Langsung ke konten utama

PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)



PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)

Sekolah                                :    SDK Santo Yusup 1 Malang
Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                     :    VI / I
Alokasi waktu                      :    9 JP (3 x pertemuan)

A.      Kompetensi Inti

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                  
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1. Bersyukur  sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugerah Allah
1.1.1 Bersyukur  sebagai warga negara Indonesia yang beranekaragam

2.1 Bertanggung jawab  sebagai  warga negara Indonesia dalam keanekaragaman yang merupakan  anugerah Allah
2.1.1 Bersikap hormat dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang beranekaragam
2.1.2 Bertanggungjawab terhadap hak dan kewajiban sebagai pelajar


3.1.  Memahami diri sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam   sebagai anugerah Allah


Materi 1
3.1.1 Menemukan data tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian, pakaian adat, bahasa, agama, dan perbedaan lainnya
3.1.2  Menyebutkan tentang dampak positif keanekaragaman Bangsa Indonesia
3.1.3  Menyebutkan tentang dampak negatif keanekaragaman Bangsa Indonesia
3.1.4  Menemukan fakta  kehidupan masyarakat yang rukun walaupun berbeda suku, agama dan perbedaan lainnya
3.1.5  Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia
3.1.6 Menyebutkan sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang beranekaragam yang sesuai dengan ajaran Gereja

Materi 2
3.1.4. Menjelaskan tujuan negara Indonesia.
3.1.5. Menyebutkan kewajiban-kewajiban sebagai  warga negara Indonesia.
3.1.6 Menyebutkan hak-hak sebagai warga   negara Indonesia.
3.1.7 Menjelaskan akibat negatif tidak melaksanakan kewajiban
3.1.8 Menjelaskan  tindakan Yesus sebagai warga Negara.
3.1.9 Menjelaskan teladan Yesus sebagai warga  negara.
3.1.10 Menyebutkan cara meneladan Yesus untuk menjadi warga negara yang baik.
3.1.11 Menyebutkan sikap sikap dan perilaku yang harus dikembangkan setiap warga negara sesuai ajaran Kitab Suci dan Gereja

Materi 3
3.1.12 Menyebutkan hal yang membanggakan Indonesia  dimata dunia (sifat/karakter bangsa, kekayaan alam, peningggalan budaya)
3.1.13 Menemukan informasi tentang latar belakang, maksud, sejarah perkembangan tentang  hal-hal yang mengagumkan
3.1.14 Menjelaskan peran serta Tuhan dalam proses pengembangan dan terjadinya hal-hal yang mengagumkan itu.
3.1.15 Menyebutkan  sikap dan perilaku yang patut dikembangkan sebagai ungkapan rasa syukur dan  kebanggan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa  Indonesia


4.1.  Melakukan aktivitas (misalnya menceritakan/ menuliskan refleksi/ puisi) mengenai rasa bangga yang dimiliki sebagai warga Negara Indonesia yang beranekaragam

Materi 1
4.1.1 Membuat dan mempresentasikan “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
4.1.2 Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman.

Materi 2
4.1.3 Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya displaypada majalah dinding atau sejenisnya.

Materi 3
4.1.4 Membuat kolase untuk menggambarkan keindahan Nusantara



C.      Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
1)      Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa  Indonesia
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beranekaragam. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan bahasa dan adat-istiadat masing-masing yang ribuan jumlahnya.
Dalam teks Kitab Suci (Maz 145:1-15) Daud mengajak bangsa Israel memuji dan mengagungkan Tuhan karena berbagai pekerjaan besar yang telah dilakukan, misalnya:
- Membawa bangsa Israel keluar dari tanah mesir
- Membimbing bangsa Israel ke tanah terjanji
- Memberi makan setiap hari
- Memberi rahmat kepada setiap makhluk ciptaanNya
Kebhinekaan dan kesatuan Indonesia seperti diakui oleh pendiri bangsa Indonesia ialah mujizat Allah. Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika adalah karya Agung Tuhan: ribuan pulau, ratusan suku bangsa dan bahasa daerah, dengan beraneka ragam adat istiadat, dapat bersatu sebagai Indonesia, adalah karya agung Tuhan. Maka pantaslah kalau kita warga Indonesia memuji dan  meluhurkan bersyukur kepada Tuhan.

2)      Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara
Setiap negara didirikan dengan tujuan tertentu. Negara Indonesia, sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945, didirikan dengan tujuan: “ ..... melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlan Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu undang-undang dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat …” .
Negara terselenggara dan mencapai tujuannya berkat partisipasi para warganya. Partisipasi warga negara itu diatur dalam bentuk kewajiban sebagai warga negara. Sebaliknya jika telah melaksanakan kewajiban, maka sebagai warga negara Indonesia kita juga akan memperoleh hak-hak tertentu.
Yesus, sebagai warga negara menganjurkan membayar pajak, “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah” (Matius 22:21). Bukan hanya menganjurkan Yesus pun membayar pajak. “Tetapi supaya jangan kita menjadi batu sandungan” bagi orag lain.
Demikian juga Gereja Indonesia menyatakan dengan tegas bahwa umat Katolik di Indonesia adalah seratus persen warga negara Indonesia dan seratus persen Katolik. Sebagai umat Katolik sebaiknyalah meneladan Yesus dan mengikuti ajakan Gereja Indonesia untuk menaati apa yang menjadi kewajiban-kewajiban warga negara Indonesia dengan itu seluruh rakyat Indonesia akan mendapatkan apa yang menjadi haknya.

3)      Bangga dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
Banyak warga dunia tertarik akan berbagai kekhasan daerah dan suku bangsa Indonesia, misalnya tarian , 13 kekayaan budaya dan alam Indonesia , 5 warisan karya budaya bukan benda.
Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika adalah karya Agung Tuhan: ribuan pulau, ratusan suku bangsa dan bahasa daerah, dengan beraneka ragam adat istiadat, dapat bersatu sebagai Indonesia, adalah karya agung Tuhan.
Sebagai ungkapan rasa syukur dan  kebanggaan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa  Indonesia maka perlu bersyukur, berdoa dan tetap melestarikan kekayaan bangsa Indonesia.

2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Mencari , membaca dan membuat refleksi atas Kisah nyata tentang permasalahan-permaslahan dunia

3.      Materi Pembelajaran Remidial
Materi 1: Pentingnya kesatuan dan persatuan berdasar ajaran Gereja
Materi 2: pesan  dari ajaran Kitab Suci dan  Gereja  tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama.
Materi 3: cara mengungkapkan rasa syukur dan  kebanggan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa  Indonesia

D.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa  Indonesia
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)        Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa Tuhan kami.. kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan pada kami sehingga pada hari ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa berkatilah kami hari ini agar kami mampu mendengarkan sabdaMu melalui pelajaran agama hari ini. Semoga kami boleh menjadi anak yang semakin baik. Demi Kristus dan pengantara kami. Amin.

3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)    Dimana kamu tinggal?
2)    Apa yang kamu ketahui tentang bangsa Indonesia?

4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)        Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa  Indonesia
6)        Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
·        Mengamati video tentang aneka ragam budaya Bangsa Indonesia . Video terlampir.
·        Mencari tahu latar belakang kesukuan teman-teman satu kelas untuk melihat keanekaragaman di antara mereka
No
Nama
Kesukuan
1


2


dst.



Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Menanya tentang :
·        Mengapa negara Indonesia beranekaragam?
·        Apa dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia?
·        Mengapa persatuan dan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman Bangsa Indonesia ?
·        Bagaimana ajaran Gereja tentang sikap dan perilaku yang  perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama Bangsa Indonesia yang  beranekaragam?
Mengumpulkan Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah informasi:

1)      data tentang keanekaragaman bangsa Indonesia dari segi: suku, tarian, pakaian adat, senjata, agama, dan perbedaan lainnya
Jenis keragaman budaya
Daerah
Suku
1.


2.


3

Tarian
1.


2.


3.

Pakaian Adat
1.


2.


3.

Bahasa
1.


2.


3.


2)      dampak positif dan dampak negatif atas keanekaragaman Bangsa Indonesia
3)      fakta  kehidupan masyarakat yang rukun walaupun berbeda suku, agama dan perbedaan lainnya yang kalian temui (boleh di lingkungan rumahmu, di gereja, maupun disekolah). Tulislah dalam cerita singkat!
4)      Apa yang diajarkan Gereja tentang kesatuan dalam keanekaragaman bangsa Indonesia (1Kor 12:12-30)?
5)      Apa perilaku  yang  perlu dikembangkan dan dihindari dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang  beranekaragaman?

Mengasosiasi
·      Peserta didik merumuskan kesimpulan sebagai jawaban atas berbagai pertanyaan yang telah didiskusikan dalam kelompok :merumuskan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan di dalam keanekaragaman.
·      Membandingkan ajaran Gereja dengan kenyataan hidup di dalam masyarakat; mendukung hal-hal yang sudah baik dan terus meningkatkannya, serta memperbaiki hal-hal yang mengganggu kerukunan hidup di dalam keanekaragaman.
·      Merumuskan sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya di dalam pergaulan dengan sesama bangsa Indonesia yang beranekaragam

Mengomunikasikan
·        Setiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan kelas, kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atas presentasi kelompok lain.
·        Membuat dan mempresentasikan “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
Bersatu kita teguh,
Bercerai kita runtuh!
Contoh:









·        Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman, misalnya Bermacam-macam atau Satu Nusa, Satu Bangsa
Bermacam-macam

Bermacam-macam kita hadir di sini
tetapi kita satu
di dalam Tuhan, tidak ada yang hitam, tidak ada yang putih
kita bersaudara di dalam Dia
karna percaya
Yesus Tuhan, Yesus Tuhan
Mahakuasa

Alleluyaa .. Alleluya... 2x



c.       Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)         Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
                                                            1.      Indonesia memiliki keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
                                                            2.      Kesatuan sangat penting dalam menghadapi keanekaragaman untuk mencegah perpecahan suatu negara atau konflik dan untuk mencapai tujuan negara.
                                                            3.      Gereja menekankan bahwa segala pemerintahan dan yang terjadi dalam suatu negara merupakan kasih karunia Allah.
                                                            4.      Kadangkala pesan ajaran Gereja tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia.
2)         Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)         Peserta didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
Apakah aku bangga menjadi bagsa Indonesia? Apa saja yang sudah akau lakukan untuk bangsaku? Apa yang akan aku lakukan?
4)         Guru meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)         Doa Penutup
Guru memilih salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya Allah, ajarilah kami untuk mampu bersyukur. Bersyukur karena Engkau menciptakan kami, bersyukur karena Engkau mengasihani kami, bersyukur karena Engkau selalu menyertai kami. Ajarilah kami untuk mampu belajar dengan baik untuk menghormati sesama kami dan menumbuhkan kebanggan bagi tanah air kami. Demi Kristus pengantara kami. Amin.
6)         Tugas minggu depan: Mengamati berbagai sarana atau infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya jalan raya, listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya



Pertemuan Materi Kedua: Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)             Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)             Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa sumber kehidupan, Engkau memberkati kami dan mengumpulkan kami untuk belajar bersama. Semoga kami dapat belajar dengan baik berkat Roh Kudus yang dicurahkan kepada kami. Kami serahkan diri kami ke dalam kuasa Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)      Apakah kamu cinta negara Indonesia?
2)      Apa buktinya?
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)        Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia
6)        Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran (menggunakan 5M)

b.      Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
1)      Mengamati video tentang orang-orang yang melaksanakan kewajiban dan haknya. Video terlampir.
2)      Menceritakan hasil pengamatan yang telah dilakukan selama perjalanan ke sekolah(tugas pertemuan sebelumnya): mengamati berbagai sarana atau infrastruktur yang disediakan negara untuk masyarakat, misalnya jalan raya, listrik, air, jalur kereta, sekolah, dan sebagainya

Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Pertanyaan misalnya :
1)          Mengapa melaksanakan kewajiban-kewajiban  kita di dalam kehidupan bersama penting?
2)          Apa saja hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia?
3)          Apa ada Kitab Suci yang berbicara mengenai kewajiban dan hak warga negara?

Mengumpulkan Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah informasi:
1)      tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan sebanyak 3-5!
2)      fakta tentang pelaksanaan hak dan kewajiban yang ditemui di masyarakat : Bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban dalam lingkungan masyarakat yang kamu jumpai?
3)      akibat jika warga tidak melaksanakan kewajibannya
4)      Membaca  Kitab Suci dan Gereja tentang kewajiban dan hak setiap warga di dalam kehidupan bersama: Matius 17: 24-27 dan Matius 22: 15-22.
Temukan:
a. Apakah Yesus membayar pajak? Mengapa Yesus bersedia membayar pajak?
b. Apa yang dapat kita teladan dari Yesus berhubungan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara?



Mengasosiasi
·      Peserta didik merumuskan kesimpulan sebagai jawaban atas berbagai pertanyaan yang telah didiskusikan dalam kelompok :apa yang Yesus ajarkan sebagai warga negara Indonesia yang baik.
·      Merumuskan sikap dan perilaku yang akan dikembangkannya setiap warga negara sesuai ajaran Kitab Suci dan Gereja

Mengomunikasikan
·      Menuliskan dan melaporkan   niat yang akan dilakukan sebagai warga negara yang bertanggung  jawab dalam menjalankan hak dan kewajibannya
·      Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya display pada majalah dinding atau sejenisnya

c.       Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)      Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
-          Kewajiban berarti segala sesuatu yang dianggap sebagai keharusan atau tanggungjawab yang dilaksanakan untuk memperoleh hak.
-          Hak berarti segala sesuatau yang harus didapat oleh setiap orang yang telah ada sejak lahir maupun sebelum lahir.
-          Akibat apabila tidak melaksanakan kewajiban adalah tidak mendapat hak, terkucil, bahkan dihukum.
-          Saat ditanya mengenai kewajibanNya membayar pajak kepada negara, Yesus menjawab dengan tepat,“Berikan kepada kaisar apa yang menjadi hak kaisar dan berikan kepada Allah apa yang menjadi hak Allah.”
-          Sebagai pengikut Kristus, kita wajib menjadi warga negara yang taat dan kritis, sekaligus umat beragama yang taat pula.
-          Keterlibatan dalam hidup bernegara untuk membangun kesejahteraan bersama sama nilainya dengan kebaktian pada Tuhan.
2)      Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)      Peserta didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
a.       Apa kewajiban yang telah aku laksanakan?
b.      Apa hak yang aku dapatkan sudah sesuai dengan kewajiban?
c.       Apa yang akan aku lakukan untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang?
4)      Guru meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)      Doa Penutup
Guru memilih salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya Allah, kami menyadari bahwa kami adalah warga negara Indonesia. Kami bersyukur atas hal ini. semoga dengan pelajaran pada hari ini kami dapat menjadi warga negara yang baik. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.



Pertemuan Materi Ketiga: Bangga dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
a.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)             Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)             Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa, misalnya:
Allah Bapa Maha Pengasih, kami menghaturkan syukur atas karunia kehidupan yang Bapa limpahkan kepada kami. Semoga dalam pelajaran agama ini membuat kami bersyukur atas tanah air yang Engkau anugerahkan kepada kami. Kami serahkan diri kami ke dalam kuasa Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)      Apakah kamu bangga sebagai warga negara Indonesia?
2)      Mengapa?
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran hari ini dalam kehidupan sehari-hari.
5)        Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Bangga dan Bersyukur sebagai Bangsa Indonesia
6)        Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran.

b.      Kegiatan Inti ( 70 menit )
Mengamati
·         Mengamati gambar atau video tentang  perkembangan peradaban bangsa Indonesia, kekayaan dan keindahan alam nusantara, peninggalan budaya dan tradisi yang mengagumkan dunia dan patut dibanggakan

 
Menanya
Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap gambar.
Pertanyaan misalnya :
1)      Apa saja hal-hal yang mengagumkan dunia dan  membuat kita sebagai bangsa yang hidup di tanah air Indonesia ?
2)      Apakah yang diajarkan Kitab Suci tentang alam nusantara ?
3)      Apa saja sikap dan perilaku yang patut dikembangkan sebagai ungkapan syukur dan rasa tanggung jawab untuk memelihara karunia Allah tersebut?

Mengumpulkan Informasi
Gunakan berbagai sumber yang kalian miliki. Carilah informasi:
1)      hal-hal yang mengagumkan dunia dan patut kita banggakan sebagai bangsa yang hidup di tanah air Indonesia:
sifat/karakter bangsa:
kekayaan alam:
peningggalan budaya:
2)      tentang latar belakang, maksud, sejarah perkembangan tentang  hal-hal yang mengagumkan itu
3)      Sejauh mana peran serta Tuhan dalam proses pengembangan dan terjadinya hal-hal yang mengagumkan itu?
4)      Membaca  Kitab Suci dan Gereja Suci   tentang seruan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniakan tanah air yang  kaya dan indah, serta berkat-Nya bagi  pengembangan peradaban bangsa Indonesia.

Mengasosiasi
1)        Menemukan ajaran Kitab Suci tentang karya penciptaan Tuhan dan penyertaan Tuhan dalam perkembangan kehidupan dan peradaban manusia
2)        Merumuskan  ajaran Kitab Suci   tentang seruan untuk senantiasa bersyukur kepada Allah yang telah mengaruniakan tanah air dan berkat-Nya bagi  pengembangan peradaban bangsa Indonesia.
Merumuskan berbagai cara mengungkapkan rasa syukur dan  kebanggan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa  Indonesia

Mengomunikasikan
·       Menyanyikan lagu syukur atas alam Indonesia, misalnya Puji Syukur No. 707 (video terlampir)
·       Membuat kolase untuk menggambarkan keindahan Nusantara

c.       Kegiatan Penutup ( 25 menit )
1)      Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
-          Kekayaan budaya bangsa Indonesia menjadikan Indonesia dikagumi dimata dunia.
-          hal-hal yang mengagumkan dunia dan patut kita banggakan sebagai bangsa yang hidup di tanah air Indonesia adalah sifat/karakter bangsa (ramah, sopan, suka membantu, dll), kekayaan alam dan peningggalan budaya:
·         13 kekayaan budaya dan alam Indonesia telah diakui menjadi warisan dunia, terdiri dari 4 warisan alam, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua dan Warisan Hutan Hujan Tropis di Sumatra, khususnya di Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.
·         4 warisan cagar budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Prasejarah Sangiran (1996), dan lanskap budaya Provinsi Bali, sistem Subak sebagai perwujudan Filosofi Tri Hita Karana (2012).
·         Serta 5 warisan karya budaya bukan benda, yaitu wayang sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2003, batik sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2009, angklung sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2010, Tari Saman sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2011 dan Noken sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage tahun 2012.
-          Sebagai ungkapan rasa syukur dan  kebanggaan atas karunia alam Nusantara dan kemajuan peradaban bangsa  Indonesia maka perlu bersyukur, berdoa dan tetap melestarikan kekayaan bangsa Indonesia.
2)      Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)      Peserta didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
a.       Apakah aku bangga hidup di Indonesia?
b.      Apa saja hal membanggakan dari tanah airku?
c.       Apa usahaku untuk melestarikan budaya dan keanekaragaman negeriku?

4)      Guru meminta peserta didik melakuan penilaian diri untuk menilai sikap spiritual.
5)      Doa Penutup
Guru memilih salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya Allah, kami bersyukur atas penyertaanMu di dalam kegiatan belajar ini. Semoga kami lebih bangga terhadap tanah air kami dan memiliki peran dalam membangun tanah air kami. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

E.            Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik
No
Aspek penilaian
Teknik
Waktu
1
Spriritual
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
2
Sosial
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
3
Pengetahuan
Tes tertulis lembar kerj
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
4
Ketrampilan
Unjuk kerja (Menyanyikan lagu tentang kesatuan)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
Produk (membuat motto dalam bentuk poster, membuat puisi, membuat kolase)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi

2.   Instrumen Penilaian
a.         Sikap spiritual
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas           :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :

Kompetensi Dasar : 1.1 Bersyukur sebagai warga negara Indonesia  yang beraneka ragam
Indikator Sikap :
1) Bersemangat terlibat dalam upacara bendera dan hari besar nasional.
2) Bersemangat dan menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia
3) Bersikap toleran serta bersahabat dengan semua orang di dalam ingkungannya
Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1.
Bersyukur atas tanah air Indonesia




2
Bersyukur atas keanekaragaman Indonesia




3
Bersyukur atas kesatuan bangsa Indonesia




4
Mohon berkat atas niat-niat untuk mengembangkan keanekaragaman Indonesia




5
Belajar dengan tekun untuk mewujudkan
tujuan negara mencerdaskan kehidupan
bangsa sesuai ajaran agama




6
 Menghormati lambang negara seturut ajaran
Agama




7
 Taat pada aturan negara sesuai dengan
ajaran agama




8
 Mengucap syukur atas bantuan negara untuk
berlangsungnya pendidikan




9
 Mengucap syukur atas tersedianya fasilitas
Kesehatan




10
 Mengasihi semua teman yang
beranekaragam suku, adat, agama, dan bahasanya sebagai anugerah Tuhan





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 10 = 40
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering  melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

   b. Penilaian sikap sosial
Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan keadaan dirimu!
           
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang berbeda suku
bangsa suku, agama, ras, dan adat istiadat




2
Memberi selamat kepada orang yang
merayakan hari raya agamanya, meskipun
berbeda agama




3
Mau belajar tari tradisional Indonesia




4
Bangga dengan produk luar dalam negeri




5
Mencintai seni budaya asli Indonesia




6
Mencintai alat musik tradisional Indonesia




7
Mau bekerjasama dengan semua orang
tanpa memandang perbedaan suku, ras,
dan agama




8
Menjunjung tinggi toleransi




9
Menghormati sesama warga negara yang
beragama lain




10
Taat pada aturan negara




11
Membantu teman yang mengalami kesukaran dalam belajar




12
Mengunjungi teman yang sakit




13
Berterima kasih pada guru




14
Menerima semua teman yang berbeda




15
Bangga terhadap aneka macam kesenian daerah di Indonesia





Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas







Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 15 = 60
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

c. Penilaian Pengetahuan

No
Butir Soal

1.
2.
3.
4.

5.
6.

7.
8.

9.
10.
Sebutkanlah berbagai keanekaragaman yang ada di negara Indonesia!
Hal-hal apakah yang dapat membuat kita merasa bangga sebagai anak Indonesia!
Sikap-sikap apakah yang seharusnya kita miliki sebagai anak-anak Indonesia?
Keprihatinan-keprihatinan apa yang masih kita rasakan sebagai warga negara Indonesia?
Jelaskan makna semboyan Bhineka Tunggal Ika!
Susunlah sebuah doa syukur kepada Allah yang telah menganugerahkan kekayaan alam kepada negara kita!
Jelaskan tujuan negara Indonesia berdasarkan pembukaan UUD 1945
Jelaskan 3 kewajiban warga negara Indonesia berdasarkan pasal-pasal dalam UUD 1945
Jelaskan 3 hak warga negara Indonesia berdasarkan pasalpasal dalam UUD 1945
Ceritakan kembali kisah Yesus membayar pajak (Matius 17:24-27) dan menjawab pertanyaan orang farisi tentang membayar pajak
(Matius 22:15-22)
10
5
10
5

5
25

10
5

5
20

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

d . Penilaian keterampilan
1.      Membuat motto dalam bentuk poster tentang kesatuan kemudian mempresentasikan
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Kreatifitas




2
Keindahan




3
Kebersihan




4
Presentasi





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

2.      Menyanyikan lagu tentang kesatuan    

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Penampilan




2
Artikulasi / vokal




3
Penghayatan




4
Ketepatan irama





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

3.      Membuat karya seni berupa puisi, slogan, pantun yang berisi ajakan kepada setiap warga untuk setia melaksanakan hak dan kewajibannya selanjutnya displaypada majalah dinding atau sejenisnya.
No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Bahasa




2
Kesesuaian dengan tema




3
Kerapian





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

4.      Membuat kolase untuk menggambarkan keindahan Nusantara

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Kerapian




2
Kreatifitas




3
Keindahan











Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------  x 100 = skore akhir
Skor maksimal
3. Remidial dan Pengayaan
Program Remidial
Sekolah :
Kelas/ Semester : VII/ 1
Mata Pelajaran : PAK
Tanggal Tes :
Bentu soal Remidial : Uraian
Rencana Remidial :
KKM :

No
Nama
Nilai Ulangan
No yang tidak dikuasai
Bentuk Remidi
No yang dikerjakan dalam remidial
Hasil tes remidial
Ket




Diberikan penjelasan ulang untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurangdari 20% yang remedial diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan pendampingan kelompok
































Program Pengayaan
Sekolah              : 
Kelas/ Semester : 
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti
Tanggal Tes       :
Kompetensi Dasar :
No
Nama
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan



Mencari , membaca dan membuat refleksi atas Kisah nyata tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi di dunia











I. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media :
ü  Video keragaman budaya Indonesia
ü  Video tentang kewajiban individu
ü  Musik Instrumentalia

2. Alat:
ü  Laptop
ü  LCD
ü  Speaker
ü  Kertas A4
ü  Pewarna atau spidol
ü  lem
ü  gambar-gambar keindahan nusantara

3. Sumber Pembelajaran
a)      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas III. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b)      Kitab Suci, khususnya teks Kitab Mazmur 145:1-15; Kitab Suci: Mat 17:24-27; 22:15-22
c)      UUD 1945 dalam (http://www.mpr.go.id/pages/produk-mpr.)
d)      Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
e)      Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
f)       Pengalaman hidup peserta didik dan guru berkaitan dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara
g)      Video keragaman budaya Indonesia
h)      Video tentang kewajiban individu


    Malang, ………………………
            Mengetahui                                                                
Kepala Sekolah                                                           Guru Pend. Agama Katolik




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3