ariririta.com

Kamis, 25 Agustus 2016

PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)



PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pendekatan Saintifik)

Sekolah                                :    SD
Mapel                                   :    Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran                              :    I. Pribadi Peserta Didik dan Lingkungannya
Materi                                   :    C. Aku warga dunia
Kelas/Semester                     :    VI / / I
Alokasi waktu                      :    4 x 35 Menit

A.      Kompetensi Inti:

KI 1     : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tangungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam   berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3     : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4     : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis         dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
                      

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NO
KD
Indikator

1.1.  Bersyukur sebagai warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia

1.1.1.  Mensyukuri dirinya sebagai  warga dunia


2.1.  Peduli terhadap berbagai keprihatinan umat manusia di seluruh dunia

2.1.1.  Menunjukkan perilaku jujur, dan  bertanggung jawab sebagai warga dunia
2.1.2. Menunjukkan perilaku peduli terhadap  keprihatinan dunia


3.1.  Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia

3.2.1.  Menjelaskan arti menjadi warga dunia.
3.2.2.  Menjelaskan beberapa persoalan yang  dihadapi masyarakat dunia.
3.2.3.  Menjelaskan bentuk-bentuk keterlibatan sebagai warga dunia untuk mengatasi persoalan dunia berdasarkan ajaran Gereja.     


4.2. Melakukan aktivitas (misalnya membuat slogan / motto / menggambar / puisi) yang melukiskan suasana keprihatinan sebagai warga dunia
4.2.1. Mengilustrasikan berbagai keprihatinan yang dihadapi oleh warga dunia, melalui puisi, surat maupun gambar.




C.      Materi Pembelajaran

Aku Warga Dunia
a.         arti menjadi warga dunia
b.         Persoalan-persoalan dunia  misalnya :
-            Pemanasan global
-            perang, penyakit
-            kebakaran hutan

c.         Bentuk-bentuk keterlibatan sebagai warga dunia untuk mengatasi persoalan dunia berdasarkan ajaran sosial gereja

D.      Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Menyiapkan fisik dan psikis siswa. 
( Apercepsi , motivasi, syaring )
b.      Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Aku Sebagai Warga Dunia
d.      Menyampaikan proses pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini.
e.       Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
f.        Doa Pembukaan (Buku guru hal. 40, buku siswa hal. …), bisa doa spontan dari siswa dan guru.


2.
KEGIATAN INTI
Mengamati
·    Mengamati peta dunia dan menunjukkan posisi Indonesia di antara negara-negara di dunia
·    Mengamati gambar anak-anak warga dunia yang  berhimpun sambil mengacungkan simbol negaranya masing-masing, misalnya bendera atau tulisan nama negara

Menanya
·       Menanya tentang perlunya mengenal bangsa-bangsa di dunia,  kerjasama antar negara
·       Menanya tentang pentingnya menjalin kerjasama dan solidaritas antar bangsa-bangsa dalam menangani masalah-masalah kemanusiaan di seluruh dunia
·       Menanya ajaran kitab Suci tentang Allah sebagai Raja atas segala bangsa, yang hendak menyelamatkan dan mempersatukan seluruh bangsa dalam kasih-Nya

Mengumpulkan Informasi
·       Mencari data tentang negara-negara di dunia, misalnya:  negara jumlah penduduknya banyak atau sedikit, negara yang wilayahnya sangat luas atau tidak seberapa luasnya,  negara kaya atau miskin
·       Mendaftar  berbagai bentuk kerjasama dan solidaritas antar negara dalam bidang  sosial, pendidikan, kemanusiaan
·      Mencari dan mendalami ajaran Gereja tentang Allah sebagai Raja atas segala bangsa yang hendak menyelamatkan dan membahagiakan seluruh umat manusia di dunia serta menghimpun di dalam kerajanNya.

Mengasosiasi
·       Merumuskan  ajaran Kitab Suci tentang kehendak Allah untuk menyelamatkan seluruh  umat manusia  di dunia  dan menyatukan di dalam kerajaanNya.
·       Merumuskan pentingnya kerja sama antar bangsa-bangsa di dunia untuk memajukan peradaban dan mengatasi masalah-masalah kemanusiaan.
·     Merumuskan tindakan  yang akan dilakukan untuk ikut serta dalam karya keselamatan Tuhan dengan ikut serta mengatasi masalah-masalah kemanusiaan di seluruh dunia.

Mengomunikasikan
·     Mengungkapkan kesadaran dirinya sebagai bagian dari warga dunia melalui karangan, puisi atau doa untuk perdamaian umat manusia di dunia dan mempresentasikannya.
·     Menyanyikan lagu yang bertemakan solidaritas umat manusia di dunia.
Ikut terlibat dalam berbagai gerakan masyarakat dunia, seperti palang merah, pelestarian alam, penggalangan sumbangan untuk korban bencana


3.
Penutup
a.  Membuat rangkuman materi bersama siswa

1.      Refleksi
Peserta didik diminta merefleksikan hal-hal yang telah dipelajari
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
a. Sejauh mana hati saya tergerak mengetahui persoalan-persoalan
    yang melanda bumi ini?
b. Sejauh mana saya telah melaksanakan ajaran Gereja bahwa duka,
    kecemasan, dan harapan dunia merupakan duka, kecemasan,
    dan harapan saya?
c. Niat-niat apa yang akan saya lakukan sebagai warga dunia?

2.  Aksi
Hasil refleksi dapat disusun dalam bentuk puisi, syair, gambar, dan sebagainya.
3.Melaksanakan penilaian
4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada   per­temuan berikutnya.




E.       Penilaian

no
Aspek penilaian
Teknik
Waktu
1
Spriritual
observasi
Akhir Proses pembelajaran
2
Sosial
 penilaian sikap (observasi)
Akhir Proses pembelajaran
3
Pengetahuan
Tes tertulis lembar kerja
Akhir Proses pembelajaran
4
Ketrampilan


Produk
Akhir Proses pembelajaran

Instrumen Penilaian

Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik                       :
Nomor Urut/Kelas             :
Semester                             :
Tahun Pelajaran                 :
Hari/Tanggal Pengisian     :

Kompetensi Dasar : 1.3 Mensyukuri diri sebagai warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai
                                       keprihatinan yang ada.

Indikator Sikap :
1) Bersikap peduli terhadap keprihatinan warga dunia yang mengalami musibah.
2) Bersemangat dan mempelajari budaya bangsa lain.
3) Berdoa bagi warga dunia yang mengalami musibah dan keprihatinan lainnya.

Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan keadaan dirimu!

1.      Sikap spiritual
         
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Bersyukur atas bumi dan segala isinya




2
Mendoakan warga dunia yang mengalami bencana




3
Mendoakan agar terjadi kedamaian bagi warga dunia yang mengalami konflik




4
Bersyukur atas persahabatan dengan warga negara lain











Total skor





Skor akhir





Tuntas tidaktuntas





         Skor yang diperoleh x 100 = skor akhir
            Skor Maksimal
         
2.      Sikap sosial
         
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Menanam pohon untuk ikut melestarikan bumi




2
Tidak menangkap dan membunuh hewan yangdilindungi




3
Menggunakan air secukupnya




4
Tidak membuang dan membakar sampah sembarangan




5
Membantu warga dunia yang  terkena bencana





Total skor





Skor akhir





Tuntas tidaktuntas





         Skor yang diperoleh x 100 = skor akhir
            Skor Maksimal
         
3.      Penilaian pengetahuan
-          Teknik                  : Tes tertulis
-          Bentuk Instrumen : Uraian
-          Kisi-kisi

No
Kompetensi  Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
Skore
1
3.2.               Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia

A.    Aku Warga Dunia
3.2.1.  Menjelaskan arti  menjadi warga dunia.
3.2.2.  Menjelaskan beberapa persoalan yang  dihadapi masyarakat dunia.
3.2.3.  Menjelaskan bentuk-bentuk keterlibatan sebagai warga dunia untuk mengatasi persoalan dunia berdasarkan ajaran Gereja.

Jumlah Skore
Uraian


Uraian






Uraian












1


1






1









30


30






40













100


Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

  Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
     Skor maksimal


Tes tertulis

                           1.     Jelaskan apa artinya menjadi warga dunia ?
                           2.     Menjelaskan beberapa persoalan yang  dihadapi masyarakat dunia.
                           3.      Berdasarkan isi ajaran Gereja tersebut apa yang perlu dilakukan untuk bumi dan warga bumi ini ?

Kunci jawaban
                          1.      Arti sebagai warga dunia adalah : semua orang di dunia ini menjadi satu kesatuan yang diikat oleh satu tempat yakni dunia atau bumi.
                          2.      Persoalan yang dihadapi dunia antara lain :
-          Peperangan
-          Kelaparan
-          Bencana alam
-          Pengangguran
-          Wabah penyakit
                          3.      Berdasarkan ajaran Gereja yang perlu kita lakukan untuk bumi dan warga bumi antara lain :
Gereja ikut ambil bagian apa yang dialami bumi ini, terutama bagi yang menderita. Maksudnya adalah membantu mengatasi penderitaan. Jika bumi mengalami kerusakan, gereja bersama seluruh warga dunia membantu mengatasi kerusakan alam. Karena bila bumi dalam keadaan baik akam membuat penghuninya sehat dan sebaliknya.

4.       Penilaian Keterampilan :
Peserta didik diminta melakukan penghijauan disalah satu wilayah atau menggalang bantuan untuk korban bencana di negara lain, selanjutnya membuat laporan dan refleksi.

F.       Media/alat, Bahan dan SumberBelajar

Media/alat  : video/laptop dan LCD
Sumber       :
·           ajaran gereja kitab suci , foto kejadian alam
·           Kitab Suci: Mazmur  47:1-10
·           Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI
·           Komkat KWI.  Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
·           Pengalaman hidup peserta didik dan guru

Malang, ………………………
            Mengetahui                                                                
Kepala Sekolah                                                           Guru Pend. Agama Katolik



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar