Langsung ke konten utama

RPP AGAMA KATOLIK KURIKULUM 2013 KELAS 1- MATERI ALLAH MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SDK Santo Yusup 1 Malang
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester                     : I / Satu
Materi Pokok                         : Allah Menciptakan Langit dan Bumi
Alokasi Waktu                       : 1 Pertemuan ( 3 JP)

A.      KOMPETENSI INTI
KI 1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tangungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3:Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.5 Menerima Allah sebagai Pencipta yang Maha Baik

1.5.1  Mensyukuri atas ciptaan tuhan
2.5 Menunjukkan kepercayaan pada Allah sebagai Pencipta yang Maha Baik

2.5.1  Bertanggung jawab terhadap ciptaan tuhan
3.5 Mengenal Allah sebagai Pencipta yang maha Baik

3.5.1  Menceritakan kembali kisah penciptaan langit dan bumi (Kej 1:1-24).
3.5.2   Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan manusia terhadap ciptaan Tuhan.
3.5.3  Menyanyikan lagu pujian atas karya penciptaan Tuhan.

4.5 Memelihara alam ciptaan Tuhan
4.5.1   Mewarnai gambar alam ciptaan sebagai ungkapan rasa syukur atas kebaikan Tuhan.
4.5.2   Merawat hewan peliharaan atau tanaman di rumah

C.       TUJUAN PEMBELAJARAN  
Setelah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran , peserta didik mampu:
·       Menceritakan kembali kisah penciptaan langit dan bumi (Kej 1:1-24).
·       Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan manusia terhadap ciptaan Tuhan.
·       Menyanyikan lagu pujian atas karya penciptaan Tuhan.
·       Mewarnai gambar alam ciptaan sebagai ungkapan rasa syukur atas kebaikan Tuhan.
·       Merawat hewan peliharaan atau tanaman di rumah

D.       MATERI PEMBELAJARAN 
Allah Menciptakan Langit dan Bumi
E.        METODE PEMBELAJARAN
       Metode :  Pembelajaran saintifik
F.        SUMBER BELAJAR
1.    Paningsih, Agustina Sri., Suratmi, EM. 2014. JamruT . Solo: Yoga Wahyu Pratama , halaman
2.    Pengalam-an peserta didik dan guru
3.    Kitab Suci: Kejadian 1:1-28
4.    Teks lagu Natal
5.    Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
6.    Lingkungan sekitar : sekolah dan sekitarnya

G.       MEDIA PEMBELAJARAN
1.     Media :
-        Gambar “lingkungan sekitar”
-        Kitab Suci, khususnya teks  Kejadian 1:1-28
2.     Alat dan bahan:
-                Pensil warna

H.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN         
a.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1)     Apersepsi: Guru bertanya: Apakah kalian hari ini merasa bahagia? Apa saja makhluk hidup yang ada di sekitar kalian?
b.      Guru menyampaikan garis besar tujuan pembelajaran Kegiatan Inti (95 menit)
1)        Mengamati
Melakukan observasi di lingkungan sekolah untuk mencatat apa saja yang yang merupakan ciptaan Tuhan
2)        Menanya
Peserta didik mengajukan  pertanyaan sehubungan dengan hasil pengamatannya
Contoh pertanyaan:
a)    Apa saja yang diciptakan Tuhan?
b)   Untuk apa Tuhan menciptakan ?
c)    Bagaimana Tuhan menciptakan langit dan bumi ?

3)        Mengumpulkan data
a)    Menunjukkan benda-benda yang diciptakan Tuhan
b)   Mencari informasi tentang bagaimana Tuhan menciptakan langit dan bumi
c)    Mencari dan mendalami kisah Penciptaan langit dan bumi

4)        Mengasosiasi
a)    Menunjukkan contoh barang-barang ciptaan Tuhan dan buatan manusia
b)   Menceritakan kembali kisah penciptaan menurut Kitab Suci
Beginilah Tuhan menciptakan
langit dan bumi serta isinya
                     
Hari 1                                                              Hari 2
    
                     
Hari 3                                                              Hari 4             
     

Hari 5                                                              Hari 6

     
c)    Memberi penilaian tentang keadaan ciptaan Tuhan pada awal penciptaan dibandingkan dengan saat ini
d)   Merumuskan sikap dan tindakan menanggapi kebaikan Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi
5)        Mengomunikasikan
a)    Menyanyikan lagu yang bertema Penciptaan Dunia
 

b)   Mewarnai gambar 

c)    Berdoa bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah
Ya Tuhan Engkau sungguh baik. Engkau ciptakan bagi kami,
langit dan bumi serta segala isinya.
Bimbinglah kami ya Tuhan untuk mengenal dengan baik
semua yang telah Engkau ciptakan.
Amin.

d)   Bermain peran tentang kisah penciptaan dunia dan isinya
Para siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Alam Raya Karya Bapa” (Kemudian Guru membacakan kisah penciptaan dengan suara lantang)
Beginilah Tuhan Allah menciptakan langit dan bumi serta segala isinya.

Pada hari pertama:
Bumi masih kosong dan gelap. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang...”. Dan kehendak Allah terjadilah. Ada terang dan ada gelap di bumi. (Kelompok 1 maju di depan kelas. Sambil melambaikan gambar-gambarnya, mereka menyanyikan lagu “Alam Raya Karya Bapa” bait 1. Kemudian kembali ke tempat duduknya diiringi tepuk tangan semua siswa dan seruan: “(prakprak-
prak)...Halleluya...(prak-prak-prak) ...Puji Tuhan...(prak-prak-prak)... Amin!”)
Pada hari kedua:
Tuhan Allah memandang ke langit. Langit masih kosong. Lalu berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala...” Dan... kehendak Allah terjadi. Ada gumpalan awan besar dan awan-awan kecil melayang-layang di cakrawala. Cakrawala itu diberi nama langit. (Kelompok 2 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1)
Pada hari ketiga:
Allah memandang seluruh bumi. Bumi penuh dengan air. Lalu berfirmanlah Allah: “Jadilah tanah yang kering...” Dan kehendak Allah terjadilah. Dari dalam air muncul tanah kering. Tanah yang kering itu disebut darat. Lalu Allah berfirman lagi: “Hendaknya di darat tumbuh berbagai jenis pohon...” Dan kehendak Allah terjadi lagi. Pohon-pohon yang besar dan pohon keciltumbuh di mana-mana.
( Kelompok 3 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1)
Pada hari keempat:
Allah melihat lagi di langit. Belum ada benda-benda bercahaya. Lalu berfirmanlah Allah: “Hendaknya di langit ada benda-benda bercahaya untuk menerangi bumi siang dan malam...” Dan kehendak Allah terjadilah. Di langit muncul matahari, bulan dan bintang-bintang.
( Kelompok 4 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1)
Pada hari kelima:
Allah melihat lagi. Belum ada mahluk hidup di laut. Di angkasa juga belum ada. Lalu berfirmanlah Allah: “Hendaknya di dalam laut hidup berbagai jenis hewan, dan di angkasa berbagai jenis hewan yang beterbangan...” Dan kehendak Allah terjadilah. Berbagai jenis hewan berenang di laut. Dan berbagai jenis burung beterbangan di angkasa.
( Kelompok 5 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1)
Pada hari keenam:
Allah memandang di darat. Banyak pohon, tetapi belum ada hewan yang berkeliaran seperti di laut. Lalu Allah berfirman: “Hendaknya di darat hidup berbagai jenis hewan dan binatang liar...” Dan kehendak Allah terjadilah. Ada berbagai jenis hewan berkeliaran di darat.
( Kelompok 6 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1)
Tuhan Allah melihat semua yang diciptakan-Nya itu sungguh baik adanya. Kemudian Tuhan berfirman lagi: “Baiklah, sekarang kita jadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita.” Lalu Tuhan Allah menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan. Tuhan Allah menyerahkan semua ciptaan Nya kepada manusia, kata Nya: “Semua ciptaan ini Kuberikan kepadamu. Pergunakan dan peliharalah semuanya dengan baik...”
( Kelompok 7 maju di depan kelas dengan cara yang sama seperti kelompok 1. Lagu yang dinyanyikan adalah bait 2)
Jadi, semua ciptaan Tuhan Allah untuk kita manusia. Semua boleh kita gunakan untuk hidup kita. Tetapi kita diberi tugas untuk memelihara semuanya dengan baik.

c.       Kegiatan Penutup (15 menit)
1)   Bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini,
Poin kesimpulan (catatan):
·      Tumbuh-tumbuhan diciptakan Tuhan Allah untuk kita manusia.
·      Hewan di darat dan di air diciptakan Tuhan Allah untuk kita manusia.
·      Burung-burung di udara diciptakan Tuhan Allah untuk kita manusia.
·      Matahari, bulan dan bintang diciptakan Tuhan Allah untuk kita manusia.
·      Semua diciptakan Tuhan Allah untuk kita manusia.
·      Tumbuh-tumbuhan dan hewan boleh kita makan.
·      Semua ciptaan boleh kita gunakan untuk hidup kita.
·      Kita harus menggunakannya dengan hemat.
·      Kita harus memeliharanya semua ciptaan dengan baik.
2)   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok/siswa yang berkinerja baik
3)   Peserta didik hening untuk merefleksikan seluruh proses pembelajaran hari ini. Sudahkah aku bersyukur atas ciptaan Tuhan?
4)   Guru mengingatkan rencana aksi yang akan dilakukan oleh siswa serta kewajiban untuk melaporkan aksinya secara tertulis.
5)   Siswa mewarnai dari JamruT  atau  Buku Siswa halaman 44.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

IBADAT SABDA UJIAN KELAS 6 (RENUNGAN ROMA 8:18-30)

 Susunan: 1.       Lagu Pembuka 2.       Tanda Salib 3.       Pengantar   Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.   Selamat pagi Bapak dan Ibu Guru, anak-anak yang terkasih beserta orangtua tercinta. Pada hari ini kita bergembira dalam semangat dan cinta kasih Allah sehingga kita dapat bersatu dengan tujuan yang sama yaitu keberhasilan anak-anak kita. Karena itu kita mengungkapkan syukur kita dan juga menyerahkan usaha-doa kita kepada Tuhan melalui ibadat ini. Maka dari itu, kita memeriksa batin kita.   4.       Pemeriksaan batin-Allah yang Maharahim Dengan rendah hati, kita memohon ampun kepada Tuhan sebelum kita melanjutkan ibadat kita. Allah yang Maharahim.....  5.     Doa pembuka Marilah berdoa: Allah Tritunggal, Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus. Kami menghaturkan syukur yang tidak terhingga, Engkau memberkati kami sehingga kami dapat berkumpul bersama. Engkau juga telah memberikan kesempatan bagi anak-anak, orangtua dan Bapak Ibu Guru untuk bersama mendoa