Langsung ke konten utama

SKL, KI, dan KD AGAMA KATOLIK




1.1              Standar Kompetensi Lulusan

Sikap
Pengetahuan
Ketrampilan
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain. 

Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kema-nusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan per-adaban terkait feno-mena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.


1.2              Kompetensi inti
Kelas I – II
Kelas III - VI
KI.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI.2
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI.3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI.3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KI.4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia 
























1.3 KD

KELAS I

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1 Bersyukur atas dirinya yang khas sebagai anugerah Allah
1.2 Bersyukur atas anggota tubuh yang dimilikinya sebagai anugerah Allah
1.3 Bersyukur atas lingkungan rumah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk bertumbuh dan berkembang
1.4 Bersyukur atas lingkungan sekolah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk bertumbuh dan berkembang
1.5 Percaya akan Allah sebagai pencipta yang mahabaik
1.6 Bersyukur atas kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang mahabaik kepada umat manusia
1.7 Bersyukur kepada Allah melalui doa-doa harian
1.8 Bersyukur kepada Allah melalui sikap-sikap doa yang baik dan benar.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga, solider,belarasa, terlibat...)
2.1 Bangga terhadap dirinya yang khas
2.2 Bertanggung jawab terhadap anggota tubuh yang dianugerahkan Allah kepadanya
2.3 Bertanggung jawab terhadap lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
2.4 Bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang
2.5 Bertanggungjawab terhadap ciptaan Allah yang mahabaik
2.6 Peduli terhadap sesama sebagai wujud penghayatan nilai-nilai kasih Allah dalam kisah kelahiran Yesus.
2.7 Santun dalam mengucapkan doa-doa harian
2.8 Santun dalam sikap-sikap berdoa.
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1 Mengenal dirinya yang khas sebagai anugerah Allah.
3.2 Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya sebagai anugerah Allah.
3.3 Mengenal lingkungan rumah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk bertumbuh dan berkembang.
3.4 Mengenal lingkungan sekolah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk bertumbuh dan berkembang.
3.5 Mengenal Allah sebagai pencipta yang Mahabaik.
3.6 Mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik .
3.7 Mengenal doa-doa harian sebagai ungkapan iman kepada Allah.
3.8 Mengenal sikap-sikap berdoa sebagai ungkapan syukur kepada Allah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1 Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ berpuisi/ bernyanyi) yang mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas anugerah dirinya yang khas.
4.2 Melakukan aktivitas (misalnya merawat anggota tubuh/ menggambar/mewarnai/menghias gambar anggota tubuh) sebagai ungkapan syukur kepada Allah atas anugerah anggota tubuh.
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya terlibat dalam tugas-tugas di dalam keluarga, memelihara lingkungan rumah) sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.
4.4 Melakukan aktivitas ( misalnya melaksanakan tugas dari guru, memelihara lingkungan sekolah) sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.
4.5 Melakukan aktivitas (misalnya menggambar/ mewarnai/ membuat mozaik) tentang ciptaan Allah.

KELAS II
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Bersyukur atas peran  keluarga sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
1.2 Bersyukur atas  peran teman sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
1.3 Bersyukur  atas karya keselamatan Allah melalui tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
1.4 Bersyukur akan karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru.
1.5 Bersyukur atas iman Kristiani sebagai anugerah Allah.
1.6  Bersyukur  kepada Allah melalui macam-macam doa
1.7 Bersyukur  atas peran tetangga sebagai anugerah Allah yang  mendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
1.8 Bersyukur atas kehidupan yang rukun dengan tetangga sebagai  perwujudan  kasih  Allah


2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga, solider,belarasa, terlibat...)
2.1  Santun terhadap keluarga sebagai anugerah  Allah dalam mengembangkan dirinya
2.2 Santun terhadap teman sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
2.3 Peduli pada sesama, meneladan  tokoh-tokoh Perjanjian Lama
2.4  Percaya diri dalam mengungkapkan iman akan karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian baru.
2.5  Percaya diri dalam mengungkapkan iman Kristiani sebagai anugerah Allah
2.6 Disiplin dan santun dalam mengungkapkan iman   melalui doa pujian, doa syukur dan doa permohonan
2.7 Bersikap peduliterhadap tempat tinggal dan tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
2.8 Peduli untuk memelihara kehidupan yang rukun dengan tetangga sebagai  perwujudan  kasih Allah
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Memahami peran keluarga sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya
3.2 Memahami peran teman sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya
3.3 Memahami  karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
3.4  Memahami karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru
3.5 Mengenal makna iman Kristiani  sebagai anugerah Allah
3.6  Mengenal makna doa dan macam-macam doa
3.7 Memahami peran tempat tinggal dan tetangga sebagai anugerah Tuhan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.8Memahami makna hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan  kasih Allah

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melakukan aktifitas (misalnya membantu  keluarga/ membuat karya seni) sebagai ungkapan syukur atas peran keluarga dalam mengembangkan dirinya
4.2  Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa untuk teman, membuat puisi untuk teman) yang menunjukkan rasa syukur atas peran  teman
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali, bermain peran) seperti dalam kisah  tokoh-tokoh Perjanjian Lama
4.4 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan kembali, bermain peran, dsb) seperti dalam kisah  Perjanjian Lama
4.5Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa, membuat puisi, menyanyikan lagu) sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.6  Mengucapkan macam-macam doa dasar
4.7 Melakukan aktivitas dengan melibatkan diri dalam kegiatan lingkungan sosial masyarakat/ komunitas basis untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya 
4.8  Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman hidup rukun dengan tetangga, membuat doa permohonan dengan tema kerukunan dalam persaudaraan sejati) dalam usaha menjaga kehidupan yang rukun dengan tetangga sebagai perwujudan kasih Allah
KELAS III
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Bersyukur atas   pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai anugerah Allah.
1.2  Bersyukur karena memiliki kemampuan untuk  membedakan  yang baik dan buruk
1.3  Bersyukur akan karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh Perjanjian Lama
1.4  Beriman kepada Yesus dan karya-Nya melalui kisah  Perjanjian Baru
1.5  Bersyukur atas Tata Perayaan  Sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia
1.6  Bersyukur atas nilai-nilai keutamaan  Kristiani sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
1.7  Bersyukur atas pemimpin dan tradisi masyarakat yang baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
1.8  Bersyukur akan karya keselamatan Allah yang diwujudkan melalui kegiatan melestarikan lingkungan alam

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga, solider,belarasa, terlibat...)
2.1  Peduli terhadap  pertumbuhan dan perkembangan dirinya
2.2  Jujur dalam membedakan perbuatan  baik dan buruk
2.3  Jujur dalam mengungkapkan kepercayaannya akan  karya keselamatan Allah seperti yang dialami oleh  tokoh-tokoh Perjanjian Lama
2.4  Peduli terhadap sesama sebagai perwujudan ajaran dan karya Yesus seperti dalam kisah Pernjian Baru
2.5  Disiplin dalam mengikuti Tata Perayaan Sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia
2.6  Peduli terhadap nilai-nilai keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
2.7  Santun terhadap pemimpin  dan tradisi masyarakat yang baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
2.8  Peduli terhadap kegiatan melestarikan lingkungan alam sebagai  wujud karya keselamatan Allah
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1     Memahami  pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai anugerah Allah.
3.2     Memahami bahwa kemampuan  membedakan  yang baik dan buruk adalah anugerah Allah
3.3     Memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
3.4     Memahami   ajaran Yesus dan karya-Nya melalui kisah dalam Perjanjian baru
3.5     Mengenal tata perayaan sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia
3.6     Mengenal nilai-nilai keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah
3.7     Mengenal pemimpin dan tradisi masyarakat  yang baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
3.8     Memahami pentingnya melestarikan lingkungan hidup  sebagai wujud karya keselamatan Allah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1     Melakukan aktivitas berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan dirinya. (misalnya menyusun doa syukur/ menuliskan perkembangan dirinya/ membuat kliping gambar perkembangan diri) 
4.2     Mempraktikkan perbuatan yang  baik kepada teman di sekolah
4.3     Melakukan aktivitas (misalnya  menceriterakan kembali, membuat puisi, dan bermain peran) tentang tindakan baik tokoh-tokoh Perjanjian Lama, seperti: Yakub, Yusuf dan Musa serta tokoh Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis
4.4     Melakukan aktivitas sosial dengan memberi bantuan kepada orang yang memerlukan pertolongan seturut teladan Yesus seperti yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru
4.5     Memperagakan Tata Perayaan Sakramen  Baptis, Ekaristi dan Tobat
4.6     Mempraktikkan nilai-nilai keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah di dalam kehidupan sehari-hari
4.7     Melakukan aktivitas (misalnya  mengumpulkan gambar, menceritakan biografi) yang menunjukkan rasa hormat terhadap para pemimpin dan tradisi masyarakat yang baik
4.8     Melakukan aktivitas (misalnya  menanam dan merawat pohon, /menuliskan puisi/doa) dalam  kegiatan melestarikan lingkungan alam.

KELAS IV
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1  Bersyukur atas keunikan dirinya sebagai anugerah Allah 
1.2  Bersyukur atas kemampuan dan keterbatasan diri sebagai anugerah Allah. 
1.3  Beriman kepada Allah yang setia pada janji-Nya yang telah memberikan Sepuluh Perintah Allah sebagai pedoman hidup
1.4  Bersyukur atas Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua
1.5  Bersyukur atas Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan  sesama.
1.6  Beriman kepada Yesus yang mewartakan karya keselamatan dengan perumpamaan dan mukjizat
1.7  Percaya akan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
1.8  Bersyukur atas kemampuan  mengungkapkan doa spontan,  doa pribadi  dan doa bersama sebagai ungkapan iman kepada Allah
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga, solider,belarasa, terlibat...)
2.1     Bertanggung jawab terhadap keunikan diri sebagai anugerah Allah
2.2     Bertanggung jawab dalam mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan 
2.3     Peduli terhadap Sepuluh Perintah Allah sebagai pedoman hidup
2.4     Bertanggungjawab dalam mewujudkan  Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan berelasi dengan orang tua
2.5     Percaya diri dalam mewujudkan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan berelasi dengan sesama
2.6     Peduli terhadap Yesus yang mewartakan karya keselamatan dengan perumpamaan dan mukjizat
2.7     Santun dalam mengucapkan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
2.8     Santun dalam mengucapkan doa spontan, doa pribadi, dan doa bersama sebagai ungkapan iman kepada Allah
3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1     Memahami keunikan diri sebagai anugerah Allah  yang  patut disyukuri
3.2     Memahami kemampuan dan keterbatasan diri sebagai anugerah Allah
3.3     Memahami kesetiaan Allah pada janjiNya yang memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup.
3.4     Memahami Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua.
3.5     Memahami Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan  dalam berelasi dengan  sesama
3.6     Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai perwujudan karya keselamatan Allah
3.7     Memahami aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah.
3.8     Memahami makna doa spontan, doa pribadi dan doa bersama sebagai ungkapan iman kepada Allah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ menyanyikan lagu/ dan membuat puisi) yang mengungkapkan rasa syukur atas keunikan diri sebagai anugerah Allah
4.2  Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ menyanyikan lagu/ dan membuat puisi) yang mengungkapkan rasa syukur atas kemampuan dan keterbatasan diri sebagai  anugerah Allah.
4.3  Melakukan aktivitas (misalnya menggambar/ mewarnai/ menghias/ mengucap secara runtut) yang berkaitan dengan Sepuluh Perintah Allah
4.4  Melakukan aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ menyusun doa) yang berkaitan dengan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua
4.5  Melakukan aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ menyusun doa) yang berkaitan dengan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan sesame
4.6  Melakukan aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ bermain peran/ menceritakan kembali, dsb) yang mencerminkan penghayatan atas  perumpamaan dan mujizat yang dilakukan Yesus sebagai  pemenuhan janji Allah
4.7  Melakukan aktivitas (misalnya berdoa / bernyanyi / membuat puisi/ bermain peran/ menceritakan kembali, dsb) yang mencerminkan penghayatan terhadap Doa.
4.8  Mempraktikkan doa spontan, doa pribadi  dan doa bersama
KELAS V
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1.    Bersyukur sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
1.2.   Bersyukur atas lawan jenis sebagai partner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi
1.3.   Beriman kepada Allah melalui kisah tokoh-tokoh Perjanjian Lama seperti; Daud, Salomo dan Ester.
1.4.   Beriman kepada Allah melalui karya keselamatan-Nya dalam peristiwa sengsara, wafat  dan kebangkitan Yesus
1.5.   Percaya akan hidup baru  dalam  Roh Kudus
1.6.   Percaya akan Roh Kudus yang berkarya dalam kehidupan menggereja
1.7.   Bersyukur atas buah-buah Roh yang dapat mengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat
1.8.   Bersyukur kepada Tuhan dengan mewujudkan nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Roh Kudus

3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1     Memahami diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
3.2     Memahami lawan jenis sebagai partner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi
3.3     Memahami karya keselamatan Allah yang dialami tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam  kisah Daud, Salomo dan Ester.
3.4     Memahami  sengsara, wafat  dan kebangkitan Yesus sebagai puncak karya keselamatan Allah
3.5     Memahami hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa
3.6     Memahami  karya Roh Kudus dalam kehidupan menggereja
3.7     Memahami  buah-buah Roh sebagai nilai yang sangat  dibutuhkan demi pengembangan kehidupan  dalam masyarakat
3.8     Memahami nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai perwujudan   karya Roh Kudus
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melakukan aktivitas (misalnya  menyusun doa syukur/ puisi/ slogan/ motto/ menyanyikan lagu) yang menyatakan tentang dirinya sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
4.2  Melakukan aktivitas (misalnya kerja sama dalam suatu kegiatan/ permainan bersama/ menulis releksi/ puisi) yang menunjukkan sikap menghormati lawan jenis sebagai anugerah Allah
4.3  Melakukan aktivitas (misalnya  menceritakan kembali / bermain peran /menulis refleksi dan sebagainya) mengenai  tokoh-tokoh Perjanjian Lama seperti dalam  kisah Daud, Salomo  atau Ester.
4.4  Melakukan aktivas (misalnya membuat gambar salib dari biji-bijian/ melukis wajah Yesus , melukiskan salah satu kisah jalan salib) , menuliskan refeleksi / puisi, dan sebagainya)   yang bertemakan  sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus sebagai puncak karya selamatan  Allah
4.5  Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/puisi/melukis) yang berkaitan dengan  perbuatan-perbuatan yang menunjukkan hidup baru dalam Roh Kudus
4.6  Melakukan aktivitas (misalnya  membuat kliping/ menggambar) yang berkaitan dengan kehidupan menggereja sebagai karya Roh Kudus
4.7  Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan/ motto/ puisi) tentang kehidupan bersama  di masyarakat sebagai karya Roh Kudus
4.8  Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/menceritakan kembali/  menulis biografi singkat)  yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang memperjuangkan keadilan dan kejujuran di masyarakat sebagai wujud karya Roh kudus

KELAS VI
 
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1. Bersyukur sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam  sebagai anugerah Allah
1.2.Bersyukur sebagai warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia
1.3.Beriman pada Allah yang melakukan karya keselamatan melalui para nabi
1.4.Beriman pada Allah yang menyelamatkan,  dalam  pribadi Yesus Kristus
1.5.Bersyukur  atas tugas dan sifat Gereja
1.6.Bersyukur atas karya-karya pelayanan Gereja
1.7.Bersyukur atas ajaran Gereja tentang hati nurani dalam menghadapi tantangan zaman

3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1     Memahami diri sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam   sebagai anugerah Allah
3.2     Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia
3.3     Memahami  karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabi
3.4     Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
3.5     Memahami  tugas  dan sifat Gereja
3.6     Memahami karya-karya pelayanan Gereja sebagai perwujudan karya keselamatan Allah
3.7     Memahami ajaran Gereja tentang hati nurani dalam menghadapi tantangan zaman

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan/ menuliskan refleksi/ puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki sebagai warga Negara Indonesia yang beranekaragam
4.2  Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan/motto/menggambar/puisi) yang melukiskan suasana keprihatinan sebagai warga dunia
4.3  Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi /puisi/bermain peran) tentang karya keselamatan Allah  yang diwartakan  para nabi
4.4  Melakukan aktifitas (menuliskan refleksi/ puisi, dan sebagainya)  tentang   karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus
4.5  Melakukan aktifitas (misalnya membuat rangkuman/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan  dengan tugas dan sifat Gereja
4.6  Melakukan aktifitas (misalnya membuat rangkuman/ merencanakan kegiatan/mewawancarai tokoh gereja) yang berkaitan dengan tugas pelayanan Gereja.
4.7  Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/membuat kliping/membuat slogan/merumuskan doa) berkaitan dengan ajaran Gereja tentang hati nurani



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3