PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (PRPP)
Pendekatan
Saintifik
Sekolah : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran :
II. Yesus Kristus
Kelas/Semester :
VI / I
Alokasi waktu : 3 x pertemuan (12
Jam Pelajaran)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.4
Beriman pada Allah yang
menyelamatkan, dalam pribadi Yesus Kristus
|
1.4.1 Percaya kepada Allah yang telah menyelamatkan dalam
pribadi Yesus Kristus
|
2.4
Santun terhadap sesama melalui
kata-kata dan tindakan seperti yang diajarkan Yesus Kristus
|
2.4.1 Hormat
terhadap sesama melalui kata-kata dan tindakan seperti yang diajarkan Yesus
Kristus
|
|
3.4 Memahami karya keselamatan
Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
|
Materi 1
3.4.1 menjelaskan
alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah
dengan perumpamaan
3.4.2 menjelaskan kisah tentang Yesus
yang mengajarkan Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan
3.4.3 menyebutkan
kekhasan pengajaran Yesus
3.4.4 menjelaskan
sikap masyarakat
terhadap pewartaan Yesus
Materi 2
3.4.5. menjelaskan pentingnya keteladanan
3.4.6. menyebutkan
contoh pemimpin yang dapat
diteladani
3.4.7 menjelaskan
keteladanan Yesus
Materi 3
3.4.8 menyebutkan alasan
yang membuat seseorang dikagumi
3.4.9 menjelaskan alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
3.4.10 menyebutkan gelar-gelar Yesus
|
|
4.4 Melakukan aktifitas
(menuliskan refleksi/ puisi, dan sebagainya) tentang karya keselamatan Allah dalam diri Yesus
Kristus
|
Materi 1
4.4.1 Menghias
kutipan emas dari kitab suci yang membuat hidup bersemangat
Materi 2
4.4.2 Mengikuti
kegiatan rohani di lingkungan
Materi 3
4.4.3 Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku” dan mempresentasikan
|
C.
Materi
Pembelajaran
1)
Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Kata-Kata
a)
alasan Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
b) kisah tentang Yesus yang mengajarkan
Kerajaan Allah
melalui kata-kata/perumpaan
c)
kekhasan pengajaran Yesus
d) sikap masyarakat
terhadap pewartaan Yesus
2)
Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Tindakan
a)
pentingnya
keteladanan
b)
contoh pemimpin
yang dapat diteladani
c) keteladanan
Yesus
3)
Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
a)
alasan yang membuat
seseorang dikagumi
b) alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
c)
gelar-gelar Yesus
D.
Pendekatan/Metode
Pendekatan
Saintifik
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Kata-Kata
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)
Apersepsi
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Mengamati
kebiasaan yang dilakukan seseorang untuk membuat sesamanya percaya pada
dirinya
·
Mengamati kisah
Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan-perumpamaan
Menanya
·
Menanya tentang
berbagai cara untuk meyakinkan orang lain
·
Menanya sikap
yang muncul terhadap cara-cara yang dipakai orang untuk meyakinkan orang lain
·
Menanya alasan
Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
·
Menanya tentang kekhasan
kata-kata Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah
Mengumpulkan
Informasi
·
Menggali
informasi tentang berbagai macam cara meyakinkan orang lain dari segi
kelemahan dan keunggulannya
·
Menggali
pengalaman bahwa banyak cara untukmeyakinkan orang lain
·
Mencari dan
mendalami kisah tentang Yesus yang mengajarkan Kerajaan Allah
melalui kata-kata/perumpaan serta tanggapan
masyarakat pada saat itu kepadaNya
·
Mengidentifikasi kekhasan
pengajaran Yesus
Mengasosiasi
·
Mengungkapkan bahwa pengajaran itu penting agar orang
bia meyakini sesuatu
·
Menemukan hal yang mengagumkan dari cara Yesus mengajar
·
Menemukan sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus
·
Membandingkan sikap dirinya dalam menanggapi pengajaran
dibandingkan dengan sikap masyarakat dalam menanggapi penngajaran Yesus
Mengomunikasikan
·
Membangun niat
untuk bersikap mendengarkan terhadap pewartaan Gereja melalui pengajaran
agama dan kotbah
|
90 menit
|
3
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
·
titik pusat
pewartaan Yesus adalah Kerajaan Allah.
·
kerajaan Allah
adalah situasi dimana Allah meraja yaitu situasi damai sejahtera, penuh
kasih, adil dan sukacita.
·
alasan Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan karena melalui perumpamaan orang mudah mengerti
·
kekhasan pengajaran Yesus : menggunakan
perumpamaan atau cerita-cerita
·
sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus : banyak orang yang menerima
·
Kerajaan Allah
terpenuhi dalam diri Yesus.
b.
Refleksi :
·
Bagaimana sikapku terhadap ajaran Yesus?
·
Apakah aku juga mewartakan Yesus dalam tindakanku?
c.
Aksi : mengikuti kegiatan
rohani di lingkungan
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
tentang Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan tindakan
e.
Doa Penutup
|
40 menit
|
Pertemuan kedua : Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan Tindakan
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)
Apersepsi
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Menceritakan
pengalaman diri sendiri atau orang lain tentang pentingnya keteladanan selain
pengajaran, nasehat atau kata-kata
·
Menyimak kisah
seorang tokoh yang mempertobatkan banyak orang bukan dengan pengajaran,
melainkan dengan keteladanan
Menanya
·
Menanya tentang
pentingnya alasan orang lebih percaya pada keteladanan dibandingkan dengan
sekedar nasehat atau kata-kata
·
Menanya tentang
contoh pemimpin yang dapat diteladani
·
Menanya tentang
tanggapan masyarakat pada umumnya terhadap pemimpin yang menunjukkan kepaduan antara kata dan perbuatan
·
Menanya bagaimana keteladanan
Yesus (kesatuan antara ajaran dan perbuatan Yesus)
Mengumpulkan Informasi
·
Menampikan
contoh tokoh yang dalam melayani masyarakat tidak hanya melalui berbagai
nasehat atau ceramah, tapi membuktikan melalui teladan hidupnya
·
Menunjukkan dan
mendalami beberapa kisah Yesus yang mewartakan Kerajaan Allah melalui
perbuatan
Mengasosiasi
·
Menggali makna pewartaan Yesus melalui tindakan, makna
serta harapan Yesus terhadap masyarakat atas tindakanNya
·
Membandingkan
bagaimana kesesuaian perbuatan Yesus dengan kata-katanya dan kesesuaian perbuatan dan kata-kata pemimpin yahudi dan
pemimpin sekarang
·
Belajar
dari Yesus: sejauhmana kesesuaian perbuatan dan kata-kata para murid
Mengomunikasikan
·
Menuliskan refleksi
tentang tindakan Yesus sebagai tanda kehadiran Allah yang
menyelamatkan
|
90 menit
|
3
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü keteladanan atau tindakan sangat penting, karena
melalui tindakan orang dapat lebih dipercaya.
ü banyak contoh orang yang dapat diteladani , misal:
Yesus, Bunda Theresia dari Kalkuta, Mahatma Gandi, Joko Widodo, Basuki
Tjahya, dll.
ü
Yesus adalah tokoh
yang memberikan keteladanan dengan tindakan.
ü
Untuk membuat
orang percaya pada ajaran-Nya, Yesus membuat banyak
mukjizat.
ü
Contoh tindakan
yang dilakukan: menyentuh dan meraba.
b.
Refleksi :
ü
Apakah aku orang yang dapat dipercaya?
ü
Apa yang dapat aku lakukan untuk dapat dipercaya orang lain?
c.
Aksi : melakukan salah
satu tindakan baik di sekolah dan di rumah.
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
-
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
tentang Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah.
e.
Doa Penutup
|
40 menit
|
Pertemuan Ketiga: Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)
Menyiapkan
fisik dan psikis siswa.
2)
Doa
Pembukaan
Guru
mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)
Apersepsi
4)
Menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan
sehari-hari.
5)
Mengungkapkan materi yang
akan dipelajari hari ini yaitu
tentang Kesetiaan Allah.
6)
Menyampaikan
teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Mengamati
pemahaman bahwa kekaguman seseorang terhadap orang lain biasanya bersifat
utuh, tidak hanya berdasarkan unsur tertentu saja
·
Menceritakan
tentang teman atau Guru di sekolah ini
yang benar-benar dikagumi beserta penjelasan hal-hal apa yang dikagumi
tersebut
Menanya
·
Menanya hal-hal yang membuat seseorang dikagumi
·
Menanya alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
Mengumpulkan
Informasi
·
Mencari dan
menemukan kutipan Kitab Suci yang menggabarkan kekaguman para murid terhadap
pribadi Yesus
·
Mengumpulkan informasi tentang
arti gelar-gelar Yesus, misalnya: Anak Daud, Mesias, Anak Domba Allah, dsb.
Mengasosiasi
·
Menggali makna kutipan Kitab Suci berkaitan dengan kepribadian Yesus yang
mengagumkan
yang mewartakaan Kerajaan Allah
·
Merumuskan beberapa gelar yang menunjukkan kepribadian
Yesus yang mengagumkan
yang mewartakan Kerajaan Allah
Mengomunikasikan
·
Membuat karangan
dengan tema “Siapa Yesus bagiku” dan mempresentasikan
|
90 menit
|
3.
|
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.
Guru menyimpulkan materi
pelajaran bersama siswa.
ü
alasan yang membuat seseorang dikagumi biasanya karena pribadi yang
dipandang memiliki kebaikan, keistimewaan bakat, penampilan fisik,
keterampilan dalam bidang olah raga, kesenian, politik atau kepemimpinan,
kemanusiaan, kepandaian, dan lain-lain
ü
alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya: kebiasaan perkataan
dan perbuatan Yesus yang mengagumkan
ü
gelar-gelar Yesus:
a.
Yesus diberi gelar Mesias, karena perbuatan dan kata-kata Yesus dialami
sebagai yang membebaskan orang dari berbagai hal yang membatasi
b.
Yesus menyembuhkan segala penyakit dan menghidupkan orang mati, juga
dirasakan sebagai pembebasan. Dengan kata-kata dan perbuatan itu Yesus diberi
gelar Mesias, sang pembebas.
c.
Yesus diberi gelar anak domba Allah. Seperti anak domba Yesus
mengorbankan diri di salib. Pengorbanan Yesus itu dimaknai sebagai
pengampunan dosa yang menyelamatkan manusia.
d.
Gelar anak Daud: Allah berjanji pada Daud bahwa dari keturunannya akan
lahir Mesias.
e.
Masih banyak lagi gelar yang menunjukkan siapa Yesus, seperti, nabi
besar, guru,Gembala, dll.
b.
Refleksi :
Apa yang membuat orang mengagumi saya?
Apa yang dapat saya lakukan untuk meneladan Yesus?
c.
Aksi : Pergi ke Gereja
d.
Kegiatan guru :
- Penilaian
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya tentang Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan
apostolik
e.
Doa Penutup
|
40 menit
|
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik
No
|
Aspek penilaian
|
Teknik
|
Waktu
|
1
|
Spriritual
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
2
|
Sosial
|
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
|
Akhir KD
|
3
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis lembar kerja
|
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
|
4
|
Ketrampilan
|
Unjuk kerja (menghias kutipan emas dari kitab suci yang membuat
hidup semangat, Membuat karangan dengan tema “Siapa
Yesus bagiku”
dan mempresentasikan)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
Proyek Kerja (Mengikuti kegiatan
Rohani)
|
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Sikap spiritual
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi Dasar : 1.4.1 Percaya kepada Allah yang telah menyelamatkan
dalam pribadi Yesus Kristus
Indikator Sikap
:
1) Percaya pada Yesus Kristus
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Rajin ke gereja
|
||||
2
|
Membaca
Kitab Suci
|
||||
3
|
Berdoa
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 3 = 12
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu,
apabila selalu sesuai pernyataan.
b. Penilaian sikap sosial
Lembar
Penilaian Diri
Nama Peserta
Didik :
Nomor
Urut/Kelas :
Semester :
Tahun Pelajaran
:
Hari/Tanggal
Pengisian :
Kompetensi
Dasar : 2.4.1 Hormat terhadap sesama melalui kata-kata dan tindakan
seperti yang diajarkan Yesus Kristus
Indikator Sikap
:
1)
Bersikap pemaaf
2)
Jujur
3)
Berteman dengan siapapun
Berilah tanda centang (√) pada kolom nomor yang sesuai
dengan
No
|
Uraian
|
Melakukan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya melibatkan diri dalam
mewartakan
Kerajaan Allah
|
||||
2
|
Saya belajar untuk memperbaiki
katakata,
sikap dan perilaku, sebagai
upaya
turut serta dalam mewujudkan
Kerajaan
Allah
|
||||
3
|
Saya memaafkan teman yang
bersalah
kepada saya
|
||||
4
|
Saya melakukan kebaikan
sebagaimana
yang diteladankan Yesus
|
||||
5
|
Saya termasuk anak yang setia
kepada
janji
|
||||
6
|
Saya seorang pribadi yang
disukai
banyak teman
|
||||
7
|
Saya terbuka untuk berteman
dengan
teman yang berbeda suku dan
agama
|
||||
8
|
Karena Tuhan mengasihi saya,
maka
saya pun mengasihi teman dan
semua orang
|
||||
Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 8 = 32
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Keterangan:
1. Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2.
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering,
apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu,
apabila selalu sesuai pernyataan.
c. Penilaian Pengetahuan
Ø Teknik
: Tes tertulis
Ø Bentuk
Instrumen : Uraian
Ø Kisi-kisi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Jumlah Soal
|
1
|
3.4 Memahami karya keselamatan
Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus
|
Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan kata-kata
Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan tindakan
Seluruh
pribadi Yesus mewartakan Kerajaan Allah
|
Materi 1
3.4.1
menjelaskan alasan Yesus mewartakan Kerajaan
Allah dengan perumpamaan
3.4.2 menjelaskan kisah tentang Yesus
yang mengajarkan Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan
3.4.3 menyebutkan
kekhasan pengajaran Yesus
3.4.4 menjelaskan
sikap masyarakat
terhadap pewartaan Yesus
Materi 2
3.4.5. menjelaskan pentingnya keteladanan
3.4.6. menyebutkan contoh pemimpin yang dapat
diteladani
3.4.7 menjelaskan
keteladanan Yesus
Materi 3
3.4.8 menyebutkan alasan
yang membuat seseorang dikagumi
3.4.9 menjelaskan alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
3.4.10 menyebutkan gelar-gelar Yesus
|
uraian
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
Ø Soal
1)
Mengapa Yesus
mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
2)
Apa kekhasan
pengajaran Yesus ?
3)
Bagaimana sikap
masyarakat terhadap pewartaan Yesus ?
4)
Apa pentingnya
keteladanan?
5)
Tuliskan 3 contoh
pemimpin yang dapat diteladani !
6)
Apa contoh keteladanan
Yesus?
7)
Apa yang membuat seseorang
dapat dikagumi?
8)
Mengapa pribadi
Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya?
9)
Tuliskan 3 gelar-gelar Yesus!
Ø Jawaban
1)
Melalui
perumpamaan atau cerita murid Yesus mudah mengerti
2)
Menggunakan
perumpamaan
3)
sikap masyarakat
terhadap pewartaan Yesus adalah menerima
4)
Keteladanan sangat
penting karena melalui keteladanan orang mudah dipercaya.
5)
Contoh orang yang dapat
diteladani , misal: Yesus, Bunda Theresia dari Kalkuta, Mahatma Gandi, Joko
Widodo, Basuki Tjahya, dll
6) Contoh keteladanan Yesus: membayar pajak, berdoa sebelum bekerja, beroda di rumah
ibadat.
7) alasan yang membuat seseorang
dikagumi biasanya karena pribadi yang dipandang memiliki kebaikan, keistimewaan
bakat, penampilan fisik, keterampilan dalam bidang olah raga, kesenian, politik
atau kepemimpinan, kemanusiaan, kepandaian, dan lain-lain
8) alasan pribadi Yesus dikagumi
oleh murid-murid-Nya: kebiasaan perkataan dan perbuatan Yesus yang mengagumkan
9) gelar-gelar Yesus:
a.
Yesus diberi gelar Mesias, karena perbuatan dan kata-kata Yesus dialami
sebagai yang membebaskan orang dari berbagai hal yang membatasi
b.
Yesus menyembuhkan segala penyakit dan menghidupkan orang mati, juga
dirasakan sebagai pembebasan. Dengan kata-kata dan perbuatan itu Yesus diberi
gelar Mesias, sang pembebas.
c.
Yesus diberi gelar anak domba Allah. Seperti anak domba Yesus mengorbankan
diri di salib. Pengorbanan Yesus itu dimaknai sebagai pengampunan dosa yang
menyelamatkan manusia.
d.
Gelar anak Daud: Allah berjanji pada Daud bahwa dari keturunannya akan
lahir Mesias.
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 100
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
d . Penilaian keterampilan
Materi 1
4.4.1 Menghias
kutipan emas dari kitab suci yang membuat hidup bersemangat
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Keindahan
|
25
|
2
|
Kerapian
|
25
|
3
|
Kreativitas
|
25
|
4
|
Bahasa
|
25
|
Petunjuk Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Materi 2
4.4.2 Mengikuti
kegiatan rohani di lingkungan
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Perencanaan
|
25
|
2
|
Pelaksanaan
|
50
|
3
|
Evaluasi
|
25
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 5 x 4 = 20
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
Materi 3
4.4.3
Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku” dan mempresentasikan
No
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Kerapian
|
25
|
2
|
Kesesuaian
dengan tema
|
25
|
3
|
Bahasa
|
25
|
4
|
Jalan
Cerita
|
25
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus:
Skor yang diperoleh
------------------------------ x
100 = skore akhir
Skor maksimal
3. Remidial dan
Pengayaan
Program
Remidial
Sekolah
:
Kelas/
Semester : VI/ 1
Mata
Pelajaran : PAK
Tanggal
Tes :
Bentu
soal Remidial : Uraian
Rencana
Remidial :
KKM
:
No
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
No yang tidak
dikuasai
|
Bentuk Remidi
|
No yang dikerjakan
dalam remidial
|
Hasil tes remidial
|
Ket
|
Diberikan
penjelasan ulang untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurangdari 20%
yang remedial diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan
pendampingan kelompok
|
|||||||
Program
Pengayaan
Sekolah
:
Kelas/
Semester :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan
Budi Pekerti
Tanggal
Tes :
Kompetensi
Dasar :
No
|
Nama
|
Nilai Ulangan
|
Bentuk Pengayaan
|
Mencari , membaca
kisah tentang MATERI SELANJUTNYA
|
|||
I. Media,
Alat, Sumber Pembelajaran
1.
Media :
ü
Video tentang
perumpamaan
2.
Alat:
ü
Laptop
ü LCD
ü Speaker
3.
Sumber Pembelajaran
a) Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VI. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b) Kitab Suci, khususnya teks Yes 11:1-11;
52:13-15; 53:1-12; Amos 1-6
c)
Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas
VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
d)
Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk
SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
e) Pengalaman hidup peserta didik
dan guru
Malang,
………………………
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Pend. Agama Katolik
Comments
Post a Comment