Satuan pendidikan : Sekolah Dasar
Mata pelajaran : Pendidikan Agama Katolik dan Budipekerti
Kelas / Semester : II / genap
Materi Pokok : Beriman Berarti Berbuat Demi Allah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang di anutnya
KI 2 : Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati {mendengar, melihat, membaca} dan menaya berdasarkan pada ingin tahu tentang dirinya, makluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis , dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan anak sehat ,dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN |
1.5 Menerima makna iman | 1.5.1 Memuliakan Tuhan melalui doa |
2.5 Bertanggung jawab terhadap imannya | 2.5.1 Berbuat baik kepada teman |
3.5.Mengenal makna iman | 3.5.1 Menjelaskan makna beriman. 3.5.2 Menjelaskan makna Tanda Salib. 3.5.3 Menceritakan kisah penyaliban Yesus dengan sederhana. 3.5.4 Menceritakan kisah Santo Tarsisius dengan sederhana. |
4.5 Mengungkapkan iman dalam bentuk ketaatan dan doa kepada Tuhan | 4.5.1 Mewarnai gambar |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan berbagai kegiatan pembelajaran peserta didik mampu :
1. Menjelaskan makna beriman
2. Menjelaskan makna tanda salib
3. Menceritakan kisah penyaliban Yesus yang sederhana
4. Menceritakan kisah Santo Tarsisius dengan sederhana
5. Mewarnai gambar
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Makna beriman
2. Makna tanda salib
3. Kisah penyaliban Yesus yang sederhana
4. Kisah Santo Tarsisius dengan sederhana
E. METODE PEMBELAJARAN
Bernyanyi, bercerita, pengamatan, gambar, penugasan
F. SUMBER BELAJAR
1. Heuken. A. SJ. 2002. Ensiklopedi Orang Kudus. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka.
2. Komkat KWI. 2010. Menjadi Sahabat Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas II. Yogyakarta: Kanisius.
3. Komkat KWI. 2008. Menjadi Murid Yesus. Pendidikan Agama Katolik untuk SD kelas II. Buku Guru. Yogyakarta: Kanisius.
4. Lembaga Alkitab Indonesia. 2004. Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
5. Pengalaman peserta didik dan guru.
G. MEDIA PEMBELAJARAN
Gambar kisahYesus disalib dan gambar SantoTarsisius
H. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan [ 10 Menit ]
1) Salam
2) Doa Pembuka
Guru mengajak peserta didik untuk membuka pelajaran dengan nyanyian” Bapa Kami”
3) Apersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik: Guru bertanya siapa yang pernah melihat film penyaliban TuhanYesus
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran sehubungan dengan tema Berdoa kepada Allah.
b. Kegiatan Inti [95 Menit]
1. Mengamati
Guru mengajak peserta didik untuk mengamati salah seorang temannya membuat tanda salib. Kemudian peserta didik diajak untuk mengamati gambar penyaliban Yesus.
2. Menanya
Setelah mengamati tanda salib yang dibuat oleh temannya dan gambar penyaliban Yesus, guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan terhadap gambar.
Misal:
1) Apa arti tanda salib?
2) Mengapa Yesus disalib?
3) Mengapa Yesus mati?
3. Mengeksplorasi
Guru mengajak peserta didik untuk
- Mendengarkan kisah hidup salah satu santo santa yang rela berkorban demi imannya pada Allah [misalnya SantoTarsisius]
- Mendramatisasikan kisah penyaliban Yesus yang sederhana
4. Mengasosiasikan
- Merumuskan arti tanda salib
- Menyampaikan pesan kisah penyaliban Yesus
5. Mengomunikasikan
- Berdoa bersama
- Menyanyikan lagu sesuai dengan tema
6. Mencipta
- Mewarnai gambar
c. Kegiatan Penutup (15 Menit)
Rangkuman :
- Yesus rela sengsara wafat dikayu salib untuk menyelamatkan manusia dari dosa
- Dengan sengsara mencapai kemuliaan
Doa penutup :
- Guru mengajak siswa berdoa
I. PENILAIAN
1. Sikap Spiritual
a) Tehnik : Penilaian diri
b) Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian diri
c) Kisi-Kisi :
No | INDIKATOR | BUTIR INSTRUMENT |
1 | Menyebutkan contoh-contoh tindakan orang yang tidak percaya akan Allah. | 3 |
2 | Menyebutkan sikap tubuh yang baik waktu berdoa | 3 |
2. Sikap Sosial
a) Tehnik : Observasi
b) Bentuk instrument : Lembar observasi
c) Kisi-Kisi :
NO | SIKAP/NILAI | BUTIR INSTRUMENT |
1 | Berprilaku ujur | 1 |
2 | Bertanggungjawab terhadap pengikut Yesus | 2-3 |
3. Pengetahuan
a) Tehnik : Penilaian
b) Bentuk Instrument : Lembar Kerja
c) Kisi-Kisi :
NO | INDIKATOR | BUTIR INSTRUMENT |
1 | Menyebutkan tempat Yesus disalib | 2 |
2 | Menyebutkan tiga wanita yang pergi ke makam Yesus | 2 |
4. Ketrampilan
a) Tehnik : Observasi
b) Bentuk Instrument : Lembar observasi
c) Kisi-kisi :
NO | INDIKATOR | BUTR INSTRUMENT |
1 | MenggambarYesus disalib | 2 |
2 | Mewarnai gambar atau menghias gambar | 2 |
J. REMIDIAL
1. Di manakah tempat Yesus disalibkan?
2. Bagaimanakah doa Yesus bagi orang-orang yang menyalibkannya?
3. Mengapa Yesus rela wafat di kayu salib?
4. Apa makna beriman?
5. Siapakah Santo Tarsisius itu?
6. Bagaimana sikapmu terhadap orang yang mengejekmu?
K. PENGAYAAN
sore mba Ary RPP PAK dan Budi pekerti kelas 3,4,5,6 ada ngga ya....
BalasHapus