Langsung ke konten utama


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDK Santo Yusup 1 Malang
Mata Pelajaran            : Agama Katolik
Kelas/ Semester          : 6 (Enam) / I
Materi Pokok              : Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
Alokasi Waktu            : 3 JP

A.  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dan dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.1. Mensyukuri diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah
1.1.1  Beryukur kepada Allah atas keanekaragaman bangsa Indonesia
2.1 Bertanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah
2.1.1   Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat


3.1 Memahami diri sebagai warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah

3.1.1 Menyebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
3.1.2 Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman
3.1.3  Menyebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
3.1.4   Membandingkan pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia

3.1.5 Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/

4.1. Mewujudkan kebanggaan diri sebagai salah seorang warga negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai karunia Allah
4.1.1 Membuat motto Bhinneka Tunggal Ika




C.  TUJUAN PEMBELAJARAN  
Setelah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2.      Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman
3.      Menyebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
4.      Membandingkan pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
5.      Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki
6.      Membuat motto Bhinneka Tunggal Ika

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia
Pokok-pokok:
1.      keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2.      pentingnya kesatuan dalam keberagaman
3.      pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
4.      hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/
5.      motto Bhinneka Tunggal Ika

E.  METODE PEMBELAJARAN
Visualisasi, dialog, informasi, menggambar

F.   SUMBER BELAJAR
1.      Video Keanekaragaman Bangsa Indonesia
2.      KS:Mazmur 145:1-15
3.      Komkat KWI. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2010
4.      Komkat KWI. Seri Murid-Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas VI. Yogyakarta: Kanisius, 2006
5.      Pengalaman hidup peserta didik dan guru
6.      Komkat KWI. 2010. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas IV. Yogyakarta: Kanisius.

G.  MEDIA PEMBELAJARAN
1.         Video Keanekaragaman budaya Indonesia
2.         Kitab Suci
3.         HVS dan pewarna

H.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN  
1.    PERTEMUAN PERTAMA:
a.    Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
1)        Salam
2)        Doa Pembuka
Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan pembelajaran dengan
doa, misalnya:
Bapa Tuhan kami.. kami mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang Engkau berikan pada kami sehingga pada hari ini kami boleh belajar agama. Ya Bapa berkatilah kami hari ini agar kami mampu mendengarkan sabdaMu melalui pelajaran agama hari ini. Semoga kami boleh menjadi anak yang semakin baik. Demi Kristus dan pengantara kami. Amin.
3)        Apersepsi
Guru mengajak mengajukan beberapa pertanyaan misal:
1)    Dimana kamu tinggal?
2)    Apa yang kamu ketahui tentang bangsa Indonesia?
4)        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran sehubungan dengan tema Keanekaragaman dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

b.   Kegiatan Inti (110 Menit)
1)    Mengamati
Guru mengajak peserta didik untuk menyaksikan video mengenai keanekaragaman bangsa Indonesia.
 2)   Menanya
 Setelah mengamati slide gambar, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Contoh pertanyaan yang diajukan peserta didik:
a.       Apa yang digambarkan dalam video tersebut?
b.      Mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman?
c.       Apa dampak positif dan negatif keanekaragaman?
d.      Sikap apa yang perlu dikembangkan?
 3)   Mengeksplorasi
Guru mengajak mengumpulkan data-data mengenai keanekaragaman di indonesia.
a)             Mengumpulkan data tentang keragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
b)            Menemukan pentingnya kesatuan dalam keberagaman
c)             Menemukan pesan berdasarkan Mazmur 145:1-15

145:1 Puji-pujian dari Daud. Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja, dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
145:2 Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan hendak memuliakan nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.
145:3 Besarlah TUHAN dan sangat terpuji, dan kebesaran-Nya tidak terduga.
145:4 Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.
145:5 Semarak kemuliaan-Mu yang agung dan perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib akan kunyanyikan.
145:6 Kekuatan perbuatan-perbuatan-Mu yang dahsyat akan diumumkan mereka, dan kebesaran-Mu hendak kuceritakan.
145:7 Peringatan kepada besarnya kebajikan-Mu akan dimasyhurkan mereka, dan tentang keadilan-Mu mereka akan bersorak-sorai.
145:8 TUHAN itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.
145:9 TUHAN itu baik kepada semua orang, dan penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
145:10 Segala yang Kaujadikan itu akan bersyukur kepada-Mu, ya TUHAN, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau.
145:11 Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu,
145:12 untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan kemuliaan semarak kerajaan-Mu.
145:13 Kerajaan-Mu ialah kerajaan segala abad, dan pemerintahan-Mu tetap melalui segala keturunan. TUHAN setia dalam segala perkataan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
145:14 TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.
145:15 Mata sekalian orang menantikan Engkau, dan Engkau pun memberi mereka makanan pada waktunya;

4)   Mengasosiasi
Dalam kelompok, peserta menyimpulkan:
1.      Merumuskan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
2.      Membandingkan pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia
3.      Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/ditingkatkan

5)   Mengomunikasikan
1.      Membuat “motto” yang mengungkapkan tekad untuk memelihara kesatuan bangsa misalnya Bhinneka Tunggal Ika
2.      Menyanyikan lagu yang mengungkapkan pentingnya kesatuan dalam keberagaman. Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

c.KegiatanPenutup(20menit)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                
1)         Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.
Rangkuman
                                                            1.      Indonesia memiliki keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
                                                            2.      Kesatuan sangat penting dalam menghadapi keanekaragaman untuk mencegah perpecahan suatu negara atau konflik dan untuk mencapai tujuan negara.
                                                            3.      Gereja menekankan bahwa segala pemerintahan dan yang terjadi dalam suatu negara merupakan kasih karunia Allah.
                                                            4.      Kadangkala pesan ajaran Gereja tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia.
2)         Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik.
3)         Peserta didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini.
Apakah aku bangga menjadi bagsa Indonesia? Apa saja yang sudah akau lakukan untuk bangsaku? Apa yang akan aku lakukan?
4)         Doa Penutup
Guru memilih salah satu siswa untuk berdoa.
Atau:
Ya Allah, ajarilah kami untuk mampu bersyukur. Bersyukur karena Engkau menciptakan kami, bersyukur karena Engkau mengasihani kami, bersyukur karena Engkau selalu menyertai kami. Ajarilah kami untuk mampu belajar dengan baik untuk menghormati sesama kami dan menumbuhkan kebanggan bagi tanah air kami. Demi Kristus pengantara kami. Amin.

I.     PENILAIAN
1.     Sikap Spiritual
a.          Tehnik                    : Penilaian Diri
b.         BentukInstrumen   : lembar Penilaian Diri
c.          Kisi-kisi                 :

No
Indikator
Butir Instrument
1.    
1.1.1  Beryukur kepada Allah atas keanekaragaman bangsa Indonesia
1-2

Instrumen :
Petunjuk  :    Nilailah dirimu sendiri: seberapa sering dirimu menyadari hal-hal berikut dalam kehidupanmu sehari-hari
4= selalu
3= sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2= kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1=tidak pernah


No.
Pernyataan
Nilai
1
2
3
4
1.       
Saya bersyukur terhadap Allah yang telah memberikan keanekaragaman tanah airku




2.       
Saya memuji Tuhan dengan doa





2.     Sikap Sosial
a.     Tehnik                    : Observasi
b.    BentukInstrumen   : lembar Observasi
c.     Kisi-kisi                  :

No
Sikap/ nilai
Butir instrument
1.       
2.1.1   Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat
1-2

Instrumen :
4 = selalu
3 = sering (dalam 1 tahun minimal 12 kali)
2 = kadang-kadang (dalam 1 tahun kurang dari 4 kali)
1 = tidak pernah
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
2
3
4
Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang beranekaragam suku, bahasa, adat istiadat

1.   Aku menceritakan keindahan negeriku kepada orang lain
2.   Mengikuti kegiatan 17 Agustus di lingkungan





3.     Pengetahuan
a.          Tehnik                         : Test Tertulis
b.         Bentuk Instrumen       : Uraian
c.           Kisi-kisi                      :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.       
3.1.1 Menyebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
3.1.2 Menjelaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman
3.1.3  Menyebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan
3.1.4   Membandingkan pesan ajaran Gereja dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia

3.1.5 Menemukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki/

1


2

3

Instrumen
No.
Butir Instrumen
Score
1
Sebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
15
2
Jelaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman!
15
3.
Sebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan berdasarkan Maz 145:1-15
15
4.
Bandingkan pesan ajaran Gereja tersebut dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia!
30
5.
Temukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki!
25
Nilai = Score yang diperoleh   x 100 %
                      Score total
4.     Ketrampilan:
a.     Tehnik                     : Unjuk Kaya
b.    Bentuk Instrumen`  : Membuat motto
c.     Kisi-kisi                  :
No
Indikator
Butir instrumen
1.       
4.1.1 Membuat motto Bhinneka Tunggal Ika
1-3
Instrumen:
No.
Indicator penilaian
Score Total
1.
Kata-kata mengungkapkan persatuan dalam keanekaragaman
40
2.
Kerapian
20
3.
Keindahan
20
4.
Kebersihan
20
Score total
100


Nilai:
21-40   : Kurang
41-60   : Cukup
61-80   : Baik
81-100 : Sangat Baik

J.    REMIDIAL
Sebagai kegiatan remedial, guru dapat mengulang pertanyaan dari tujuan pembelajaran.
No.
Butir Instrumen
1
Sebutkan keanekaragaman Bangsa Indonesia dari segi: suku bangsa, tarian, pakaian adat, bahasa, agama
2
Jelaskan pentingnya kesatuan dalam keberagaman!
3.
Sebutkan pesan ajaran Gereja tentang persatuan dan kesatuan berdasarkan Maz 145:1-15
4.
Bandingkan pesan ajaran Gereja tersebut dengan kenyataan yang ada dalam Bangsa Indonesia!
5.
Temukan hal yang sudah baik yang terjadi dalam Bangsa Indonesia dalam menyikapi keragaman dan hal yang perlu diperbaiki!

K.  PENGAYAAN
Sebagai pengayaan, guru dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk menulis daftar hak dan kewajiban dalam suatu kelompok.


Mengetahui,
Ka. SDK Santo Yusup 1 Malang



Malang,
Guru PAK dan Budi Pekerti


Stephiana Ari Rita, S. Ag.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

IBADAT SABDA UJIAN KELAS 6 (RENUNGAN ROMA 8:18-30)

 Susunan: 1.       Lagu Pembuka 2.       Tanda Salib 3.       Pengantar   Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.   Selamat pagi Bapak dan Ibu Guru, anak-anak yang terkasih beserta orangtua tercinta. Pada hari ini kita bergembira dalam semangat dan cinta kasih Allah sehingga kita dapat bersatu dengan tujuan yang sama yaitu keberhasilan anak-anak kita. Karena itu kita mengungkapkan syukur kita dan juga menyerahkan usaha-doa kita kepada Tuhan melalui ibadat ini. Maka dari itu, kita memeriksa batin kita.   4.       Pemeriksaan batin-Allah yang Maharahim Dengan rendah hati, kita memohon ampun kepada Tuhan sebelum kita melanjutkan ibadat kita. Allah yang Maharahim.....  5.     Doa pembuka Marilah berdoa: Allah Tritunggal, Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kami menghaturkan syukur yang tidak terhingga, Engkau memberkati kami sehingga kami dapat berkumpul bersama. Engkau juga telah memberikan kesempatan bagi anak-anak, orangtua dan Bapak Ibu Guru untuk bersama mendoa