ariririta.com

Kamis, 25 Agustus 2016

PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)



PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PRPP)
Pendekatan Saintifik

Sekolah                                :    SD
Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Pelajaran                               :    II. Yesus Kristus
Kelas/Semester                     :    VI / I
Alokasi waktu                      :    3 x pertemuan (12 Jam Pelajaran)

A.      Kompetensi Inti

KI 1    :    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2    :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3    :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
                  
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.4  Beriman pada Allah yang menyelamatkan,  dalam  pribadi Yesus Kristus
1.4.1 Percaya kepada Allah yang telah menyelamatkan dalam pribadi Yesus Kristus

2.4 Santun terhadap sesama melalui kata-kata dan tindakan seperti yang diajarkan Yesus Kristus
2.4.1 Hormat terhadap sesama melalui kata-kata dan tindakan seperti yang diajarkan Yesus Kristus


3.4 Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus


Materi 1
3.4.1 menjelaskan alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
3.4.2 menjelaskan kisah tentang Yesus yang mengajarkan  Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan  
3.4.3 menyebutkan kekhasan pengajaran Yesus 
3.4.4 menjelaskan sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus

Materi 2
3.4.5. menjelaskan pentingnya keteladanan
3.4.6. menyebutkan contoh pemimpin yang dapat diteladani
3.4.7 menjelaskan keteladanan Yesus

Materi 3
3.4.8 menyebutkan alasan yang membuat seseorang dikagumi
3.4.9 menjelaskan alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
3.4.10 menyebutkan gelar-gelar Yesus



4.4 Melakukan aktifitas (menuliskan refleksi/ puisi, dan sebagainya)  tentang   karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus


Materi 1
4.4.1 Menghias kutipan emas dari kitab suci yang membuat hidup bersemangat

Materi 2
4.4.2 Mengikuti kegiatan rohani di lingkungan

Materi 3
4.4.3 Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku”  dan mempresentasikan


C.      Materi Pembelajaran
1)      Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Kata-Kata
a)      alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
b)      kisah tentang Yesus yang mengajarkan  Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan  
c)      kekhasan pengajaran Yesus 
d)      sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus

2)      Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Tindakan
a)      pentingnya keteladanan
b)      contoh pemimpin yang dapat diteladani
c)      keteladanan Yesus

3)      Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
a)      alasan yang membuat seseorang dikagumi
b)      alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
c)      gelar-gelar Yesus

D.      Pendekatan/Metode
Pendekatan Saintifik

E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Materi Pertama: Yesus Mewartakan Kerajaan Allah dengan Kata-Kata

No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)        Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)        Apersepsi
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati
·    Mengamati kebiasaan yang dilakukan seseorang untuk membuat sesamanya percaya pada dirinya
·    Mengamati kisah Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan-perumpamaan

Menanya
·       Menanya tentang berbagai cara untuk meyakinkan orang lain
·       Menanya sikap yang muncul terhadap cara-cara yang dipakai orang untuk meyakinkan orang lain
·       Menanya alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
·       Menanya tentang kekhasan kata-kata Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah

Mengumpulkan Informasi
·      Menggali informasi tentang berbagai macam cara meyakinkan orang lain dari segi kelemahan dan keunggulannya
·      Menggali pengalaman bahwa banyak cara untukmeyakinkan orang lain
·      Mencari dan mendalami kisah tentang Yesus yang mengajarkan  Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan  serta tanggapan masyarakat pada saat itu kepadaNya
·      Mengidentifikasi kekhasan pengajaran Yesus

Mengasosiasi
·      Mengungkapkan bahwa pengajaran itu penting agar orang bia meyakini sesuatu
·      Menemukan hal yang mengagumkan dari cara Yesus mengajar
·      Menemukan sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus
·      Membandingkan sikap dirinya dalam menanggapi pengajaran dibandingkan dengan sikap masyarakat dalam menanggapi penngajaran Yesus

Mengomunikasikan
·      Membangun niat untuk bersikap mendengarkan terhadap pewartaan Gereja melalui pengajaran agama dan kotbah
·      Menuliskan  kata-kata Yesus dalam Kitab Suci yang membuatnya bersemangat hidup  dan mesharingkan tulisan itu beserta alasannya.
90 menit
3
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.       Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
·         titik pusat pewartaan Yesus adalah Kerajaan Allah.
·         kerajaan Allah adalah situasi dimana Allah meraja yaitu situasi damai sejahtera, penuh kasih, adil dan sukacita.
·         alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan karena melalui perumpamaan orang mudah mengerti
·         kekhasan pengajaran Yesus  : menggunakan perumpamaan atau cerita-cerita
·         sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus : banyak orang yang menerima
·         Kerajaan Allah terpenuhi dalam diri Yesus.

b.      Refleksi  :
·         Bagaimana sikapku terhadap ajaran Yesus?
·         Apakah aku juga mewartakan Yesus dalam tindakanku?

c.       Aksi  : mengikuti kegiatan rohani di lingkungan                   
d.      Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan tindakan
e.       Doa Penutup

40 menit

Pertemuan kedua : Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan Tindakan
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)         Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)        Apersepsi
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2
Kegiatan Inti:
Mengamati
·    Menceritakan pengalaman diri sendiri atau orang lain tentang pentingnya keteladanan selain pengajaran, nasehat atau kata-kata
·    Menyimak kisah seorang tokoh yang mempertobatkan banyak orang bukan dengan pengajaran, melainkan dengan keteladanan

Menanya
·      Menanya tentang pentingnya alasan orang lebih percaya pada keteladanan dibandingkan dengan sekedar  nasehat atau kata-kata
·      Menanya tentang contoh pemimpin yang dapat diteladani
·      Menanya tentang tanggapan masyarakat pada umumnya terhadap pemimpin yang menunjukkan kepaduan antara kata dan perbuatan
·      Menanya bagaimana keteladanan Yesus (kesatuan antara ajaran dan perbuatan Yesus)

Mengumpulkan Informasi
·      Menampikan contoh tokoh yang dalam melayani masyarakat tidak hanya melalui berbagai nasehat atau ceramah, tapi membuktikan melalui teladan hidupnya
·      Menunjukkan dan mendalami beberapa kisah Yesus yang mewartakan Kerajaan Allah melalui perbuatan

Mengasosiasi
·      Menggali makna pewartaan Yesus melalui tindakan, makna serta harapan Yesus terhadap masyarakat atas tindakanNya
·      Membandingkan bagaimana kesesuaian perbuatan Yesus dengan kata-katanya dan kesesuaian  perbuatan dan kata-kata pemimpin yahudi dan pemimpin sekarang 
·      Belajar dari Yesus: sejauhmana kesesuaian perbuatan dan kata-kata para murid

Mengomunikasikan
·      Menuliskan refleksi  tentang tindakan Yesus sebagai tanda kehadiran Allah yang menyelamatkan

90 menit
3
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.        Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  keteladanan atau tindakan sangat penting, karena melalui tindakan orang dapat lebih dipercaya.
ü  banyak contoh orang yang dapat diteladani , misal: Yesus, Bunda Theresia dari Kalkuta, Mahatma Gandi, Joko Widodo, Basuki Tjahya, dll.
ü  Yesus adalah tokoh yang memberikan keteladanan dengan tindakan.
ü  Untuk membuat orang percaya pada ajaran-Nya, Yesus membuat banyak mukjizat.
ü  Contoh tindakan yang dilakukan: menyentuh dan meraba.

b.    Refleksi  :
ü  Apakah aku orang yang dapat dipercaya?
ü  Apa yang dapat aku lakukan untuk dapat dipercaya orang lain?

c.    Aksi  : melakukan salah satu tindakan baik di sekolah dan di rumah.
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
    - Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah.

e.    Doa Penutup

40 menit

Pertemuan Ketiga: Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
No
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit )
1)         Menyiapkan fisik dan psikis siswa.
2)        Doa Pembukaan
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan doa
3)        Apersepsi
4)        Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai dan tujuan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
5)     Mengungkapkan  materi yang  akan dipelajari hari ini yaitu  tentang  Kesetiaan Allah.
6)     Menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran
10 menit
2.
Kegiatan Inti:
Mengamati
·      Mengamati pemahaman bahwa kekaguman seseorang terhadap orang lain biasanya bersifat utuh, tidak hanya berdasarkan unsur tertentu saja
·      Menceritakan tentang  teman atau Guru di sekolah ini yang benar-benar dikagumi beserta penjelasan hal-hal apa yang dikagumi tersebut

Menanya
·      Menanya hal-hal yang membuat seseorang dikagumi
·      Menanya alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya

Mengumpulkan Informasi
·     Mencari dan menemukan kutipan Kitab Suci yang menggabarkan kekaguman para murid terhadap pribadi Yesus
·     Mengumpulkan informasi tentang arti gelar-gelar Yesus, misalnya: Anak Daud, Mesias, Anak Domba Allah, dsb.

Mengasosiasi
·      Menggali makna kutipan Kitab Suci berkaitan dengan kepribadian Yesus yang mengagumkan yang mewartakaan Kerajaan Allah
·      Merumuskan beberapa gelar yang menunjukkan kepribadian Yesus yang mengagumkan yang mewartakan Kerajaan Allah

Mengomunikasikan
·      Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku”  dan mempresentasikan

90 menit
3.
Penutup
Kegiatan guru bersama siswa :
a.        Guru menyimpulkan materi pelajaran bersama siswa.
ü  alasan yang membuat seseorang dikagumi biasanya karena pribadi yang dipandang memiliki kebaikan, keistimewaan bakat, penampilan fisik, keterampilan dalam bidang olah raga, kesenian, politik atau kepemimpinan, kemanusiaan, kepandaian, dan lain-lain
ü  alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya: kebiasaan perkataan dan perbuatan Yesus yang mengagumkan
ü  gelar-gelar Yesus:
a.       Yesus diberi gelar Mesias, karena perbuatan dan kata-kata Yesus dialami sebagai yang membebaskan orang dari berbagai hal yang membatasi
b.      Yesus menyembuhkan segala penyakit dan menghidupkan orang mati, juga dirasakan sebagai pembebasan. Dengan kata-kata dan perbuatan itu Yesus diberi gelar Mesias, sang pembebas.
c.       Yesus diberi gelar anak domba Allah. Seperti anak domba Yesus mengorbankan diri di salib. Pengorbanan Yesus itu dimaknai sebagai pengampunan dosa yang menyelamatkan manusia.
d.      Gelar anak Daud: Allah berjanji pada Daud bahwa dari keturunannya akan lahir Mesias.
e.       Masih banyak lagi gelar yang menunjukkan siapa Yesus, seperti, nabi besar, guru,Gembala, dll.

b.    Refleksi  :
Apa yang membuat orang mengagumi saya?
Apa yang dapat saya lakukan untuk meneladan Yesus?

c.    Aksi  : Pergi ke Gereja
                         
d.    Kegiatan guru :
-  Penilaian
-  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mencapai kompetensi sebagaimana yang diinginkan.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan  berikutnya tentang  Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan apostolik

e.    Doa Penutup

40 menit


F.            Penilaian Hasil Belajar
1.   Teknik
No
Aspek penilaian
Teknik
Waktu
1
Spriritual
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
2
Sosial
Penilaian diri, penilaian sikap (observasi)
Akhir KD
3
Pengetahuan
Tes tertulis lembar kerja
Akhir pembelajaran dalam 1 KD
4
Ketrampilan
Unjuk kerja (menghias kutipan emas dari kitab suci yang membuat hidup semangat, Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku”  dan mempresentasikan)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi
Proyek Kerja (Mengikuti kegiatan Rohani)
Akhir pembelajaran dalam 1 materi


2.   Instrumen Penilaian
a.         Sikap spiritual
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas           :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :

Kompetensi Dasar : 1.4.1 Percaya kepada Allah yang telah menyelamatkan dalam pribadi Yesus Kristus
Indikator Sikap :
1)      Percaya pada Yesus Kristus

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1.
Rajin ke gereja




2
Membaca Kitab Suci




3
Berdoa





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 3 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering  melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.


   b. Penilaian sikap sosial
Lembar Penilaian Diri
Nama Peserta Didik         :
Nomor Urut/Kelas           :
Semester                          :
Tahun Pelajaran               :
Hari/Tanggal Pengisian   :
Kompetensi Dasar            : 2.4.1 Hormat terhadap sesama melalui kata-kata dan tindakan seperti yang diajarkan Yesus Kristus

Indikator Sikap :
1)      Bersikap pemaaf
2)      Jujur
3)      Berteman dengan siapapun

Berilah tanda centang () pada kolom nomor yang sesuai dengan

No
Uraian
Melakukan
1
2
3
4
1
Saya melibatkan diri dalam mewartakan
Kerajaan Allah





2
Saya belajar untuk memperbaiki katakata,
sikap dan perilaku, sebagai upaya
turut serta dalam mewujudkan Kerajaan
Allah





3
Saya memaafkan teman yang bersalah
kepada saya





4
Saya melakukan kebaikan sebagaimana
yang diteladankan Yesus





5
Saya termasuk anak yang setia kepada
janji





6
Saya seorang pribadi yang disukai
banyak teman





7
Saya terbuka untuk berteman dengan
teman yang berbeda suku dan agama





8
Karena Tuhan mengasihi saya, maka
saya pun mengasihi teman dan
semua orang





Total skor
Skor akhir
Tuntas/tidak tuntas





Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 8 = 32
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Keterangan:
1. Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
2. Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan tidak sering melakukan.
3. Sering, apabila sering sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan.
4. Selalu, apabila selalu sesuai pernyataan.

c. Penilaian Pengetahuan
Ø  Teknik                           : Tes tertulis
Ø  Bentuk Instrumen          : Uraian
Ø  Kisi-kisi

No
Kompetensi  Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Jumlah Soal
1
3.4 Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus

Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan kata-kata
















Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan tindakan







Seluruh pribadi Yesus mewartakan Kerajaan Allah

Materi 1
3.4.1 menjelaskan alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
3.4.2 menjelaskan kisah tentang Yesus yang mengajarkan  Kerajaan Allah melalui kata-kata/perumpaan  
3.4.3 menyebutkan kekhasan pengajaran Yesus 
3.4.4 menjelaskan sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus

Materi 2
3.4.5. menjelaskan pentingnya keteladanan
3.4.6. menyebutkan contoh pemimpin yang dapat diteladani
3.4.7 menjelaskan keteladanan Yesus

Materi 3
3.4.8 menyebutkan alasan yang membuat seseorang dikagumi
3.4.9 menjelaskan alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya
3.4.10 menyebutkan gelar-gelar Yesus



uraian


1



1





1


1




1


1


1



1


1



1

Ø     Soal
1)        Mengapa Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan
2)        Apa kekhasan pengajaran Yesus ?
3)        Bagaimana sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus ?
4)        Apa pentingnya keteladanan?
5)        Tuliskan 3 contoh pemimpin yang dapat diteladani !
6)        Apa contoh keteladanan Yesus?
7)        Apa yang membuat seseorang dapat dikagumi?
8)        Mengapa pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya?
9)        Tuliskan 3 gelar-gelar Yesus!

Ø  Jawaban
1)      Melalui perumpamaan atau cerita murid Yesus mudah mengerti
2)      Menggunakan perumpamaan
3)      sikap masyarakat terhadap pewartaan Yesus adalah menerima
4)      Keteladanan sangat penting karena melalui keteladanan orang mudah dipercaya.
5)      Contoh orang yang dapat diteladani , misal: Yesus, Bunda Theresia dari Kalkuta, Mahatma Gandi, Joko Widodo, Basuki Tjahya, dll
6)      Contoh keteladanan Yesus: membayar pajak, berdoa sebelum bekerja, beroda di rumah ibadat.
7)      alasan yang membuat seseorang dikagumi biasanya karena pribadi yang dipandang memiliki kebaikan, keistimewaan bakat, penampilan fisik, keterampilan dalam bidang olah raga, kesenian, politik atau kepemimpinan, kemanusiaan, kepandaian, dan lain-lain
8)      alasan pribadi Yesus dikagumi oleh murid-murid-Nya: kebiasaan perkataan dan perbuatan Yesus yang mengagumkan
9)      gelar-gelar Yesus:
a.       Yesus diberi gelar Mesias, karena perbuatan dan kata-kata Yesus dialami sebagai yang membebaskan orang dari berbagai hal yang membatasi
b.      Yesus menyembuhkan segala penyakit dan menghidupkan orang mati, juga dirasakan sebagai pembebasan. Dengan kata-kata dan perbuatan itu Yesus diberi gelar Mesias, sang pembebas.
c.       Yesus diberi gelar anak domba Allah. Seperti anak domba Yesus mengorbankan diri di salib. Pengorbanan Yesus itu dimaknai sebagai pengampunan dosa yang menyelamatkan manusia.
d.      Gelar anak Daud: Allah berjanji pada Daud bahwa dari keturunannya akan lahir Mesias.

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 100
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

d . Penilaian keterampilan
Materi 1
4.4.1 Menghias kutipan emas dari kitab suci yang membuat hidup bersemangat
No
Uraian
Skor
1
Keindahan
25
2
Kerapian
25
3
Kreativitas
25
4
Bahasa
25
     Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 3 x 4 = 12
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Materi 2
4.4.2 Mengikuti kegiatan rohani di lingkungan
No
Uraian
Skor
1
Perencanaan
25
2
Pelaksanaan
50
3
Evaluasi
25

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 5 x 4 = 20
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal

Materi 3
4.4.3 Membuat karangan dengan tema “Siapa Yesus bagiku”  dan mempresentasikan
No
Uraian
Skor
1
Kerapian
25
2
Kesesuaian dengan tema
25
3
Bahasa
25
4
Jalan Cerita
25

Petunjuk Penskoran
Jumlah skor maksimal = 4 x 4 = 16
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:

Skor  yang diperoleh
------------------------------ x 100 = skore akhir
Skor maksimal



3. Remidial dan Pengayaan
Program Remidial
Sekolah :
Kelas/ Semester : VI/ 1
Mata Pelajaran : PAK
Tanggal Tes :
Bentu soal Remidial : Uraian
Rencana Remidial :
KKM :

No
Nama
Nilai Ulangan
No yang tidak dikuasai
Bentuk Remidi
No yang dikerjakan dalam remidial
Hasil tes remidial
Ket




Diberikan penjelasan ulang untuk indicator yang belum dikuasai. Jika kurangdari 20% yang remedial diberikan pendmpingan pribadi, jika lebih dari 20% dilakukan pendampingan kelompok
































Program Pengayaan
Sekolah              : 
Kelas/ Semester : 
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti
Tanggal Tes       :
Kompetensi Dasar :
No
Nama
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan



Mencari , membaca kisah tentang MATERI SELANJUTNYA










I. Media, Alat, Sumber Pembelajaran
1. Media :
ü  Video tentang perumpamaan

2. Alat:
ü  Laptop
ü  LCD
ü  Speaker

3. Sumber Pembelajaran
a)      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b)      Kitab Suci, khususnya teks Yes 11:1-11; 52:13-15; 53:1-12; Amos 1-6
c)      Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
d)      Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus.. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
e)      Pengalaman hidup peserta didik dan guru



    Malang, ………………………
            Mengetahui                                                                
Kepala Sekolah                                                           Guru Pend. Agama Katolik




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar