PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(PRPP)
Sekolah : SDK
Santo Yusup 1 Malang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VI / I
Alokasi waktu : 9 JP (3 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1. Bersyukur sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
|
1.1.1 Bersyukur
sebagai warga negara Indonesia yang beranekaragam
|
|
2.1 Bertanggung
jawab sebagai
warga negara Indonesia dalam
keanekaragaman yang merupakan anugerah Allah
|
2.1.1 Bersikap hormat dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang
beranekaragam
2.1.2 Bertanggungjawab terhadap hak dan kewajiban
sebagai pelajar
|
|
3.1.
Memahami diri sebagai warga negara
Indonesia yang beraneka
ragam sebagai anugerah Allah
|
Materi 1
3.1.1 Menemukan data tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian,
pakaian adat, bahasa, agama, dan perbedaan lainnya
3.1.2 Menyebutkan
tentang dampak positif keanekaragaman
Bangsa Indonesia
3.1.3
Menyebutkan tentang
dampak negatif keanekaragaman Bangsa Indonesia
3.1.4 Menemukan
fakta
kehidupan masyarakat yang rukun walaupun berbeda suku, agama dan
perbedaan lainnya
3.1.5 Menjelaskan
pentingnya persatuan dalam keanekaragaman
Bangsa
Indonesia
3.1.6 Menyebutkan sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam
pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang beranekaragam yang sesuai
dengan ajaran Gereja
Materi 2
3.1.4. Menjelaskan tujuan
negara Indonesia.
3.1.5. Menyebutkan kewajiban-kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
3.1.6 Menyebutkan hak-hak sebagai warga negara
Indonesia.
3.1.7 Menjelaskan akibat negatif tidak
melaksanakan kewajiban
3.1.8 Menjelaskan
tindakan Yesus sebagai warga Negara.
3.1.9 Menjelaskan teladan Yesus
sebagai warga negara.
3.1.10 Menyebutkan cara
meneladan Yesus untuk menjadi warga negara yang baik.
3.1.11 Menyebutkan sikap sikap dan perilaku yang harus dikembangkan setiap warga
negara sesuai ajaran Kitab Suci dan Gereja
Materi 3
3.1.12 Menyebutkan hal yang
membanggakan Indonesia dimata dunia (sifat/karakter bangsa, kekayaan alam, peningggalan
budaya)
3.1.13 Menemukan informasi tentang latar belakang, maksud, sejarah
perkembangan tentang hal-hal yang
mengagumkan
3.1.14 Menjelaskan peran serta Tuhan dalam proses pengembangan dan terjadinya
hal-hal yang mengagumkan itu.
3.1.15 Menyebutkan sikap dan perilaku yang patut dikembangkan
sebagai ungkapan rasa syukur dan
kebanggan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban
bangsa Indonesia
|
|
4.1. Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan/
menuliskan refleksi/ puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki sebagai warga
Negara Indonesia yang beranekaragam
|
Materi 1
4.1.1 Membuat dan mempresentasikan
“motto” yang mengungkapkan tekad
untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
4.1.2 Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman.
Materi 2
4.1.3 Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada
setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya displaypada majalah dinding atau sejenisnya.
Materi 3
4.1.4 Membuat
kolase untuk menggambarkan keindahan Nusantara
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
1)
Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beranekaragam. Bangsa Indonesia
terdiri dari berbagai suku bangsa dengan bahasa dan adat-istiadat masing-masing
yang ribuan jumlahnya.
Dalam teks Kitab Suci (Maz 145:1-15) Daud mengajak bangsa Israel memuji dan
mengagungkan Tuhan karena berbagai pekerjaan besar yang telah dilakukan, misalnya:
- Membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir
- Membimbing bangsa Israel ke tanah terjanji
- Memberi makan setiap hari
- Memberi rahmat kepada setiap makhluk ciptaanNya
Kebhinekaan dan kesatuan Indonesia seperti diakui
oleh pendiri bangsa Indonesia ialah mujizat Allah. Indonesia yang Bhinneka
Tunggal Ika adalah karya Agung Tuhan: ribuan pulau, ratusan suku bangsa dan
bahasa daerah, dengan beraneka ragam adat istiadat, dapat bersatu sebagai
Indonesia, adalah karya agung Tuhan. Maka pantaslah kalau kita warga Indonesia memuji
dan meluhurkan bersyukur kepada Tuhan.
2)
Hak dan Kewajiban Sebagai Warga
Negara
Setiap negara didirikan dengan tujuan tertentu. Negara Indonesia, sebagaimana
termaktub dalam pembukaan UUD 1945, didirikan dengan tujuan: “ .....
melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan
untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi
dan keadilan sosial maka disusunlan Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam
suatu undang-undang dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam susunan negara
Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat …” .
Negara terselenggara dan mencapai tujuannya berkat partisipasi para warganya.
Partisipasi warga negara itu diatur dalam bentuk kewajiban sebagai warga
negara. Sebaliknya jika telah melaksanakan kewajiban, maka sebagai warga negara
Indonesia kita juga akan memperoleh hak-hak tertentu.
Yesus, sebagai warga negara menganjurkan membayar pajak, “Berikanlah kepada
Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang
wajib kamu berikan kepada Allah” (Matius 22:21). Bukan hanya menganjurkan Yesus
pun membayar pajak. “Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan” bagi
orag lain.
Demikian juga Gereja Indonesia menyatakan dengan tegas bahwa umat Katolik
di Indonesia adalah seratus persen warga negara Indonesia dan seratus persen
Katolik. Sebagai umat Katolik sebaiknyalah meneladan Yesus dan mengikuti ajakan
Gereja Indonesia untuk menaati apa yang menjadi kewajiban-kewajiban warga
negara Indonesia dengan itu seluruh rakyat Indonesia akan mendapatkan apa yang
menjadi haknya.
3)
Bangga dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
Banyak warga dunia tertarik akan
berbagai kekhasan daerah dan suku bangsa Indonesia, misalnya tarian , 13
kekayaan budaya dan alam Indonesia , 5 warisan karya budaya bukan benda.
Indonesia yang Bhinneka Tunggal
Ika adalah karya Agung Tuhan: ribuan pulau, ratusan suku bangsa dan bahasa
daerah, dengan beraneka ragam adat istiadat, dapat bersatu sebagai Indonesia,
adalah karya agung Tuhan.
Sebagai ungkapan rasa syukur dan kebanggaan atas karunia alam Nusantara dan
kemajuan peradaban bangsa Indonesia maka
perlu bersyukur, berdoa dan tetap melestarikan kekayaan bangsa Indonesia.
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Mencari
, membaca dan membuat refleksi atas Kisah nyata tentang permasalahan-permaslahan
dunia
3. Materi Pembelajaran Remidial
Materi 1: Pentingnya kesatuan dan persatuan berdasar ajaran Gereja
Materi 2: pesan dari ajaran
Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban
dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
Materi 3: cara mengungkapkan
rasa syukur dan kebanggan atas karunia
alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa
Indonesia
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Keanekaragaman dan Kesatuan
Bangsa Indonesia
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa,
misalnya:
Bapa
Tuhan kami.. kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan
pada kami sehingga pada hari ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa berkatilah
kami hari ini agar kami mampu mendengarkan sabdaMu melalui pelajaran agama hari
ini. Semoga kami boleh menjadi anak yang semakin baik. Demi Kristus dan
pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru
mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)
Dimana
kamu tinggal?
2)
Apa
yang kamu ketahui tentang bangsa Indonesia?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang akan dipelajari
hari ini yaitu tentang Keanekaragaman dan Kesatuan
Bangsa Indonesia
6)
Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
·
Mengamati
video tentang aneka ragam budaya Bangsa Indonesia . Video terlampir.
·
Mencari
tahu latar belakang kesukuan teman-teman satu kelas untuk melihat
keanekaragaman di antara mereka
No
|
Nama
|
Kesukuan
|
1
|
|
|
2
|
|
|
dst.
|
|
|
Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Menanya tentang :
·
Mengapa
negara Indonesia beranekaragam?
·
Apa
dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia?
·
Mengapa persatuan dan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia ?
·
Bagaimana
ajaran Gereja tentang sikap dan perilaku yang
perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa
Indonesia yang beranekaragam?
Mengumpulkan
Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah
informasi:
1)
data
tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian, pakaian adat, senjata,
agama, dan perbedaan lainnya
Jenis keragaman budaya
|
Daerah
|
|
Suku
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3
|
|
Tarian
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
Pakaian Adat
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
Bahasa
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
2)
dampak
positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
3)
fakta kehidupan masyarakat yang rukun walaupun
berbeda suku, agama dan perbedaan lainnya yang kalian temui (boleh di
lingkungan rumahmu, di gereja, maupun disekolah). Tulislah dalam cerita
singkat!
4)
Apa
yang diajarkan Gereja tentang kesatuan dalam keanekaragaman bangsa Indonesia
(1Kor 12:12-30)?
5)
Apa
perilaku yang
perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama bangsa
Indonesia yang beranekaragaman?
Mengasosiasi
·
Membandingkan
ajaran Gereja dengan kenyataan hidup di dalam masyarakat; mendukung hal-hal
yang sudah baik dan terus meningkatkannya, serta memperbaiki hal-hal yang
mengganggu kerukunan hidup di dalam keanekaragaman.
·
Merumuskan
sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam pergaulan dengan sesama
bangsa Indonesia yang beranekaragam
Mengomunikasikan
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas,
kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan
atas presentasi kelompok lain.
·
Membuat
dan mempresentasikan “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara
kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
Bersatu kita teguh,
Bercerai kita runtuh!
|
·
Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman, misalnya Bermacam-macam atau Satu Nusa, Satu Bangsa
Bermacam-macam
Bermacam-macam kita hadir di sini
tetapi kita satu
di dalam Tuhan, tidak ada yang hitam, tidak ada yang putih
kita bersaudara di dalam Dia
karna percaya
Yesus Tuhan, Yesus Tuhan
Mahakuasa
Alleluyaa .. Alleluya... 2x
c.
Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)
Bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
1.
Indonesia
memiliki keanekaragaman Bangsa Indonesia
dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2.
Kesatuan sangat penting dalam menghadapi keanekaragaman untuk mencegah perpecahan suatu negara atau konflik dan untuk
mencapai tujuan negara.
3.
Gereja menekankan bahwa segala pemerintahan dan yang terjadi dalam suatu
negara merupakan kasih karunia Allah.
4.
Kadangkala
pesan ajaran Gereja tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa
Indonesia.
2)
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)
Peserta
didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
Apakah aku bangga
menjadi bagsa Indonesia? Apa saja yang sudah akau lakukan untuk bangsaku? Apa
yang akan aku lakukan?
4)
Guru
meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)
Doa
Penutup
Guru memilih
salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya
Allah, ajarilah kami untuk mampu bersyukur. Bersyukur karena Engkau menciptakan
kami, bersyukur karena Engkau mengasihani kami, bersyukur karena Engkau selalu
menyertai kami. Ajarilah kami untuk mampu belajar dengan baik untuk menghormati
sesama kami dan menumbuhkan kebanggan bagi tanah air kami. Demi Kristus
pengantara kami. Amin.
6)
Tugas
minggu depan: Mengamati berbagai sarana atau
infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya jalan raya,
listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya
Pertemuan Materi Kedua: Hak dan Kewajiban Sebagai Warga
Negara
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa,
misalnya:
Bapa sumber
kehidupan, Engkau memberkati kami dan mengumpulkan kami untuk belajar bersama.
Semoga kami dapat belajar dengan baik berkat Roh Kudus yang dicurahkan kepada
kami. Kami serahkan diri kami ke dalam kuasa Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan
kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru
mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)
Apakah
kamu cinta negara Indonesia?
2)
Apa
buktinya?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang akan dipelajari
hari ini yaitu tentang Hak dan kewajiban sebagai warga
negara Indonesia
6)
Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran
(menggunakan 5M)
b.
Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
1)
Mengamati
video tentang orang-orang yang melaksanakan kewajiban dan haknya. Video
terlampir.
2)
Menceritakan
hasil pengamatan yang telah dilakukan selama perjalanan ke sekolah(tugas
pertemuan sebelumnya): mengamati berbagai
sarana atau infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya
jalan raya, listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya
Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Pertanyaan misalnya :
1)
Mengapa
melaksanakan kewajiban-kewajiban kita di
dalam kehidupan bersama penting?
2)
Apa
saja hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia?
3)
Apa
ada Kitab Suci yang berbicara mengenai kewajiban dan hak warga negara?
Mengumpulkan
Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah
informasi:
1)
tentang
hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan sebanyak 3-5!
2)
fakta
tentang pelaksanaan hak dan kewajiban yang ditemui di masyarakat : Bagaimana
pelaksanaan hak dan kewajiban dalam lingkungan masyarakat yang kamu jumpai?
3)
akibat
jika warga tidak melaksanakan kewajibannya
4)
Membaca Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan
hak setiap warga di dalam kehidupan bersama: Matius 17: 24-27 dan Matius 22: 15-22.
Temukan:
a. Apakah Yesus membayar pajak? Mengapa Yesus bersedia membayar pajak?
b. Apa yang dapat kita teladan dari Yesus
berhubungan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara?
Mengasosiasi
Mengomunikasikan
·
Menuliskan
dan melaporkan niat yang akan dilakukan
sebagai warga negara yang bertanggung
jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya
·
Membuat
karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga
untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya
selanjutnya display pada majalah dinding
atau sejenisnya
c.
Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)
Bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
-
Kewajiban
berarti segala sesuatu yang dianggap sebagai keharusan atau tanggungjawab yang
dilaksanakan untuk memperoleh hak.
-
Hak
berarti segala sesuatau yang harus didapat oleh setiap orang yang telah ada
sejak lahir maupun sebelum lahir.
-
Akibat
apabila tidak melaksanakan kewajiban adalah tidak mendapat hak, terkucil,
bahkan dihukum.
-
Saat
ditanya mengenai kewajibanNya membayar pajak kepada negara, Yesus menjawab
dengan tepat,“Berikan kepada kaisar apa yang menjadi hak kaisar dan berikan
kepada Allah apa yang menjadi hak Allah.”
-
Sebagai pengikut Kristus, kita wajib menjadi
warga negara yang taat dan kritis, sekaligus umat beragama yang taat pula.
-
Keterlibatan dalam hidup bernegara untuk membangun
kesejahteraan bersama sama nilainya dengan kebaktian pada Tuhan.
2)
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)
Peserta
didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
a. Apa kewajiban yang telah aku laksanakan?
b. Apa hak yang aku dapatkan sudah sesuai dengan kewajiban?
c.
Apa
yang akan aku lakukan untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban secara
seimbang?
4)
Guru
meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)
Doa
Penutup
Guru memilih
salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya
Allah, kami menyadari
bahwa kami adalah warga negara Indonesia. Kami bersyukur atas hal ini. semoga
dengan pelajaran pada hari ini kami dapat menjadi warga negara yang baik. Demi
Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.
Pertemuan Materi Ketiga: Bangga
dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan
pembelajaran dengan doa, misalnya:
Allah Bapa
Maha Pengasih, kami menghaturkan syukur atas karunia kehidupan yang Bapa
limpahkan kepada kami. Semoga dalam pelajaran agama ini membuat kami bersyukur
atas tanah air yang Engkau anugerahkan kepada kami. Kami serahkan diri kami ke
dalam kuasa Mu dengan perantaraan
Kristus Tuhan kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru
mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)
Apakah
kamu bangga sebagai warga negara Indonesia?
2)
Mengapa?
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang akan dipelajari
hari ini yaitu tentang Bangga
dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
6)
Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.
b.
Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
·
Mengamati gambar atau video
tentang perkembangan peradaban bangsa
Indonesia, kekayaan dan keindahan alam nusantara, peninggalan budaya dan
tradisi yang mengagumkan dunia dan patut dibanggakan
Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap gambar.
Pertanyaan misalnya :
1)
Apa saja hal-hal
yang mengagumkan dunia dan membuat kita sebagai bangsa yang hidup di
tanah air Indonesia ?
2)
Apakah yang
diajarkan Kitab Suci tentang alam nusantara ?
3)
Apa saja sikap dan
perilaku yang patut dikembangkan sebagai ungkapan syukur dan rasa tanggung
jawab untuk memelihara karunia Allah tersebut?
Mengumpulkan
Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah
informasi:
1)
hal-hal yang mengagumkan
dunia dan patut kita banggakan sebagai bangsa yang
hidup di tanah air Indonesia:
sifat/karakter bangsa:
kekayaan alam:
peningggalan budaya:
2)
tentang latar belakang, maksud, sejarah
perkembangan tentang hal-hal yang
mengagumkan itu
3)
Sejauh
mana peran serta Tuhan dalam proses pengembangan dan terjadinya hal-hal yang
mengagumkan itu?
4)
Membaca Kitab Suci dan
Gereja Suci tentang seruan untuk senantiasa
bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniakan tanah air yang kaya dan indah, serta berkat-Nya bagi pengembangan peradaban bangsa Indonesia.
Mengasosiasi
1)
Menemukan ajaran Kitab Suci
tentang karya penciptaan Tuhan dan penyertaan Tuhan dalam perkembangan
kehidupan dan peradaban manusia
2)
Merumuskan ajaran Kitab Suci tentang seruan untuk senantiasa bersyukur
kepada Allah yang telah mengaruniakan tanah air dan berkat-Nya bagi pengembangan peradaban bangsa Indonesia.
Merumuskan berbagai cara mengungkapkan rasa syukur
dan kebanggan atas karunia alam
Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa
Indonesia
Mengomunikasikan
·
Menyanyikan lagu
syukur atas alam Indonesia, misalnya Puji Syukur No. 707 (video terlampir)
·
Membuat kolase
untuk menggambarkan keindahan Nusantara
c.
Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)
Bersama
peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
-
Kekayaan
budaya bangsa Indonesia menjadikan Indonesia dikagumi dimata dunia.
-
hal-hal
yang mengagumkan dunia dan patut kita banggakan sebagai bangsa yang hidup di tanah
air Indonesia adalah sifat/karakter bangsa (ramah, sopan, suka membantu, dll),
kekayaan alam dan peningggalan budaya:
·
13 kekayaan budaya dan alam Indonesia telah diakui menjadi warisan dunia,
terdiri dari 4 warisan alam, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman
Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua dan
Warisan Hutan Hujan Tropis di Sumatra, khususnya di Taman Nasional Gunung
Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
·
4 warisan cagar budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan
(1991), Situs Prasejarah Sangiran (1996), dan lanskap budaya Provinsi Bali,
sistem Subak sebagai perwujudan Filosofi Tri Hita Karana (2012).
·
Serta 5 warisan karya budaya bukan benda, yaitu wayang
sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2003,
batik sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun
2009, angklung sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun
2010, Tari Saman sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun
2011 dan Noken sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun
2012.
-
Sebagai
ungkapan rasa syukur dan kebanggaan atas
karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa Indonesia maka perlu bersyukur, berdoa dan
tetap melestarikan kekayaan bangsa Indonesia.
2)
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)
Peserta
didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
a. Apakah aku bangga hidup di Indonesia?
b. Apa saja hal membanggakan dari tanah airku?
c. Apa usahaku untuk melestarikan budaya dan keanekaragaman
negeriku?
4)
Guru
meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)
Doa
Penutup
Guru memilih
salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya
Allah, kami bersyukur
atas penyertaanMu di dalam kegiatan belajar ini. Semoga kami lebih bangga
terhadap tanah air kami dan memiliki peran dalam membangun tanah air kami. Demi
Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.
E.
Penilaian Hasil
Belajar
1. Teknik
No
|
Aspek penilaian
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
Spriritual
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
2
|
Sosial
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
3
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis lembar kerj
|
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
|
4
|
Ketrampilan
|
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu tentang kesatuan)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
Produk (membuat motto dalam bentuk poster, membuat puisi, membuat kolase)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Sikap spiritual
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik :
Nomor Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran :
Hari/Tanggal Pengisian :
Kompetensi Dasar : 1.1 Bersyukur
sebagai warga negara Indonesia yang
beraneka ragam
Indikator Sikap :
1) Bersemangat terlibat dalam upacara bendera dan hari besar nasional.
2) Bersemangat dan menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia
3) Bersikap toleran serta bersahabat dengan semua orang di dalam ingkungannya
Berilah tanda centang (√) pada kolom
nomor yang sesuai dengan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Bersyukur atas tanah air
Indonesia
|
|
|
|
|
2
|
Bersyukur atas keanekaragaman
Indonesia
|
|
|
|
|
3
|
Bersyukur atas kesatuan bangsa
Indonesia
|
|
|
|
|
4
|
Mohon berkat atas niat-niat untuk mengembangkan keanekaragaman Indonesia
|
|
|
|
|
5
|
Belajar dengan tekun untuk mewujudkan
tujuan negara mencerdaskan kehidupan
bangsa sesuai ajaran agama
|
|
|
|
|
6
|
Menghormati lambang negara seturut ajaran
Agama
|
|
|
|
|
7
|
Taat pada aturan negara sesuai dengan
ajaran agama
|
|
|
|
|
8
|
Mengucap syukur atas bantuan negara untuk
berlangsungnya pendidikan
|
|
|
|
|
9
|
Mengucap syukur atas tersedianya fasilitas
Kesehatan
|
|
|
|
|
10
|
Mengasihi semua teman yang
beranekaragam suku, adat,
agama, dan bahasanya sebagai anugerah Tuhan
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.
b. Penilaian sikap sosial
Berilah tanda centang (√) pada kolom nomor yang sesuai
dengan keadaan dirimu!
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang berbeda suku
bangsa suku, agama, ras, dan adat istiadat
|
|
|
|
|
2
|
Memberi selamat kepada orang yang
merayakan hari raya agamanya, meskipun
berbeda agama
|
|
|
|
|
3
|
Mau belajar tari tradisional Indonesia
|
|
|
|
|
4
|
Bangga dengan produk luar dalam negeri
|
|
|
|
|
5
|
Mencintai seni budaya asli Indonesia
|
|
|
|
|
6
|
Mencintai alat musik tradisional Indonesia
|
|
|
|
|
7
|
Mau bekerjasama dengan semua orang
tanpa memandang perbedaan suku, ras,
dan agama
|
|
|
|
|
8
|
Menjunjung tinggi toleransi
|
|
|
|
|
9
|
Menghormati sesama warga negara yang
beragama lain
|
|
|
|
|
10
|
Taat pada aturan negara
|
|
|
|
|
11
|
Membantu teman yang mengalami kesukaran dalam belajar
|
|
|
|
|
12
|
Mengunjungi teman yang sakit
|
|
|
|
|
13
|
Berterima kasih pada guru
|
|
|
|
|
14
|
Menerima semua teman yang berbeda
|
|
|
|
|
15
|
Bangga terhadap aneka macam kesenian daerah di Indonesia
|
|
|
|
|
|
Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 15 = 60
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering
melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.
c. Penilaian Pengetahuan
No
|
Butir Soal
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
Sebutkanlah berbagai keanekaragaman yang ada di negara Indonesia!
Hal-hal apakah yang dapat membuat kita merasa bangga sebagai anak
Indonesia!
Sikap-sikap apakah yang seharusnya kita miliki sebagai anak-anak
Indonesia?
Keprihatinan-keprihatinan apa yang masih kita rasakan sebagai warga
negara Indonesia?
Jelaskan makna semboyan Bhineka Tunggal Ika!
Susunlah sebuah doa syukur kepada Allah yang telah menganugerahkan
kekayaan alam kepada negara kita!
Jelaskan tujuan negara Indonesia berdasarkan pembukaan UUD 1945
Jelaskan 3 kewajiban warga negara Indonesia berdasarkan pasal-pasal dalam
UUD 1945
Jelaskan 3 hak warga negara Indonesia berdasarkan pasalpasal dalam UUD
1945
Ceritakan kembali kisah Yesus membayar pajak (Matius 17:24-27) dan
menjawab pertanyaan orang farisi tentang membayar pajak
(Matius
22:15-22)
|
10
5
10
5
5
25
10
5
5
20
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
d . Penilaian keterampilan
1.
Membuat
motto dalam bentuk poster tentang kesatuan kemudian mempresentasikan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kreatifitas
|
|
|
|
|
2
|
Keindahan
|
|
|
|
|
3
|
Kebersihan
|
|
|
|
|
4
|
Presentasi
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
2.
Menyanyikan
lagu tentang kesatuan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penampilan
|
|
|
|
|
2
|
Artikulasi / vokal
|
|
|
|
|
3
|
Penghayatan
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan irama
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
3.
Membuat
karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga
untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya displaypada majalah
dinding atau sejenisnya.
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Bahasa
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian dengan tema
|
|
|
|
|
3
|
Kerapian
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
4.
Membuat
kolase untuk menggambarkan keindahan Nusantara
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kerapian
|
|
|
|
|
2
|
Kreatifitas
|
|
|
|
|
3
|
Keindahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal
3. Remidial dan Pengayaan
Program Remidial
Sekolah
:
Kelas/
Semester : VII/ 1
Mata
Pelajaran : PAK
Tanggal
Tes :
Bentu
soal Remidial : Uraian
Rencana
Remidial :
KKM :
No
|
Nama
|
Nilai
Ulangan
|
No
yang tidak dikuasai
|
Bentuk
Remidi
|
No
yang dikerjakan dalam remidial
|
Hasil
tes remidial
|
Ket
|
|
|
|
|
Diberikan penjelasan ulang
untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurangdari 20% yang remedial
diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan pendampingan
kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Program
Pengayaan
Sekolah
:
Kelas/
Semester :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan
Budi Pekerti
Tanggal
Tes :
Kompetensi Dasar :
No
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
|
|
|
Mencari , membaca
dan membuat refleksi atas Kisah nyata tentang permasalahan-permasalahan yang
terjadi di dunia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Media :
ü
Video keragaman budaya Indonesia
ü
Video tentang kewajiban individu
ü
Musik Instrumentalia
2.
Alat:
ü
Laptop
ü LCD
ü Speaker
ü Kertas A4
ü Pewarna atau spidol
ü lem
ü gambar-gambar
keindahan nusantara
3.
Sumber Pembelajaran
a)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014.
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas III. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
b)
Kitab Suci, khususnya teks Kitab
Mazmur 145:1-15; Kitab Suci: Mat 17:24-27; 22:15-22
d)
Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama
Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
e)
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan
Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
f) Pengalaman hidup peserta didik
dan guru berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara
g)
Video keragaman budaya Indonesia
h)
Video tentang kewajiban individu
|
|
Malang, ………………………
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Pend. Agama Katolik
Komentar
Posting Komentar