(Pendekatan Saintifik)
Sekolah : SD
Katolik Santo Yusup 1 Malang
Mapel : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran :
I. Pribadi Peserta Didik dan
Lingkungannya
Materi :
C. Aku warga dunia
Kelas/Semester : VI / / I
Alokasi waktu : 4 x 35 Menit
A. Kompetensi Inti:
KI
1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tangungjawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah,
di sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
KD
|
Indikator
|
1.1.
Bersyukur sebagai
warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia
|
1.1.1. Mensyukuri dirinya sebagai warga dunia
|
|
2.1.
Peduli terhadap berbagai
keprihatinan umat manusia di seluruh dunia
|
2.1.1. Menunjukkan
perilaku jujur, dan bertanggung jawab sebagai warga dunia
2.1.2. Menunjukkan perilaku peduli terhadap keprihatinan
dunia
|
|
3.1. Memahami
diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai
keprihatinan umat manusia
|
3.2.1. Menjelaskan arti menjadi warga dunia.
3.2.2. Menjelaskan beberapa
persoalan yang dihadapi masyarakat dunia.
3.2.3. Menjelaskan bentuk-bentuk
keterlibatan sebagai warga dunia untuk mengatasi persoalan dunia berdasarkan
ajaran Gereja.
|
|
4.2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan / motto / menggambar / puisi) yang
melukiskan suasana keprihatinan sebagai warga dunia
|
4.2.1.
Mengilustrasikan berbagai keprihatinan yang dihadapi oleh warga dunia, melalui puisi, surat maupun gambar.
|
C.
Materi
Pembelajaran
Aku Warga Dunia
a.
arti menjadi warga dunia
b.
Persoalan-persoalan dunia misalnya :
-
Pemanasan global
-
perang, penyakit
-
kebakaran hutan
c.
Bentuk-bentuk keterlibatan sebagai warga dunia untuk mengatasi persoalan dunia berdasarkan ajaran sosial gereja
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Menyiapkan fisik dan psikis
siswa.
(
Apercepsi , motivasi, syaring )
b. Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan
pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
c.
Mengungkapkan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang
Aku Sebagai Warga Dunia
d. Menyampaikan
proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e. Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.
Doa Pembukaan
(Buku guru hal. 40, buku
siswa hal. …), bisa doa spontan dari siswa dan
guru.
|
|
2.
|
KEGIATAN INTI
Mengamati
· Mengamati peta dunia dan menunjukkan posisi Indonesia
di antara negara-negara di dunia
· Mengamati gambar anak-anak warga dunia yang berhimpun sambil mengacungkan simbol negaranya
masing-masing, misalnya bendera atau tulisan nama negara
Menanya
·
Menanya tentang
perlunya mengenal bangsa-bangsa di dunia,
kerjasama antar negara
·
Menanya tentang
pentingnya menjalin kerjasama dan solidaritas antar bangsa-bangsa dalam menangani
masalah-masalah kemanusiaan di seluruh dunia
·
Menanya ajaran
kitab Suci tentang Allah sebagai Raja atas segala bangsa, yang hendak
menyelamatkan dan mempersatukan seluruh bangsa dalam kasih-Nya
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari data
tentang negara-negara di dunia, misalnya:
negara jumlah penduduknya banyak atau sedikit, negara yang wilayahnya
sangat luas atau tidak seberapa luasnya,
negara kaya atau miskin
·
Mendaftar berbagai bentuk kerjasama dan
solidaritas antar negara dalam bidang sosial, pendidikan, kemanusiaan
·
Mencari dan
mendalami ajaran Gereja tentang Allah sebagai Raja atas segala bangsa yang
hendak menyelamatkan dan membahagiakan seluruh umat manusia di dunia
serta menghimpun di dalam kerajanNya.
Mengasosiasi
·
Merumuskan
ajaran Kitab Suci tentang kehendak Allah untuk menyelamatkan
seluruh umat manusia di dunia
dan menyatukan di dalam kerajaanNya.
·
Merumuskan pentingnya kerja sama antar bangsa-bangsa di
dunia untuk memajukan peradaban dan mengatasi masalah-masalah kemanusiaan.
·
Merumuskan
tindakan yang akan dilakukan untuk
ikut serta dalam karya keselamatan Tuhan dengan ikut
serta mengatasi masalah-masalah kemanusiaan
di seluruh dunia.
Mengomunikasikan
·
Mengungkapkan
kesadaran dirinya sebagai bagian dari warga dunia melalui karangan, puisi
atau doa untuk perdamaian umat manusia di dunia dan
mempresentasikannya.
·
Menyanyikan lagu
yang bertemakan solidaritas umat manusia di dunia.
Ikut
terlibat dalam berbagai gerakan masyarakat dunia, seperti palang merah,
pelestarian alam, penggalangan sumbangan untuk korban bencana
|
|
3.
|
Penutup
a. Membuat rangkuman materi bersama siswa
1.
Refleksi
Peserta didik diminta merefleksikan hal-hal yang
telah dipelajari
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
a. Sejauh mana hati saya tergerak mengetahui
persoalan-persoalan
yang
melanda bumi ini?
b. Sejauh mana saya telah melaksanakan ajaran Gereja
bahwa duka,
kecemasan,
dan harapan dunia merupakan duka, kecemasan,
dan
harapan saya?
c. Niat-niat apa yang akan saya lakukan sebagai
warga dunia?
2. Aksi
Hasil
refleksi dapat disusun dalam bentuk puisi, syair, gambar, dan sebagainya.
3.Melaksanakan penilaian
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
E.
Penilaian
no
|
Aspek penilaian
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
Spriritual
|
observasi
|
Akhir Proses pembelajaran
|
2
|
Sosial
|
penilaian sikap (observasi)
|
Akhir Proses
pembelajaran
|
3
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
lembar kerja
|
Akhir Proses
pembelajaran
|
4
|
Ketrampilan
|
||
Produk
|
Akhir Proses
pembelajaran
|
Instrumen Penilaian
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi
Dasar : 1.3 Mensyukuri diri sebagai warga dunia dan melibatkan diri dalam
berbagai
keprihatinan
yang ada.
Indikator Sikap
:
1) Bersikap
peduli terhadap keprihatinan warga dunia yang mengalami musibah.
2) Bersemangat
dan mempelajari budaya bangsa lain.
3) Berdoa bagi
warga dunia yang mengalami musibah dan keprihatinan lainnya.
Berilah tanda
centang () pada kolom nomor yang sesuai
dengan keadaan dirimu!
1.
Sikap
spiritual
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bersyukur atas bumi dan segala isinya
|
||||
2
|
Mendoakan warga dunia yang mengalami bencana
|
||||
3
|
Mendoakan agar terjadi kedamaian bagi warga dunia
yang mengalami konflik
|
||||
4
|
Bersyukur atas persahabatan dengan warga negara lain
|
||||
Total
skor
|
|||||
Skor
akhir
|
|||||
Tuntas
tidaktuntas
|
Skor yang diperoleh x 100 = skor akhir
Skor Maksimal
2.
Sikap
sosial
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menanam
pohon untuk ikut melestarikan bumi
|
||||
2
|
Tidak
menangkap dan membunuh hewan yangdilindungi
|
||||
3
|
Menggunakan
air secukupnya
|
||||
4
|
Tidak
membuang dan membakar sampah sembarangan
|
||||
5
|
Membantu
warga dunia yang terkena bencana
|
||||
Total
skor
|
|||||
Skor
akhir
|
|||||
Tuntas
tidaktuntas
|
Skor yang diperoleh x 100 = skor akhir
Skor Maksimal
3. Penilaian pengetahuan
-
Teknik :
Tes tertulis
-
Bentuk Instrumen : Uraian
-
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
Skore
|
1
|
3.2.
Memahami diri sebagai bagian
warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia
|
A. Aku
Warga Dunia
|
3.2.1. Menjelaskan
arti menjadi warga dunia.
3.2.2.
Menjelaskan beberapa persoalan yang dihadapi
masyarakat dunia.
3.2.3.
Menjelaskan bentuk-bentuk keterlibatan sebagai warga dunia untuk
mengatasi persoalan dunia berdasarkan ajaran Gereja.
Jumlah Skore
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
30
30
40
100
|
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Tes tertulis
1. Jelaskan apa artinya menjadi warga dunia ?
2. Menjelaskan
beberapa persoalan yang dihadapi
masyarakat dunia.
3. Berdasarkan isi ajaran Gereja tersebut apa
yang perlu dilakukan untuk bumi dan warga bumi ini ?
Kunci
jawaban
1.
Arti sebagai warga dunia adalah : semua
orang di dunia ini menjadi satu kesatuan yang diikat oleh satu tempat yakni
dunia atau bumi.
2.
Persoalan yang dihadapi dunia antara
lain :
-
Peperangan
-
Kelaparan
-
Bencana alam
-
Pengangguran
-
Wabah penyakit
3.
Berdasarkan ajaran Gereja yang perlu
kita lakukan untuk bumi dan warga bumi antara lain :
Gereja ikut ambil bagian apa
yang dialami bumi ini, terutama bagi yang menderita. Maksudnya adalah membantu
mengatasi penderitaan. Jika bumi mengalami kerusakan, gereja bersama seluruh
warga dunia membantu mengatasi kerusakan alam. Karena bila bumi dalam keadaan
baik akam membuat penghuninya sehat dan sebaliknya.
4. Penilaian Keterampilan :
Peserta
didik diminta melakukan penghijauan disalah satu wilayah atau menggalang
bantuan untuk korban bencana di negara lain,
selanjutnya membuat laporan dan refleksi.
F. Media/alat, Bahan dan SumberBelajar
Media/alat : video/lapa top dan LCD
Sumber :
·
ajaran gereja kitab suci , foto kejadian alam
·
Kitab Suci: Mazmur 47:1-10
·
Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI
·
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus..
Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI.
Yogyakarta: Kanisius, 2006
·
Pengalaman hidup peserta didik dan guru
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Malang,
30 Agustus 2016
Guru Pend. Agama Katolik
Stephiana Ari Rita,
S. Ag.
|
Lihat juga RPP KURIKULUM 2013 Revisi
Komentar
Posting Komentar