Lihat juga RPP kURIKULUM 2013 Revisi
NO. | KELAS | TEMA | KD | DESKRIPSI |
1. | I | Pelajaran I: Pribadi Peserta Didik
| 3.1 4.1 | Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya. Mengungkapkan rasa syukur melalui doa atas anugerah identitas dirinya yang khas |
| 3.2 4.2 | Mengenal anggota tubuhyang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah. Merawat anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah | ||
Pelajaran II: Masyarakat
| 3.3 4.3 | Mengenal lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang Memelihara lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang | ||
| 3.4 4.4 | Mengenal lingkungan sekolah sebagai tempat tumbuh dan berkembang Memelihara lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang | ||
Pelajaran III: Yesus Kristus
| 3.5 4.5 | Mengenal Allah sebagai Pencipta yang Mahabaik. Memelihara alam ciptaan Tuhan | ||
| 3.6 4.6 | Mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Maha Baik Mewartakan kabar gembira kepada semua orang melalui perbuatan kasih | ||
Pelajaran IV: Gereja A. Doa Harian Umat Katolik B. Doa Tanda Salib C. Doa Bapa Kami D. Doa Salam Maria E. Doa Kemuliaan | 3 .7 4.7 | Mengenal doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah Mendaraskan doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah | ||
F. Berdoa dengan Baik dan Benar | 3.8 4.8 | Mengenal sikap-sikap berdoa sebagai ungkapan syukur kepada Allah Mendaraskan doa dengan sikap-sikap yang baik dan benar | ||
2. | II | Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik dan Lingkungannya
| 3.1 4.1 | Memahami kehadiran keluarga sebagai karunia Allah dalam mengembangkan diri Membantu orangtua di rumah |
| 3.2 4.2 | Memahami kehadiran teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya Membantu teman yang mengalami kesulitan | ||
Pelajaran II : Yesus Kristus
| 3.3 4.3 | Memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub Meneladani tindakan baik dari tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti diceriterakan dalam kisah Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub | ||
| 3.4 4.4 | Memahami tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah Kanak-kanak Yesus Meneladani sikap baik tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam Kisah kanak-kanak Yesus | ||
Pelajaran 3 : Gereja A. Iman Adalah Anugerah B. Beriman Berarti Berbuat Demi Allah C. Beriman Berarti Melaksanakan Perintah Allah D. Beriman Berarti Berjuang melawan godaan | 3.5 4.5 | Mengenal makna iman Mengungkapkan iman dalam bentuk ketaatan dan doa kepada Tuhan. | ||
E. Berdoa Kepada Allah F. Doa Pujian G. Doa Syukur H. Doa Permohonan | 3.6 4.6 | Mengenal makna dan macam-macam doa Mendaraskan macam-macam doa | ||
Pelajaran 4 : Masyarakat A. Tempat Tinggalku B. Tetanggaku | 3.7 4.7 | Memahami tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya Terlibat dalam kegiatan bersama warga sekitar | ||
C. Hidup Rukun dengan Tetangga | 3.8 4.8 | Memahami hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan kasih kepada sesama Menjalani hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan kasih kepada sesama | ||
3. | III | Pelajaran I : Diriku
| 3.1 4.1. | Mengenal pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai anugerah Allah Mendaraskan doa syukur atas kemampuan diri yang dianugerahkan Tuhan |
| 3.2 4.2 | Memahami bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk membedakan perbuatan yang baik dan buruk Memilih dan melakukan perbuatan yang baik | ||
Pelajaran II : Yesus Kristus
| 3.3 4.3 | Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan tokoh Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis. Meneladani tindakan baik tokoh-tokoh Perjanjian Lama, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan tokoh Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis | ||
| 3.4 4.4 | Mengenal Yesus dan karya-Nya melalui kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang. Memberikan bantuan kepada orang yang memerlukan pertolongan seturut teladan Yesus seperti ditemukan dalam kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan anak yang hilang | ||
Pelajaran III: Gereja A. Sakramen Baptis B. Sakramen Ekaristi C. Sakramen Tobat | 3.5. 4.5 | Mengenal makna dan tata perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah bagi manusia Menghayati Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat dengan baik. | ||
| 3.6 4.6 | Memahami keutamaan Kristiani sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah Terlibat dalam keutamaan Kristiani sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah | ||
Pelajaran IV: Masyarakat
| 3.7 4.7 | Mengenal pemimpin dan tradisi masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah Meneladani pemimpin dan menghayati tradisi masyarakat | ||
| 3.8 4.8 | Memahami keterlibatan dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran bahwa dirinya adalah anggota masyarakat Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai wujud kesadaran bahwa dirinya adalah anggota masyarakat | ||
4. | IV | Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
| 3.1 4.1 | Memahami keunikan diri sebagai anugerah Allah yang patut disyukuri. Mensyukuri keunikan diri sebagai anugerah Allah |
| 3.2 4.2 | Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat mengembangkan diri. Mensyukuri kemampuan dan keterbatasan diri sebagai anugerah Allah | ||
Pelajaran II : Yesus Kristus
| 3.3 4.3 | Memahami Allah yang setia pada janji-Nya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup. Bersyukur kepada Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup | ||
| 3.4 4.4 | Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah Meneladani pribadi Yesus sebagai pemenuhan janji Allah dan yang mewartakan Kerajaan Allah melalui Sabda dan perbuatan | ||
Pelajaran 3 Masyarakat
| 3.5 4.5 | Memahami Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan orang tua. Melaksanakan Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan orang tua | ||
| 3.6 4.6 | Memahami Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan sesama. Melaksanakan Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan sesama. | ||
Pelajaran 4: Gereja A. Ungkapan Syukur Tokoh-Tokoh Perjanjian Lama B. Doa Syukur Gereja | 3.7 4.7 | Memahami aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah. Mempraktikan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah | ||
C. Doa Pribadi D. Doa Bersama E. Doa Spontan | 3.8 4.8 | Memahami makna doa spontan dalam doa pribadi dan doa bersama. Berdoa secara spontan dalam doa pribadi dan doa bersama | ||
5. | V | Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
| 3.1 4.1 | Memahami diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah Menghargai diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah. |
| 3.2 4.2 | Memahami sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling melengkapi Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling melengkapi | ||
Pelajaran II : Yesus Kristus Bagian I Perjanjian Lama
| 3.3 4.3 | Mengenal tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo, dan Ester. Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo dan Ester. | ||
Bagian II Perjanjian Baru
| 3.4 4.4 | Memahami makna karya keselamatan Allah yang berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan, Yesus Berkorban bagi orang lain sebagai perwujudan makna karya keselamatan Allah yang berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus | ||
| 3.5 4.5 | Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa Mempraktikkan hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa | ||
Pelajaran III Gereja A. Terlibat dalam Hidup Menggereja | 3.6 4.6 | Memahami karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja | ||
B. Hidup Bersama yang Dijiwai Roh Kudus Pelajaran IV Masyarakat A. Terlibat dalam Pelestarian Lingkungan | 3.7 4.7 | Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat Mewujudkan buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat | ||
B. Kejujuran dan Keadilan C. Memohon Bantuan Roh Kudus | 3.8 4.8 | Mengenal nilai-nilai kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus Bertindak jujur dan adil dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Roh kudus | ||
6. | VI | Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
B. Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara. C. Bangga dan Besyukur sebagai Bangsa Indonesia. | 3.1 4.1 | Memahami diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah Mewujudkan kebanggaan diri sebagai salah seorang warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah |
D. Aku Warga Dunia | 3.2 4.2 | Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada. Mengungkapkan diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada | ||
Pembelajaran II : Yesus Kristus Bagian I: Perjanjian Lama
| 3.3 4.3 | Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi. Mewujudkan karya keselamatan Allah yang diwartakan para nabi | ||
Bagian I: Perjanjian Baru
| 3.4 4.4 | Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus Melaksanakan karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus | ||
Pembelajaran III: Gereja A. Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik B. Gereja Persekutuan Para Kudus | 3.5 4.5 | Memahami ciri-ciri Gereja Mempraktikan ciri-ciri Gereja dalam hidup sehari-hari. | ||
C. Gereja Mewarta-kan Kerajaan Allah D. Karya Pelayanan Gereja | 3.6 4.6 | Mengenal karya pelayanan Gereja Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja | ||
Pembelajaran VI: Masyarakat A. Tantangan Zaman | 3.7 4.7 | Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat Menghadapi aneka tantangan zaman di tengah masyarakat | ||
B. Hati Nurani C. Keadilan dan Kejujuran D. Doa Sumber Kekuatan Hidup | 3.8 4.8 | Memahami aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani |
terima kasih
BalasHapusIzin unduh ya bu.. tks
BalasHapus