Yesus sebagai Mesias yang menyelamatkan
Berilah tanda centang (√) pada kolom nomor yang sesuai
dengan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Rajin ke gereja
|
||||
2
|
Membaca
Kitab Suci
|
||||
3
|
Berdoa
saat aku mengalami kesulitan
|
||||
4
|
Pemimpin perlu dihormati
|
||||
5
|
Percaya bahwa pemimpin adalah
wakil Allah di dunia
|
||||
6
|
Percaya bahwa Yesus sungguh Allah
|
||||
7
|
Percaya bahwa Yesus akan menyelamatkan
|
||||
8
|
Bersyukur atas para pemimpin
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 8 = 32
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu,
apabila selalu sesuai pernyataan.
b. Penilaian sikap sosial
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi
Dasar : 2.3.1 Membantu
sesama seperti yang diteladankan para
nabi dalam melaksanakan karya
keselamatan Allah
Indikator Sikap
:
1)
Peduli dengan teman yang kesulitan
2)
Bersikap jujur dan adil
3)
taat pada orang tua atau guru
Berilah tanda centang (√) pada kolom nomor yang sesuai
dengan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aku pernah menghibur teman yang
sedih
|
||||
2
|
Aku mengunjungi orang sakit
|
||||
3
|
Aku jujur saat ulangan
|
||||
4
|
Aku berkata jujur dengan
siapapun
|
||||
5
|
Aku bersikap adil dengan semua
teman
|
||||
6
|
Aku bersikap adil dengan
saudara
|
||||
7
|
Aku membantu guruku saat
kesulitan
|
||||
8
|
Aku membantu orangtuaku saat di
rumah
|
||||
9
|
Aku tidak membantah orangtuaku
|
||||
10
|
Aku patuh saat disekolah
|
||||
Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu,
apabila selalu sesuai pernyataan.
c. Penilaian Pengetahuan
Ø Teknik
: Tes tertulis
Ø Bentuk
Instrumen : Uraian
Ø Kisi-kisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.3 Memahami karya keselamatan Allah yang disampaikan
melalui para nabi
|
Nabi Elia
Nabi
Yesaya
Nabi Amos
Kesetiaan
Allah
Kehancuran
Israel dan harapan kedatangan Mesias
|
Materi 1
3.3.1
menjelaskan arti menyembah berhala
3.3.2 menyebutkan bentuk-bentuk
berhala di dalam masyarakat masa kini
3.3.3
menjelaskan penyebab orang menyembah berhala
3.3.4
menjelaskan akibat dari penyembahan berhala
3.3.5
menemukan pesan Kitab Suci tentang kesetiaan sesuai dengan pesan nabi Elia
3.3.6
menyebutkan sikap dan perilaku yang perlu
dikembangkan agar semakin beriman kepada Allah dan tidak mudah terpengaruh
oleh berhala
Materi 2
3.3.7. menjelaskan situasi
kehidupan dalam penindasan
3.3.8.
menyebutkan harapan-harapan orang dalam situasi
penindasan
3.3.9
menyebutkan situasi hidup bangsa Israel di
pembuangan dan harapan mereka akan Juruselamat.
3.3.10
menuliskan ciri-ciri Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa
Israel
3.3.11
mendaftar ciri-ciri pemimpin idola
Materi 3
3.3.12 menyebutkan gambaran
ketidakadilan dalam masyarakat
3.3.13 menyebutkan situasi
masyarakat pada jaman nabi Amos
3.3.14 menemukan teladan yang diberikan Amos bagi pemimpinnya yang
tidakpatut diteladani
3.3.15
menyebutkan sikap dan perilaku untuk
meneladan sikap nabi Amos
Materi 4
3.3.16
menyebutkan faktor yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang
3.3.17
menemukan kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci
3.3.18 menyebutkan pesan
pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan Allah pada bangsa
Israel
Materi 5
3.3.19 menyebutkan harapan-harpan orang yang berada
dalam penindasan
3.3.20 menjelaskan situasi hidup bangsa Israel
ketika berada dalam penindasan
3.3.21 menyebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kedatangan Mesias
|
uraian
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Ø Soal
1)
Apa arti menyembah
berhala ?
2) Tuliskan bentuk-bentuk berhala di dalam masyarakat masa
kini!
3)
Apa yang menyebabkan orang menyembah berhala ?
4) Apa akibat dari penyembahan berhala?
5) Sikap apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari
berhala?
6)
Bagaimana situasi
orang yang berada dalam penindasan?
7) Apa saja harapan
orang dalam situasi penindasan?
8) Bagaimana situasi hidup bangsa Israel di pembuangan?.
9) Tuliskan ciri-ciri
Juruselamat yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel!
10)
Tuliskan ciri-ciri pemimpin idola
11)
Tuliskan contoh ketidakadilan yang terjadi di masyarakat Indonesia!
12) Tuliskan 3 situasi masyarakat pada jaman nabi Amos!
13) Apa teladan yang
diberikan Amos bagi pemimpinnya?
14)
Bagaimana sikapmu
seturut teladan nabi Amos?
15)
Tuliskan faktor
yang menyebabkan kesetian dan ketidaksetiaan seseorang!
16)
Tuliskan 2 contoh
kesetiaan Allah dalam teks Kitab Suci!
17) Sebutkan pesan pewartaan Nabi Yesaya tentang kesetiaan
Allah pada bangsa Israel!
Ø Jawaban
1. menyembah
berhala berarti percaya dan beriman kepada allah atau benda lain selain Allah
Tritunggal
2. bentuk penyembahan berhala saat ini adalah: lebih
mendahulukan game dari pada ke Gereja, bermain HP tanpa tahu waktu, lebih
mengutamakan uang dari pada Tuhan, dll.
3. hal
yang menyebabkan orang menyembah berhala: keinginan untuk cepat kaya, iman yang
kurang teguh, lingkungan pergaulan, dll.
4. akibat
menyembah berhala: dosa, hidup sengsara, tidak mendapat kedamaian, kehilangan
nyawa.
5. rajin
berdoa dan membaca Kitab Suci
6. tertekan,
sedih, tidak bahagia, menderita.
7. harapan:
merdeka, bebas, mendapat pertolongan
8. kehilangan
iman kepada Yahwe, menderita, mengharapkan Juru Selamat
9. ciri
mesias yang dinubuatkan: dari keturunan Isai, adanya situasi yang damai
sejahtera
10. ciri
pemimpin idola: jujur, adil, bertanggungjawab, dapat dipercaya, penuh kasih,
tegas
11. ketidakadilan
dibidang hukum bagi mereka yang miskin misal: hukuman berat bagi nenek pencuri
ayam, dan koruptor hukuman ringan
12. Pada jaman nabi Amos terjadi ketidakadilan, diantaranya:
a. Kekayaan berada di tangan sekelompok
orang
b. penindasan terhadap rakyat miskin
c. Upacara keagamaan yang meriah namun
palsu sehingga hanya memberikan rasa aman dan pembenaran diri bagi para
penindas
13. Untuk
bersikap adil
14. Bersikap
adil dan jujur dimanapun berada
15. Kesetiaan:
orangnya baik
ketidaksetiaan: ketidaksesuaian antara kenyataan
16. Kesetiaan
Allah: membebaskan bangsa Israel dari perbudakan; mengirimkan nabi Elia untuk
membantu bangsa Israel saat kekeringan
17. Allah
itu setia pada setia orang yang bertobat.
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 3x17=51
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
d . Penilaian keterampilan
Materi 1
4.3.1
Menyanyikan lagu yang bertemakan iman yang teguh
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Penampilan
|
25
|
2
|
Artikulasi
/ vokal
|
25
|
3
|
Penghayatan
|
25
|
4
|
Ketepatan irama
|
25
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Materi 2
4.3.2 Membuat
puisi dan membacakan di depan kelas tentang harapan dalam situasi penindasan.
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Bahasa
|
15
|
2
|
Kesesuaian
dengan tema
|
25
|
3
|
Kerapian
|
15
|
4
|
Ekspresi
|
25
|
5
|
Artikulasi
|
10
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Materi 3 dan 4
4.3.3 Menyusun doa agar para pemimpin tidak mementingkan
diri sendiri melainkan peduli terhadap rakyatnya terutama yang miskin dan
menderita
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Struktur
doa jelas: sapaan pada Tuhan, syukur, permohonan, penutup
|
50
|
2
|
Kesesuaian
dengan tema
|
30
|
3
|
Kerapian
|
20
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Materi 5
4.3.4 Mengunjungi orang yang menderita
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Perencanaan
|
25
|
2
|
Pelaksanaan
|
50
|
3
|
Evaluasi
|
25
|
3. Remidial dan
Pengayaan
Program
Remidial
Sekolah
:
Kelas/
Semester : VI/ 1
Mata
Pelajaran : PAK
Tanggal
Tes :
Bentu
soal Remidial : Uraian
Rencana
Remidial :
KKM
:
No
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
No yang tidak
dikuasai
|
Bentuk Remidi
|
No yang dikerjakan
dalam remidial
|
Hasil tes remidial
|
Ket
|
Diberikan
penjelasan ulang untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurang dari 20%
yang remedial diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan
pendampingan kelompok
|
|||||||
Program
Pengayaan
Sekolah
:
Kelas/
Semester :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan
Budi Pekerti
Tanggal
Tes :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
Mencari , membaca
kisah tentang Yesus mewartakan Kerajaan Allah
|
|||
I. Media,
Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Media :
ü
gambar atau video
atau cerita yang menunjukkan perilaku di
dalam masyarakat di mana orang menduakan Allah dengan menyembah dan meminta
tolong kepada berhala
ü
gambar orang yang
berada dalam situasi tertekan
ü
cerita tentang
ketidakadilan
ü
video tentang
kesetiaan orang tua
ü
cerita yang
mengisahkan seseorang yang sudah berputus asa tapi mendapat pertolongan dari
sesamanya
2.
Alat:
ü
Laptop
ü LCD
ü Speaker
3.
Sumber Pembelajaran
a) Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VI. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b) Kitab Suci, khususnya teks Yes 11:1-11;
52:13-15; 53:1-12; Amos 1-6
c)
Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas
VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
d)
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk
SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
e) Pengalaman hidup peserta didik
dan guru
f) gambar atau video atau cerita yang menunjukkan perilaku di dalam masyarakat di mana orang
menduakan Allah dengan menyembah dan meminta tolong kepada berhala
g) gambar orang yang berada dalam situasi tertekan
h) cerita tentang ketidakadilan
i) video tentang kesetiaan orang tua
Mengetahui
Kepala Sekolah
Lucia Sigid, S.
Pd., M. Pd.
|
Malang,
30 Agustus 2016
Guru Pend. Agama Katolik
Stephiana Ari
Rita, S. Ag.
|
Komentar
Posting Komentar