ariririta.com

Sabtu, 23 Februari 2013

SATUAN PERSIAPAN BIAK- TAHUN C- HR MINGGU PRAPASKAH II



HARI MINGGU PRAPASKAH I
Minggu, 24 Februari 2013

”MENDENGARKAN DAN MENGIKUTI YESUS”

Kegiatan           : Minggu Gembira
Tujuan               :
1.       Anak dapat menceritakan pengalaman peka mendengarkan dan menjalankan perintah orang lain (misal: mendengarkan dan kemudian melaksanakan perintah orang tua);
2.       Anak dapat menyebutkan makna kisah dalam Luk 9:28b-36;
3.       Anak dapat menyebutkan bentuk-bentuk tindakanpeka “mendengarkan dan mengikuti Tuhan”;
4.       Anak dapat mewujudkan tindakan “mendengarkan dan mengikuti Tuhan” dalam hidup sehari-hari (misal: patuh pada Bapak/ Ibu Guru).
Sarana              : Kitab Suci, Gambar Yesus dimuliakan di puncak gunung;
Metode             : Dialog, sharing, informasi, permainan;
Sumber bahan  : Luk 9:28b-36; KAMULAH SAHABATKU;AKU SAHABAT YESUS
Waktu               : 60-90 menit
Gagasan pokok :
Dalam kehidupan sehari-hari mendengarkan dan didengarkan sudah menjadi kebiasaan kita sebagai makhluk sosial. Anak mendengarkan orang tua,murid mendengarkan guru, anggota mendengarkan ketua maupun sebaliknya, dll. Namun kenyataannya banyak kasus dimana sulit sekali orang untuk saling mendengarkan dan kalaupun mendengarkan belum tentu akan segera melaksanakan. Banyak anak yang ketika di minta tolong teman, orang tua atau sesamanya tidak langsung menjalankan. Alasan malas maupun alasan lain di pergunakan.
Dalam Luk 9:28b-36 Yesus menampakkan kemuliaan-Nya di puncak gunung dan di saksikan oleh para murid-Nya. Di sana Allah Bapa sendiri bersabda "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia." Dengan kisah tersebut kita diajak untuk mendengarkan Yesus Kristus yang bersabda dalam firman-Nya (Kitab Suci)dan mengikuti-Nya. Bagaimana cara mendengarkan Yesus? Yaitu dengan mendengarkan Yesus yang bersabda dalam suara hati maupun melalui sesama. Yesus bisa saja bersabda melalui orang tua, guru,  teman, dll. Maka tindakan kita adalah mendengarkan dan melaksanakan dengan segera.

Apa yang harus dilakukan anak-anak Kristus dalam “mendengarkan dan mengikuti Tuhan”?Mendengarkan dan melaksanakan nasehat atau permintaan tolong dari orang tua, guru, teman, dll.

I.      PERAYAAN IMAN
1.    Salam
Selamat pagi adik- adik…. Apa kabar?? Kita bertemu lagi dalam kegiatan BIAK. Sebelum memulai kegiatan mari kita memuji dan memuliakan nama Tuhan dengan penuh sukacita…
2.    LaguPembuka
 Sing a little Song
*Sing a little song to Jesus,
You feel right                              2x
Fuwa.. fuwa hatina
Fuwa- fuwa kewako
Sing a little song to Jesus,
You feel right    
*Sing a little pray, sing a little dance
3.    Pengantar
Adik adik terkasih, kita sudah memuji namaTuhan dengan sukacita. Kemarin kakak telah memberi tugas kalian untuk menyisihkan sebagian dari uang saku ke dalam kotak APP. Sudahkan kalian menjalankannya? Apa kesulitannya?
Di hari yang luar biasa ini,kita berkumpul kembali untuk mendengarkan Yesus yang luar biasa dan menampakkan kemulian-Nya. Tema hari ini adalahMENDENGARKAN DAN MENGIKUTI YESUS. Maka marilah kita memahami sabda Allah secara lebih dalam kegiatan BIAK hari ini. Marilah berdoa..

4.    Doa pembuka
(Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus)
Yesus yang baik hati. Kami bersyukur atas penyertaanMu sehingga kami bisa berkumpul bersama teman-teman kami. Semoga kami mampu untuk menjadi saksi-Mu. Terimakasih Yesus. Amin.
( Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus).........

5.    Bacaan Kitab Suci
Luk 9:28b-36
9:28 Kira-kira delapan hari sesudah segala pengajaran itu, Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa.
9:29 Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan.
9:30 Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.
9:31 Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem.
9:32 Sementara itu Petrus dan teman-temannya telah tertidur dan ketika mereka terbangun mereka melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya: dan kedua orang yang berdiri di dekat-Nya itu.
9:33 Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu.
9:34 Sementara ia berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika mereka masuk ke dalam awan itu, takutlah mereka.
9:35 Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia."
9:36 Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Dan murid-murid itu merahasiakannya, dan pada masa itu mereka tidak menceriterakan kepada siapa pun apa yang telah mereka lihat itu.
II.    PENGHAYATAN IMAN
1.    Pertanyaan Pendalaman
a)         Apa yang dikisahkan dalam Luk 9:28b-36? (Yesus menampakkan kemuliaan-Nya dengan disaksikan ketiga muridNya)
b)        Dimana Yesus menampakkan kemulian-Nya? (Di puncakgunung)
c)         Siapa yg menyaksikan Yesus? (Petrus, Yohanes dan Yakobus)
d)        Apa yang terjadi saat Yesus menampakkan kemulian-Nya? (Wajah Yesus berubah rupa; nampak nabi Musa dan Elia; ada suara dari dalam awan)
e)        Apa yg dikatakan dalam ‘Suara’ di awan? ("Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia.")
2.    Permainan
Bermain bola dengan mata tertutup.
3.    Penegasan
1)       Dalam kehidupan sehari-hari mendengarkan dan didengarkan sudah menjadi kebiasaan kita sebagai makhluk sosial. Anak mendengarkan orang tua, murid mendengarkan guru, anggota mendengarkan ketua maupun sebaliknya, dll. Namun kenyataannya banyak kasus dimana sulit sekali orang untuk saling mendengarkan dan kalaupun mendengarkan belum tentu akan segera melaksanakan. Banyak anak yang ketika di minta tolong teman, orang tua atau sesamanya tidak langsung menjalankan. Alasan malas maupun alasan lain di pergunakan.
2)       Dalam Luk 9:28b-36 Yesus menampakkan kemuliaan-Nya di puncak gunung dan di saksikan oleh para murid-Nya. Di sana Allah Bapa sendiri bersabda "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia." Dengan kisah tersebut kita diajak untuk mendengarkan Yesus Kristus yang bersabda dalam firman-Nya (Kitab Suci)dan mengikuti-Nya.
3)       Bagaimana cara mendengarkan Yesus? Sebagaimana dalam permainan tadi, kita diajak untuk peka mendengarkan suara Tuhan.Yaitu dengan mendengarkan Yesus yang bersabda dalam suara hati maupun melalui sesama. Yesus bisa saja bersabda melalui orang tua, guru,  teman, dll. Maka tindakan kita adalah mendengarkan dan melaksanakan dengan segera.

III.  PENGUNGKAPAN IMAN
1.    Lagu
Jalan Serta Yesus
Jalan serta Yesus
Jalan sertaNya setiap hari
Jalan serta Yesus
Serta Yesus slamanya
Jalan dalam suka
Jalan dalam duka
Jalan sertaNya setiap hari
Jalan serta Yesus
Serta Yesus slamanya

2.    Aktivitas
-         Mewarnai gambar (Terlampir) atau
-         Menemukan jalan menuju Tuhan

IV. KESAKSIAN IMAN
1.       KesaksianAnak
Anak  menceritakan pengalaman peka mendengarkan dan menjalankan perintah orang lain (misal: mendengarkan dan kemudian melaksanakan perintah orang tua).

2.       Kesaksian Pembina
Pembina menceritakan pengalaman peka mendengarkan dan menjalankan perintah orang lain.

V.   PERWUJUDAN IMAN
1.       Doa Permohonan
Anak diminta satu persatu untuk mendoakan teman disampingnya....
2.       Doa Bapa Kami
3.       Kolekte


4.       Penugasan
Anak diminta untuk menyisihkan sebagian dari uang saku ke dalam kotak APP. Pada akhir minggu Prapaskah akan disumbangkan kepada orang yang kurang mampu...
Anak diminta mendengarkan dan melaksanakan nasehat atau permintaan tolong dari orang tua, guru, teman, dll. Dengan segera tanpa menunda waktu.
5.       Penegasan Akhir
Sebagai anak Tuhan, kita diminta untuk selalu mendengrakan Tuhan yang berfirman melalui sesama.
6.       Doa Penutup
(Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus)
Tuhan Yesus terima kasih karena Engkau sungguh mencintai dan memilih kami menjadi teman-Mu. Bukalah telinga dan hati kami, agar kami mampu mendengarkan sabda-Mu lewat siapa saja yang mengajarkan kepada kami. Semoga kami mampu mengikuti Putera-Mu selalu. Amin
(Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus)
7.       Lagu Penutup
“Dengar Dia Panggil Nama Saya”
Dengar Dia panggil nama saya
Dengar Dia panggil namamu
Dengar Dia panggil nama saya
Juga Dia panggil namamu
Oh Giranglah, oh giranglah
Yesus amat cinta pada saya
Oh giranglah
Ku jawab ya ya ya
Ku jawab ya ya ya
Ku jawab ya Tuhan, Ku jawab ya Tuhan
Ku jawab ya ya ya

Malang, 21 Februari 2013
Petugas Weekend



Stephiana Ari Rita


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar