Langsung ke konten utama

KATEKESE UMAT - MATRIK

MATRIK KATEKESE UMAT
OLEH: STEPHIANA ARI RITA
 
NO
TEMA
POKOK GAGASAN
TUJUAN
SUMBER BAHAN
METODE
SARANA
WAKTU
1
Kasih sayang orangtuaku


1.    Orang tua menyanyangi anaknya karena anak merupakan karunia perkawinan yang paling luhur (Iman Katolik hal. 91). Wujud kasih sayang orangtua tehadap anaknya dilakukan dalam berbagai bentuk perbuatan.
2.    Orang tua adalah pendidik pertama dan utama yang memiliki kewajiban: menciptakan lingkungan keluarga yang diliputi semangat bakti kepada Allah dan kasih sayang terhadap sesama sedemikian rupa, sehingga menunjang keutuhan pendidikan pribadi dan sosial anak-anak mereka (Konstitusi tentang Pendidikan Kristen, art.3)
3.    ‘Hormatilah ayahmu dan ibumu..” merupakan bentuk tanggung jawab anak terhadap keluarga. (Ef 6: 1-3)
4.    Remaja mensyukuri kasih sayang orang tua dengan hidup sesuai didikan orang tua serta hidup tidak mengecewakan mereka.

 Remaja dapat menguraikan bentuk-bentuk perbuatan yang menunujukkan bahwa orang tua menyanyangi mereka dengan tulus hati sehingga remaja dapat mensyukuri kasih sayang tersebut dengan menaati didikan orang tua dalam hidup sehari-hari dan tidak mengecewakan mereka.
·         Iman Katolik,
·         Dokumen Konsili Vatikan II: Konstitusi tentang Pendidikan Kristen (Gravissimum Educations), Art.3,
·         Kitab Suci: Efesus 6: 1 - 3
·    Visualisasi
·    Sharing
·    Bernyanyi
·    Dialog
·    Informasi
·  Kitab Suci,
·  Teks GE art. 3,
·  Foto perjalanan hidup orang tua dan anak,
·  Teks Lagu,
·  Lagu “Puisi Untuk Kadek”.

90 menit



NO
TEMA
POKOK GAGASAN
TUJUAN
SUMBER BAHAN
METODE
SARANA
WAKTU
2
Menjadi Sahabat Sejati
1.    Sahabat sejati adalah teman yang memiliki hubungan secara mendalam, berdasar iman akan Allah, dan saling membantu dengan tulus  (Persekutuan murid-murid Yesus, PAK SMP 1B. Pelajaran XI).

2.    Gambaran sahabat sejati paling nyata adalah dalam pribadi Yesus Kristus yang berani berkurban untuk para sahabat-Nya, bahkan dengan cara menyerahkan nyawa-Nya sendiri (lih. Yoh 15:13-15). Ia telah membuktikan diri sebagai sahabat bagi semua orang, terutama mereka yang hidup tanpa harapan, yang hidup menderita, yang hidup dikucilkan.


3.    Penghayatan persahabatan secara benar perlu diwujudkan dalam hidup  sehari-hari, salah satunya dengan menjadi sahabat yang sejati bagi sesama.

Remaja mengetahui pemahaman persahabatan secara benar sebagai dasar iman akan Allah sehingga dalam hidup sehari-hari remaja dapat mengembangkan persahabatan yang sejati dengan sesama.
·      Kitab Suci: 1Korintus Yoh 15:9-17
·      Persekutuan murid-murid Yesus, PAK SMP 1B, Pelajaran XI

·   sharing,
·   Dialog,
·   Informasi,
·   Bernyanyi
·   Menonton.
·    Kitab suci
·    Cuplikan Film “The A team” atau “3 Idiots”
·    LCD
·    Laptop

90 menit







NO
TEMA
POKOK GAGASAN
TUJUAN
SUMBER BAHAN
METODE
SARANA
WAKTU

Mendengarkan Suara Hati
1.       Banyak tindakan kriminal disebabkan karena tidak mengikuti suara hati. Suara hati meupakan kata hati (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

2.       Suara hati ialah kemampuan manusia untuk menyadari tugas moral dan unutk mengambil keputusan moral (Iman Katolik, hal. 13).


3.       Remaja dapat melatih diri untuk mendengarkan suara hati dalam bertindak di kehidupan sehari-hari.

Remaja mengetahui bahwa setiap tindakan ditentukan oleh suara hati sehingga dapat melatih diri untuk mendengarkan suara hati dalam hidup sehari-hari.
·      Kamus Besar Bahasa Indonesia
·      Iman Katolik, hal. 13
·   sharing,
·   Dialog,
·   Informasi,
·   Bernyanyi
·   Menonton.
·    Kitab suci
·    LCD
·    Laptop

90 menit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3