RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDK Santo Yusup 1 Malang
Mata
Pelajaran : Agama Katolik
Kelas/
Semester : 6 (Enam) / I
Materi
Pokok : Keanekaragaman dan
Kesatuan Bangsa Indonesia
Alokasi
Waktu : 3 JP
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dan dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
|
1.1.
Mensyukuri diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai
karunia Allah
|
1.1.1 Beryukur kepada Allah atas keanekaragaman
bangsa Indonesia
|
2.1
Bertanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai
karunia Allah
|
2.1.1 Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang
beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat
|
3.1
Memahami diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai
karunia Allah
|
3.1.1 Menyebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia
dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
3.1.2 Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman
3.1.3 Menyebutkan
pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
3.1.4
Membandingkan pesan ajaran Gereja
dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
3.1.5
Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam
menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/
|
4.1.
Mewujudkan kebanggaan diri sebagai salah seorang warga negara Indonesia yang
beraneka ragam sebagai karunia Allah
|
4.1.1 Membuat motto Bhinneka Tunggal Ika
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan berbagai kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu:
1. Menyebutkan
keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat,
bahasa, agama
2. Menjelaskan
pentingnya kesatuan dalam keberagaman
3. Menyebutkan
pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
4. Membandingkan
pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
5. Menemukan
hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi
keragaman dan hal yang perlu diperbaiki
6. Membuat
motto Bhinneka Tunggal Ika
D. MATERI PEMBELAJARAN
Keanekaragaman
dan Kesatuan Bangsa Indonesia
Pokok-pokok:
1. keanekaragaman
Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2. pentingnya
kesatuan dalam keberagaman
3. pesan
ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
4. hal
yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman
dan hal yang perlu diperbaiki/
5. motto
Bhinneka Tunggal Ika
E. METODE PEMBELAJARAN
Visualisasi,
dialog, informasi, menggambar
F. SUMBER BELAJAR
1.
Video
Keanekaragaman Bangsa Indonesia
2.
KS:Mazmur
145:1-15
3.
Komkat
KWI. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI.
Yogyakarta: Kanisius, 2010
4.
Komkat
KWI. Seri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI.
Yogyakarta: Kanisius, 2006
5.
Pengalaman
hidup peserta didik dan guru
6.
Komkat
KWI. 2010. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas
IV. Yogyakarta: Kanisius.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Video Keanekaragaman budaya Indonesia
2.
Kitab Suci
3.
HVS dan pewarna
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
PERTAMA:
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
1)
Salam
2)
Doa Pembuka
Guru mengajak peserta didik untuk
mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa Tuhan kami.. kami mengucapkan
terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan pada kami sehingga pada hari
ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa berkatilah kami hari ini agar kami mampu
mendengarkan sabdaMu melalui pelajaran agama hari ini. Semoga kami boleh menjadi
anak yang semakin baik. Demi Kristus dan pengantara kami. Amin.
3)
Apersepsi
Guru mengajak mengajukan
beberapa pertanyaan misal:
1)
Dimana kamu
tinggal?
2)
Apa yang kamu
ketahui tentang bangsa Indonesia?
4)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran sehubungan dengan tema Keanekaragaman
dan Kesatuan Bangsa Indonesia.
b. Kegiatan
Inti (110 Menit)
1)
Mengamati
Guru mengajak peserta
didik untuk menyaksikan video mengenai keanekaragaman bangsa Indonesia.
2)
Menanya
Setelah
mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Contoh pertanyaan yang
diajukan peserta didik:
a. Apa yang digambarkan dalam video tersebut?
b. Mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman?
c. Apa dampak positif dan negatif keanekaragaman?
d. Sikap apa yang perlu dikembangkan?
3)
Mengeksplorasi
Guru mengajak mengumpulkan data-data mengenai keanekaragaman
di indonesia.
a)
Mengumpulkan data tentang
keragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian,
pakaian adat, bahasa, agama
b)
Menemukan pentingnya
kesatuan dalam keberagaman
c)
Menemukan pesan berdasarkan
Mazmur 145:1-15
145:1 Puji-pujian dari
Daud. Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja, dan aku hendak
memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
145:2 Setiap hari aku
hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan
selamanya.
145:3 Besarlah TUHAN dan
sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.
145:4 Angkatan demi
angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan
keperkasaan-Mu.
145:5 Semarak
kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.
145:6 Kekuatan
perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu
hendak kuceritakan.
145:7 Peringatan kepada
besarnya kebajikan-Mu akan dimasyhurkan mereka, dan tentang keadilan-Mu mereka
akan bersorak-sorai.
145:8 TUHAN itu pengasih
dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.
145:9 TUHAN itu baik
kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
145:10 Segala yang
Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang
Kaukasihi akan memuji Engkau.
145:11 Mereka akan
mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu,
145:12 untuk
memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak
kerajaan-Mu.
145:13 Kerajaan-Mu ialah
kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN
setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala
perbuatan-Nya.
145:14 TUHAN itu penopang
bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.
145:15 Mata sekalian
orang menantikan Engkau, dan Engkau pun memberi mereka makanan pada waktunya;
4)
Mengasosiasi
Dalam kelompok, peserta menyimpulkan:
1.
Merumuskan
pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
2.
Membandingkan
pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
3.
Menemukan
hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi
keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/ditingkatkan
5) Mengomunikasikan
1.
Membuat
“motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya
Bhinneka Tunggal Ika
2.
Menyanyikan
lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman. Lagu Satu Nusa
Satu Bangsa
c.KegiatanPenutup(20menit)
1)
Bersama peserta didik
menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
1.
Indonesia memiliki keanekaragaman
Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2.
Kesatuan
sangat penting dalam menghadapi
keanekaragaman untuk mencegah perpecahan
suatu negara atau konflik dan untuk mencapai tujuan negara.
3.
Gereja menekankan bahwa segala pemerintahan dan yang terjadi dalam suatu
negara merupakan kasih karunia Allah.
4.
Kadangkala
pesan ajaran Gereja tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa
Indonesia.
2)
Guru memberikan
penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada
kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)
Peserta didik hening
untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
Apakah aku bangga menjadi bagsa Indonesia?
Apa saja yang sudah akau lakukan untuk bangsaku? Apa yang akan aku lakukan?
4)
Doa Penutup
Guru memilih salah satu siswa untuk
berdoa.
Atau:
Ya Allah, ajarilah kami
untuk mampu bersyukur. Bersyukur karena Engkau menciptakan kami, bersyukur
karena Engkau mengasihani kami, bersyukur karena Engkau selalu menyertai kami.
Ajarilah kami untuk mampu belajar dengan baik untuk menghormati sesama kami dan
menumbuhkan kebanggan bagi tanah air kami. Demi Kristus pengantara kami. Amin.
I. PENILAIAN
1.
Sikap Spiritual
a.
Tehnik : Penilaian Diri
b.
BentukInstrumen : lembar Penilaian Diri
c.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir Instrument
|
1.
|
1.1.1 Beryukur kepada Allah atas keanekaragaman
bangsa Indonesia
|
1-2
|
Instrumen :
Petunjuk : Nilailah
dirimu sendiri: seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam
kehidupanmu sehari-hari
4=
selalu
3=
sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2=
kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1=tidak
pernah
No.
|
Pernyataan
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Saya bersyukur terhadap
Allah yang telah memberikan keanekaragaman tanah airku
|
|
|
|
|
2.
|
Saya memuji Tuhan
dengan doa
|
|
|
|
|
2.
Sikap Sosial
a.
Tehnik : Observasi
b.
BentukInstrumen : lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/ nilai
|
Butir instrument
|
1.
|
2.1.1 Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang
beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat
|
1-2
|
Instrumen :
4
= selalu
3
= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2
= kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1
= tidak pernah
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang beranekaragam
suku, bahasa, adat istiadat
|
1.
Aku menceritakan keindahan negeriku kepada orang lain
2.
Mengikuti kegiatan 17 Agustus di lingkungan
|
|
|
|
|
3.
Pengetahuan
a.
Tehnik : Test Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
3.1.1 Menyebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia
dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
3.1.2 Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam
keberagaman
3.1.3
Menyebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
3.1.4 Membandingkan pesan ajaran Gereja dengan
kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
3.1.5
Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam
menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/
|
1
2
3
|
Instrumen
No.
|
Butir
Instrumen
|
Score
|
1
|
Sebutkan
keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat,
bahasa, agama
|
15
|
2
|
Jelaskan
pentingnya kesatuan dalam keberagaman!
|
15
|
3.
|
Sebutkan pesan ajaran Gereja tentang
persatuan dan kesatuan berdasarkan Maz 145:1-15
|
15
|
4.
|
Bandingkan pesan ajaran Gereja tersebut
dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia!
|
30
|
5.
|
Temukan hal yang sudah baik yang terjadi
dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu
diperbaiki!
|
25
|
Nilai
= Score yang diperoleh x 100 %
Score
total
4.
Ketrampilan:
a.
Tehnik : Unjuk Kaya
b.
Bentuk Instrumen` : Membuat motto
c.
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
Butir instrumen
|
1.
|
4.1.1 Membuat motto Bhinneka Tunggal Ika
|
1-3
|
Instrumen:
No.
|
Indicator penilaian
|
Score Total
|
1.
|
Kata-kata
mengungkapkan persatuan dalam keanekaragaman
|
40
|
2.
|
Kerapian
|
20
|
3.
|
Keindahan
|
20
|
4.
|
Kebersihan
|
20
|
Score
total
|
100
|
Nilai:
21-40
: Kurang
41-60 : Cukup
61-80 : Baik
81-100 : Sangat Baik
J. REMIDIAL
Sebagai
kegiatan remedial, guru dapat mengulang pertanyaan dari tujuan pembelajaran.
No.
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Sebutkan
keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat,
bahasa, agama
|
2
|
Jelaskan pentingnya
kesatuan dalam keberagaman!
|
3.
|
Sebutkan pesan ajaran Gereja tentang
persatuan dan kesatuan berdasarkan Maz 145:1-15
|
4.
|
Bandingkan pesan ajaran Gereja tersebut
dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia!
|
5.
|
Temukan hal yang sudah baik yang terjadi
dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu
diperbaiki!
|
K. PENGAYAAN
Sebagai
pengayaan, guru dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk menulis
daftar hak dan kewajiban dalam suatu kelompok.
Mengetahui,
Ka. SDK Santo Yusup 1 Malang
|
Malang,
Guru PAK dan Budi Pekerti
Stephiana
Ari Rita, S. Ag.
|
Komentar
Posting Komentar