Langsung ke konten utama

ANALISIS PEMETAAN KD -Bidang Studi Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti





Lihat juga  RPP kURIKULUM 2013 Revisi


NO.
KELAS
TEMA
KD
DESKRIPSI
1.       
I
Pelajaran I: Pribadi Peserta Didik
  1. Diriku
  2. Diriku dan Temanku
  3. Diriku Anugerah Tuhan

3.1



4.1
Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya.

Mengungkapkan rasa syukur melalui doa atas anugerah identitas dirinya yang khas


  1. Mengenal Anggota Tubuh
  2. Semua Anggota Tubuh Berguna
  3. Merawat Anggota Tubuh
3.2




4.2
Mengenal anggota tubuhyang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah.

Merawat anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah



Pelajaran II: Masyarakat
  1. Rumahku
  2. Tugas Anggota Keluarga
3.3



4.3
Mengenal lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang

Memelihara lingkungan  rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang



  1. Sekolahku
3.4




4.4

Mengenal lingkungan sekolah sebagai tempat tumbuh dan berkembang

Memelihara lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang



Pelajaran III: Yesus Kristus
  1. Allah Menciptakan Langit dan Bumi
  2. Allah Menciptakan Manusia
3.5


4.5
Mengenal Allah sebagai Pencipta yang Mahabaik.

Memelihara alam ciptaan Tuhan



  1. Kabar Gembira
  2. Kelahiran Yesus
  3. Para Gembala
  4. Orang Majus

3.6


4.6
Mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Maha Baik
Mewartakan kabar gembira kepada semua orang melalui perbuatan kasih


Pelajaran IV: Gereja
A.    Doa Harian Umat Katolik
B.     Doa Tanda Salib
C.     Doa Bapa Kami
D.    Doa Salam Maria
E.     Doa Kemuliaan

3 .7



4.7
Mengenal doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah

Mendaraskan doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah



F.      Berdoa dengan Baik dan Benar

3.8



4.8
Mengenal sikap-sikap berdoa sebagai ungkapan syukur kepada Allah

Mendaraskan doa dengan sikap-sikap yang baik dan benar

2.       
II
Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik dan Lingkungannya
  1. Orangtuaku
  2. Anggota Keluargaku

3.1




4.1
Memahami kehadiran keluarga sebagai karunia Allah dalam mengembangkan diri

Membantu orangtua di rumah



  1. Bermain Bersama Teman
  2. Bekerjasama dengan Teman
3.2




4.2
Memahami kehadiran teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya

Membantu teman yang mengalami kesulitan



Pelajaran II : Yesus Kristus
  1. Kisah Kain dan Habel
  2. Kisah Nuh
  3. Kisah Abraham
  4. Kisah Esau dan Yakub
3.3








4.3
Memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub

Meneladani tindakan baik dari tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti diceriterakan dalam kisah  Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub



  1. Kelahiran Yesus Kristus
  2. Yesus Dipersembahkan di Bait Allah
  3. Yesus tertinggal di Bait Allah
  4. Ingin seperti Yesus
3.4




4.4
Memahami tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah Kanak-kanak Yesus

Meneladani sikap baik tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam Kisah kanak-kanak Yesus



Pelajaran 3 : Gereja
A.    Iman Adalah Anugerah
B.     Beriman Berarti Berbuat Demi Allah
C.     Beriman Berarti Melaksanakan Perintah Allah
D.    Beriman Berarti Berjuang melawan godaan

3.5


4.5
Mengenal makna iman

Mengungkapkan iman dalam bentuk ketaatan dan doa kepada Tuhan.


E.     Berdoa Kepada Allah
F.      Doa Pujian
G.    Doa Syukur
H.    Doa Permohonan

3.6


4.6
Mengenal makna dan macam-macam doa

Mendaraskan macam-macam doa


Pelajaran 4 : Masyarakat
A.    Tempat Tinggalku
B.     Tetanggaku
3.7



4.7
Memahami tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya

Terlibat dalam kegiatan bersama warga sekitar


C.     Hidup Rukun dengan Tetangga
3.8




4.8

Memahami hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan kasih kepada sesama

Menjalani hidup rukun dengan tetangga sebagai bentuk perwujudan kasih kepada sesama

3.       
III
Pelajaran I : Diriku
  1. Saya Tumbuh dan berkembang
3.1



4.1.
Mengenal pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai anugerah Allah

Mendaraskan doa syukur atas kemampuan diri yang dianugerahkan Tuhan



  1. Saya Mampu Membedakan Perbuatan Baik dan Buruk
3.2




4.2
Memahami bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk membedakan perbuatan yang baik dan buruk

Memilih dan melakukan perbuatan yang baik




Pelajaran II : Yesus Kristus
  1. Yakub
  2. Yusup
  3. Musa
  4. Yohanes Pembaptis
3.3






4.3
Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan tokoh Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis.

Meneladani tindakan baik tokoh-tokoh Perjanjian Lama, seperti:Yakub, Yusuf dan Musa dan tokoh Perjanjian Baru: Yohanes Pembaptis




  1. Percakapan Yesus dengan Nikodemus
  2. Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang
  3. Perumpamaan Anak Hilang
3.4






4.4
Mengenal Yesus dan karya-Nya melalui kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan kisah anak yang hilang.

Memberikan bantuan kepada orang yang memerlukan pertolongan seturut teladan Yesus seperti ditemukan dalam kisah percakapan Yesus dengan Nikodemus, penggandaan lima roti - dua ikan, dan anak yang hilang



Pelajaran III: Gereja
A.    Sakramen Baptis
B.     Sakramen Ekaristi
C.     Sakramen Tobat

3.5.





4.5
Mengenal makna dan tata perayaan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah bagi manusia

Menghayati Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat dengan baik.


  1. Iman
  2. Harapan
  3. Kasih
3.6



4.6
Memahami keutamaan Kristiani sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah

Terlibat dalam keutamaan Kristiani sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah


Pelajaran IV: Masyarakat
  1. Pemimpin Masyarakat
  2. Tradisi Masyarakat
3.7




4.7
Mengenal pemimpin dan tradisi masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah

Meneladani pemimpin dan menghayati tradisi masyarakat


  1. Melestarikan Lingkungan Alam
3.8





4.8
Memahami keterlibatan dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran bahwa dirinya adalah anggota masyarakat

Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai wujud kesadaran bahwa dirinya adalah anggota masyarakat
4.
IV
Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
  1. Aku Bangga Diciptakan sebagai Perempuan atau Laki-Laki
  2. Lingkungan Turut Mengembangkan Diriku sebagai Perempuan atau Laki-laki
  3. Bersyukur sebagai Perempuan atau Laki-laki.

3.1



4.1

Memahami keunikan diri sebagai anugerah Allah yang patut disyukuri.

Mensyukuri  keunikan diri sebagai anugerah Allah 



  1. Kemampuan dan Keterbatasanku
  2. Mengembangkan Kemampuan Diri
  3. Aku Membutuhkan Orang Lain
  4. Mengembangkan Diri dengan Bekerjasama
3.2



4.2
Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat mengembangkan diri.

Mensyukuri  kemampuan dan keterbatasan diri sebagai anugerah Allah



Pelajaran II : Yesus Kristus
  1. Allah Menyampaikan Sepuluh Firman-Nya sebagai Pedoman Hidup
  2. Bangsa Israel Memasuki Tanah Terjanji
  3. Allah Memberkati Para Pemimpin Israel 
3.3




4.3
Memahami Allah yang setia pada janji-Nya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup.

Bersyukur kepada Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup



  1. Yesus: Pemenuhan Janji Allah
3.4





4.4

Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah

Meneladani pribadi Yesus sebagai  pemenuhan janji Allah dan yang mewartakan Kerajaan Allah melalui Sabda dan perbuatan


Pelajaran 3 Masyarakat
  1. Hormat kepada Orang tua
  2. Menghormati Milik Orang Lain

3.5





4.5
Memahami Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan orang tua.

Melaksanakan Firman Allah sebagai landasan dalam berelasi dengan orang tua




  1. Cinta kepada Sesama
  2. Menghormati Hidup
  3. Menghormati Milik Orang lain

3.6





4.6
Memahami Firman Allah sebagai landasan  dalam berelasi dengan  sesama.

Melaksanakan Firman Allah sebagai landasan  dalam berelasi dengan  sesama.



Pelajaran 4: Gereja
A.    Ungkapan Syukur Tokoh-Tokoh Perjanjian Lama
B.     Doa Syukur Gereja

3.7





4.7
Memahami  aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah.

Mempraktikan aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah



C.     Doa Pribadi
D.    Doa Bersama
E.     Doa Spontan

3.8





4.8
Memahami  makna doa spontan dalam doa pribadi  dan doa bersama.

Berdoa secara spontan dalam doa pribadi  dan doa bersama

5.
V
Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
  1. Perempuan dan Laki-laki Diciptakan Sebagai Citra Allah
  2. Perempuan dan Laki-laki Dipanggil untuk Berkembang
3.1



4.1
Memahami diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah

Menghargai diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.



  1. Perempuan dan Laki-laki Saling Melengkapi
  2. Perempuan dan Laki-laki Sederajat
3.2





4.2
Memahami sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling melengkapi

Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling melengkapi



Pelajaran II : Yesus Kristus
Bagian I Perjanjian Lama
  1. Daud Sang Pemimpin
  2. Salomo yang Bijaksana
  3. Ester Perempuan yang Pemberani
  4. Kejayaan dan Keruntuhan Israel
3.3



4.3
Mengenal tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo, dan Ester.

Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam  kisah Daud, Salomo dan Ester.



Bagian II Perjanjian Baru
  1. Maria dan Elizabet Menanggapi Rencana Allah
  2. Yesus Taat Pada Allah
  3. Yesus Mengajarkan Pengampunan
  4. Yesus Memanggil orang Berdosa
  5. Yesus Menderita, Wafat, dan Bangkit
3.4




4.4
Memahami makna karya keselamatan Allah yang berpuncak pada sengsara, wafat dan kebangkitan, Yesus

Berkorban bagi orang lain  sebagai perwujudan makna  karya keselamatan  Allah yang berpuncak pada sengsara, wafat  dan kebangkitan Yesus



  1. Roh Kudus Menguatkan Hati Para Rasul
  2. Roh Kudus Dicurahkan kepada Setiap Orang
3.5



4.5
Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa

Mempraktikkan hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa



Pelajaran III Gereja
A.    Terlibat dalam Hidup Menggereja
3.6


4.6
Memahami  karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja

Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja



B.     Hidup Bersama yang Dijiwai Roh Kudus

Pelajaran IV Masyarakat
A.    Terlibat dalam Pelestarian Lingkungan

3.7




4.7
Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat

Mewujudkan buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat



B.     Kejujuran dan Keadilan
C.     Memohon Bantuan Roh Kudus
3.8





4.8
Mengenal nilai-nilai  kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Rohkudus

Bertindak jujur dan adil  dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Roh kudus


6.
VI
Pelajaran I : Pribadi Peserta Didik
  1. Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
B.     Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara.
C.     Bangga dan Besyukur sebagai Bangsa Indonesia.



3.1



4.1

Memahami diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah

Mewujudkan kebanggaan diri sebagai salah seorang warga negara Indonesia yang  beraneka ragam sebagai karunia Allah


D.    Aku Warga Dunia
3.2





4.2
Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada. 

Mengungkapkan diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada



Pembelajaran II : Yesus Kristus
Bagian I: Perjanjian Lama
  1. Nabi Elia
  2. Nabi Yesaya
  3. Nabi Amos
  4. Kesetiaan Allah
  5. Kehancuran Israel dan Harapan datangnya Mesias

3.3



4.3
Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi.

Mewujudkan  karya keselamatan Allah  yang diwartakan  para nabi



Bagian I: Perjanjian Baru
  1. Yesus Mewarta-kan Kerajaan Allah dengan Kata-Kata
  2. Yesus Mewarta-kan Kerajaan Allah dengan Tindakan
  3. Seluruh Pribadi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah


3.4





4.4
Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus

Melaksanakan karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus



Pembelajaran III: Gereja
A.    Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik
B.     Gereja Persekutuan Para Kudus


3.5

4.5
Memahami ciri-ciri Gereja

Mempraktikan  ciri-ciri Gereja dalam hidup sehari-hari. 



C.     Gereja Mewarta-kan Kerajaan Allah
D.    Karya Pelayanan Gereja


3.6


4.6
Mengenal karya pelayanan Gereja

Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja



Pembelajaran VI: Masyarakat
A.    Tantangan Zaman

3.7


4.7
Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat

Menghadapi aneka tantangan zaman di tengah masyarakat



B.     Hati Nurani
C.     Keadilan dan Kejujuran
D.    Doa Sumber Kekuatan Hidup


3.8



4.8
Memahami  aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani

Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

IBADAT SABDA UJIAN KELAS 6 (RENUNGAN ROMA 8:18-30)

 Susunan: 1.       Lagu Pembuka 2.       Tanda Salib 3.       Pengantar   Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.   Selamat pagi Bapak dan Ibu Guru, anak-anak yang terkasih beserta orangtua tercinta. Pada hari ini kita bergembira dalam semangat dan cinta kasih Allah sehingga kita dapat bersatu dengan tujuan yang sama yaitu keberhasilan anak-anak kita. Karena itu kita mengungkapkan syukur kita dan juga menyerahkan usaha-doa kita kepada Tuhan melalui ibadat ini. Maka dari itu, kita memeriksa batin kita.   4.       Pemeriksaan batin-Allah yang Maharahim Dengan rendah hati, kita memohon ampun kepada Tuhan sebelum kita melanjutkan ibadat kita. Allah yang Maharahim.....  5.     Doa pembuka Marilah berdoa: Allah Tritunggal, Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kami menghaturkan syukur yang tidak terhingga, Engkau memberkati kami sehingga kami dapat berkumpul bersama. Engkau juga telah memberikan kesempatan bagi anak-anak, orangtua dan Bapak Ibu Guru untuk bersama mendoa