1.1
Standar Kompetensi Lulusan
Sikap
|
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
|
Memiliki pengetahuan faktual dan
konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kema-nusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan per-adaban terkait feno-mena dan kejadian di lingkungan
rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak
yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang
ditugaskan kepadanya.
|
1.2
Kompetensi inti
Kelas I – II
|
Kelas III - VI
|
KI.1
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI.1
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
KI.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
KI.3
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI.3
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
KI.4
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
KI.4
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
1.3 KD
KELAS I
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Bersyukur atas dirinya yang khas sebagai anugerah Allah
1.2
Bersyukur atas anggota tubuh yang dimilikinya sebagai anugerah Allah
1.3
Bersyukur atas lingkungan rumah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk
bertumbuh dan berkembang
1.4
Bersyukur atas lingkungan sekolah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah
untuk bertumbuh dan berkembang
1.5 Percaya
akan Allah sebagai pencipta yang mahabaik
1.6
Bersyukur atas kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang mahabaik kepada
umat manusia
1.7
Bersyukur kepada Allah melalui doa-doa harian
1.8
Bersyukur kepada Allah melalui sikap-sikap doa yang baik dan benar.
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga,
solider,belarasa, terlibat...)
|
2.1 Bangga
terhadap dirinya yang khas
2.2
Bertanggung jawab terhadap anggota tubuh yang dianugerahkan Allah kepadanya
2.3
Bertanggung jawab terhadap lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan
berkembang
2.4
Bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan
berkembang
2.5
Bertanggungjawab terhadap ciptaan Allah yang mahabaik
2.6 Peduli
terhadap sesama sebagai wujud penghayatan nilai-nilai kasih Allah dalam kisah
kelahiran Yesus.
2.7 Santun
dalam mengucapkan doa-doa harian
2.8 Santun
dalam sikap-sikap berdoa.
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal dirinya yang khas sebagai anugerah Allah.
3.2
Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya sebagai anugerah Allah.
3.3
Mengenal lingkungan rumah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk
bertumbuh dan berkembang.
3.4
Mengenal lingkungan sekolah sebagai tempat yang dianugerahkan Allah untuk
bertumbuh dan berkembang.
3.5
Mengenal Allah sebagai pencipta yang Mahabaik.
3.6
Mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik .
3.7
Mengenal doa-doa harian sebagai ungkapan iman kepada Allah.
3.8
Mengenal sikap-sikap berdoa sebagai ungkapan syukur kepada Allah.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ berpuisi/ bernyanyi) yang
mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas anugerah dirinya yang khas.
4.2
Melakukan aktivitas (misalnya merawat anggota tubuh/
menggambar/mewarnai/menghias gambar anggota tubuh) sebagai ungkapan syukur
kepada Allah atas anugerah anggota tubuh.
4.3
Melakukan aktivitas (misalnya terlibat dalam tugas-tugas di dalam keluarga,
memelihara lingkungan rumah) sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.
4.4
Melakukan aktivitas ( misalnya melaksanakan tugas dari guru, memelihara
lingkungan sekolah) sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.
4.5
Melakukan aktivitas (misalnya menggambar/ mewarnai/ membuat mozaik) tentang
ciptaan Allah.
|
KELAS II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bersyukur
atas peran keluarga sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
1.2 Bersyukur atas
peran teman sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
1.3 Bersyukur atas karya keselamatan Allah melalui
tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
1.4 Bersyukur akan
karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam
Perjanjian Baru.
1.5 Bersyukur atas iman Kristiani sebagai anugerah Allah.
1.6 Bersyukur
kepada Allah melalui macam-macam doa
1.7 Bersyukur atas
peran tetangga sebagai anugerah Allah yang
mendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
1.8 Bersyukur atas kehidupan yang rukun dengan tetangga
sebagai perwujudan kasih
Allah
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga,
solider,belarasa, terlibat...)
|
2.1 Santun terhadap keluarga
sebagai anugerah Allah dalam
mengembangkan dirinya
2.2
Santun terhadap teman sebagai anugerah Allah dalam mengembangkan dirinya
2.3
Peduli pada sesama, meneladan tokoh-tokoh Perjanjian Lama
2.4 Percaya
diri dalam mengungkapkan iman akan karya keselamatan Allah dalam diri Yesus
Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian baru.
2.5
Percaya diri dalam mengungkapkan
iman Kristiani sebagai anugerah Allah
2.6 Disiplin dan santun dalam mengungkapkan iman melalui doa
pujian, doa syukur dan doa permohonan
2.7
Bersikap
peduliterhadap tempat
tinggal dan tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
2.8 Peduli
untuk memelihara kehidupan yang rukun dengan tetangga sebagai perwujudan
kasih Allah
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Memahami peran keluarga sebagai
karunia Allah dalam mengembangkan dirinya
3.2
Memahami peran teman sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya
3.3
Memahami karya keselamatan Allah yang
dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
3.4 Memahami karya keselamatan Allah dalam diri
Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru
3.5
Mengenal makna iman Kristiani sebagai
anugerah Allah
3.6 Mengenal makna doa dan
macam-macam doa
3.7 Memahami
peran tempat tinggal dan tetangga sebagai anugerah Tuhan yang mendukung
pertumbuhan dan perkembangan dirinya
3.8Memahami
makna hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan kasih Allah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melakukan aktifitas (misalnya membantu keluarga/ membuat karya seni) sebagai
ungkapan syukur atas peran keluarga dalam mengembangkan dirinya
4.2 Melakukan
aktivitas (misalnya menyusun doa untuk teman, membuat puisi untuk teman) yang
menunjukkan rasa syukur atas peran
teman
4.3
Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan
kembali, bermain peran) seperti dalam kisah
tokoh-tokoh Perjanjian Lama
4.4
Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan
kembali, bermain peran, dsb) seperti dalam kisah Perjanjian Lama
4.5Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa, membuat
puisi, menyanyikan lagu) sebagai ungkapan iman kepada Allah
4.6 Mengucapkan
macam-macam doa dasar
4.7
Melakukan aktivitas dengan
melibatkan diri dalam kegiatan lingkungan sosial masyarakat/ komunitas basis
untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya
4.8 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan pengalaman
hidup rukun dengan tetangga, membuat doa permohonan dengan tema kerukunan
dalam persaudaraan sejati) dalam usaha menjaga kehidupan yang rukun dengan
tetangga sebagai perwujudan kasih Allah
|
KELAS III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bersyukur atas pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai
anugerah Allah.
1.2 Bersyukur
karena memiliki kemampuan untuk
membedakan yang baik dan buruk
1.3 Bersyukur akan karya keselamatan Allah yang
dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian
Lama
1.4 Beriman kepada Yesus dan karya-Nya melalui
kisah Perjanjian Baru
1.5 Bersyukur
atas Tata Perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda
dan sarana karya keselamatan Allah bagi manusia
1.6 Bersyukur atas nilai-nilai keutamaan Kristiani sebagai tanggapan atas karya
keselamatan Allah
1.7 Bersyukur atas pemimpin dan tradisi
masyarakat yang baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
1.8 Bersyukur
akan karya keselamatan Allah yang diwujudkan melalui kegiatan melestarikan
lingkungan alam
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga,
solider,belarasa, terlibat...)
|
2.1 Peduli terhadap pertumbuhan dan perkembangan dirinya
2.2 Jujur
dalam membedakan perbuatan baik dan
buruk
2.3 Jujur
dalam mengungkapkan kepercayaannya akan karya keselamatan Allah seperti yang dialami
oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama
2.4 Peduli
terhadap sesama sebagai perwujudan ajaran dan karya Yesus seperti dalam kisah
Pernjian Baru
2.5 Disiplin
dalam mengikuti Tata Perayaan Sakramen
Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan
Allah bagi manusia
2.6 Peduli terhadap nilai-nilai
keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai tanggapan atas karya
keselamatan Allah
2.7 Santun
terhadap pemimpin dan tradisi
masyarakat yang baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
2.8 Peduli terhadap kegiatan melestarikan
lingkungan alam sebagai wujud karya
keselamatan Allah
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Memahami pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai
anugerah Allah.
3.2 Memahami
bahwa kemampuan membedakan yang baik dan buruk adalah anugerah Allah
3.3 Memahami
karya keselamatan Allah yang dialami oleh
tokoh-tokoh Perjanjian Lama.
3.4 Memahami ajaran Yesus dan karya-Nya melalui kisah
dalam Perjanjian baru
3.5 Mengenal
tata perayaan sakramen Baptis,
Ekaristi dan Tobat sebagai tanda dan sarana karya keselamatan Allah bagi
manusia
3.6 Mengenal
nilai-nilai keutamaan Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai tanggapan
atas karya keselamatan Allah
3.7 Mengenal
pemimpin dan tradisi masyarakat yang
baik sebagai wujud karya keselamatan Allah
3.8 Memahami
pentingnya melestarikan lingkungan hidup
sebagai wujud karya keselamatan Allah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan
aktivitas berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan dirinya. (misalnya menyusun
doa syukur/ menuliskan perkembangan dirinya/ membuat kliping gambar
perkembangan diri)
4.2 Mempraktikkan perbuatan yang baik
kepada teman di sekolah
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya menceriterakan
kembali, membuat puisi, dan bermain peran) tentang tindakan baik tokoh-tokoh
Perjanjian Lama, seperti: Yakub, Yusuf dan Musa serta tokoh Perjanjian Baru:
Yohanes Pembaptis
4.4 Melakukan aktivitas sosial dengan memberi bantuan kepada orang yang memerlukan pertolongan
seturut teladan Yesus seperti yang dikisahkan dalam Perjanjian
Baru
4.5 Memperagakan
Tata Perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
4.6 Mempraktikkan nilai-nilai keutamaan
Kristiani (iman, harapan dan kasih) sebagai
tanggapan atas karya keselamatan Allah di dalam
kehidupan sehari-hari
4.7 Melakukan aktivitas (misalnya mengumpulkan
gambar, menceritakan biografi) yang menunjukkan rasa hormat terhadap para
pemimpin dan tradisi masyarakat yang baik
4.8
Melakukan
aktivitas (misalnya menanam
dan merawat pohon, /menuliskan puisi/doa) dalam kegiatan melestarikan lingkungan alam.
|
KELAS IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bersyukur
atas keunikan dirinya sebagai
anugerah Allah
1.2 Bersyukur
atas kemampuan dan
keterbatasan diri sebagai anugerah Allah.
1.3
Beriman kepada Allah yang setia pada janji-Nya yang telah
memberikan Sepuluh Perintah Allah sebagai pedoman hidup
1.4
Bersyukur
atas Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua
1.5
Bersyukur
atas Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan sesama.
1.6
Beriman
kepada Yesus yang mewartakan karya keselamatan dengan perumpamaan
dan mukjizat
1.7
Percaya akan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
1.8
Bersyukur atas kemampuan
mengungkapkan doa spontan, doa
pribadi dan doa bersama sebagai
ungkapan iman kepada Allah
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru (bangga,
solider,belarasa, terlibat...)
|
2.1 Bertanggung jawab terhadap keunikan diri
sebagai anugerah Allah
2.2
Bertanggung jawab dalam mengembangkan kemampuan dan mengatasi
keterbatasan
2.3
Peduli terhadap Sepuluh Perintah Allah
sebagai pedoman hidup
2.4
Bertanggungjawab dalam mewujudkan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan
berelasi dengan orang tua
2.5
Percaya diri dalam mewujudkan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan
berelasi dengan sesama
2.6
Peduli terhadap Yesus yang mewartakan karya keselamatan dengan perumpamaan
dan mukjizat
2.7
Santun
dalam mengucapkan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah
2.8
Santun
dalam mengucapkan doa spontan, doa pribadi, dan doa bersama sebagai ungkapan
iman kepada Allah
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Memahami keunikan diri sebagai anugerah
Allah yang patut disyukuri
3.2 Memahami kemampuan dan keterbatasan diri
sebagai anugerah Allah
3.3 Memahami
kesetiaan Allah pada janjiNya yang memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman
hidup.
3.4 Memahami
Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua.
3.5 Memahami Sepuluh
Perintah Allah yang menjadi landasan
dalam berelasi dengan sesama
3.6 Memahami
makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai perwujudan
karya keselamatan Allah
3.7 Memahami aneka doa dalam Gereja sebagai
ungkapan iman kepada Allah.
3.8 Memahami makna doa spontan, doa pribadi dan
doa bersama sebagai ungkapan iman kepada Allah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ menyanyikan lagu/ dan membuat puisi) yang
mengungkapkan rasa syukur atas keunikan diri sebagai anugerah Allah
4.2 Melakukan aktivitas (misalnya mengucapkan doa/ menyanyikan lagu/ dan membuat puisi) yang
mengungkapkan rasa syukur atas kemampuan dan keterbatasan diri
sebagai anugerah Allah.
4.3 Melakukan
aktivitas (misalnya menggambar/ mewarnai/ menghias/ mengucap secara runtut)
yang berkaitan dengan Sepuluh Perintah Allah
4.4 Melakukan
aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ menyusun doa) yang berkaitan
dengan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua
4.5 Melakukan
aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ menyusun doa) yang berkaitan
dengan Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan sesame
4.6 Melakukan
aktivitas (misalnya bernyanyi/ membuat puisi/ bermain peran/ menceritakan
kembali, dsb) yang mencerminkan penghayatan atas perumpamaan dan mujizat yang
dilakukan Yesus sebagai
pemenuhan janji Allah
4.7 Melakukan
aktivitas (misalnya berdoa / bernyanyi / membuat puisi/ bermain peran/
menceritakan kembali, dsb) yang mencerminkan penghayatan terhadap Doa.
4.8 Mempraktikkan
doa spontan, doa pribadi dan doa
bersama
|
KELAS V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Bersyukur sebagai perempuan atau laki-laki seturut
citra Allah.
1.2. Bersyukur atas
lawan jenis sebagai partner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi
1.3. Beriman kepada Allah melalui kisah
tokoh-tokoh Perjanjian Lama seperti; Daud, Salomo dan Ester.
1.4. Beriman kepada Allah melalui karya
keselamatan-Nya dalam peristiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus
1.5. Percaya akan hidup baru dalam
Roh Kudus
1.6. Percaya akan Roh Kudus yang berkarya dalam
kehidupan menggereja
1.7. Bersyukur atas buah-buah Roh yang dapat mengembangan
kehidupan bersama dalam masyarakat
1.8. Bersyukur kepada
Tuhan dengan mewujudkan nilai-nilai
kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan
atas karya Roh Kudus
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Memahami diri
sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
3.2 Memahami lawan
jenis sebagai partner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi
3.3 Memahami karya keselamatan Allah yang
dialami tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam
kisah Daud, Salomo dan Ester.
3.4 Memahami
sengsara, wafat dan kebangkitan
Yesus sebagai puncak karya keselamatan Allah
3.5 Memahami hidup baru dalam Roh Kudus yang
terungkap melalui doa-doa
3.6 Memahami
karya Roh Kudus dalam kehidupan menggereja
3.7 Memahami buah-buah Roh sebagai nilai yang
sangat dibutuhkan demi pengembangan
kehidupan dalam masyarakat
3.8 Memahami
nilai-nilai kejujuran dan keadilan
dalam kehidupan bermasyarakat sebagai perwujudan karya Roh Kudus
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan aktivitas (misalnya menyusun doa syukur/ puisi/ slogan/ motto/
menyanyikan lagu) yang menyatakan tentang dirinya sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
4.2 Melakukan aktivitas (misalnya kerja sama dalam suatu kegiatan/ permainan bersama/ menulis releksi/
puisi) yang menunjukkan sikap menghormati lawan jenis sebagai anugerah Allah
4.3 Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan
kembali / bermain peran /menulis refleksi dan sebagainya) mengenai tokoh-tokoh Perjanjian Lama seperti dalam kisah
Daud, Salomo atau Ester.
4.4 Melakukan
aktivas (misalnya membuat
gambar salib dari biji-bijian/ melukis wajah Yesus , melukiskan salah satu
kisah jalan salib) , menuliskan refeleksi / puisi, dan sebagainya) yang bertemakan sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus
sebagai puncak karya selamatan Allah
4.5 Melakukan
aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/puisi/melukis) yang berkaitan
dengan perbuatan-perbuatan yang
menunjukkan hidup baru dalam Roh Kudus
4.6 Melakukan
aktivitas (misalnya membuat kliping/ menggambar) yang
berkaitan dengan kehidupan menggereja sebagai karya Roh Kudus
4.7 Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan/ motto/ puisi) tentang kehidupan bersama di masyarakat sebagai karya Roh Kudus
4.8 Melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/menceritakan kembali/ menulis biografi singkat) yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang
memperjuangkan keadilan dan kejujuran di masyarakat sebagai wujud karya Roh
kudus
|
KELAS VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. Bersyukur sebagai warga
negara Indonesia yang beraneka ragam
sebagai anugerah Allah
1.2.Bersyukur sebagai warga dunia dan melibatkan diri
dalam berbagai keprihatinan umat manusia
1.3.Beriman pada Allah
yang melakukan karya
keselamatan melalui para nabi
1.4.Beriman pada Allah yang menyelamatkan, dalam
pribadi Yesus Kristus
1.5.Bersyukur atas tugas dan sifat
Gereja
1.6.Bersyukur atas karya-karya pelayanan Gereja
1.7.Bersyukur atas ajaran Gereja tentang hati nurani dalam menghadapi
tantangan zaman
|
3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Memahami diri
sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
3.2 Memahami diri sebagai bagian warga dunia
dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia
3.3 Memahami
karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabi
3.4 Memahami karya keselamatan Allah melalui
kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
3.5 Memahami
tugas dan sifat Gereja
3.6 Memahami karya-karya pelayanan Gereja
sebagai perwujudan karya keselamatan Allah
3.7 Memahami ajaran Gereja tentang hati nurani
dalam menghadapi tantangan zaman
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Melakukan
aktivitas (misalnya
menceritakan/ menuliskan refleksi/ puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki
sebagai warga Negara Indonesia yang beranekaragam
4.2 Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan/motto/menggambar/puisi) yang melukiskan suasana
keprihatinan sebagai warga dunia
4.3 Melakukan
aktivitas (misalnya
menuliskan refleksi /puisi/bermain peran) tentang karya keselamatan
Allah yang diwartakan para nabi
4.4 Melakukan
aktifitas (menuliskan refleksi/ puisi, dan sebagainya) tentang karya keselamatan Allah dalam diri Yesus
Kristus
4.5 Melakukan
aktifitas (misalnya
membuat rangkuman/ merencanakan kegiatan) yang berkaitan dengan tugas dan sifat Gereja
4.6 Melakukan
aktifitas (misalnya
membuat rangkuman/ merencanakan kegiatan/mewawancarai tokoh gereja) yang
berkaitan dengan tugas pelayanan Gereja.
4.7 Melakukan
aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/membuat kliping/membuat
slogan/merumuskan doa) berkaitan dengan ajaran Gereja
tentang hati nurani
|
Komentar
Posting Komentar