S I L A B U S
Nama Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Katolik
Kelas/ Semester :
X/ 1
Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus sebagai landasan mengembangkan
diri sebagai perempuan atau laki-laki yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan
keterbatasan sehingga dapat berelasi dengan sesama secara lebih baik.
Kompetensi Dasar :
Bersikap kritis terhadap pengaruh mass media, kelompok tertentu dan sebagainya
mampu mengambil keputusan yang tepat dan benar yang dapat
dipertanggungjawabkan.
Indikator
|
Karakter
|
Materi
Pokok Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Pembelajaran
|
1.
Menjelaskan
berbagai bentuk ideologi yang berkembang dalam hubungan dengan kaum muda;
2.
Menjelaskan
berbagai gaya hidup yang berkembang dalam hubungan dengan kaum muda;
3.
Menjelaskan
sikap dasar Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang dalam zaman-Nya
berdasarkan Teks Kitab Suci (Mat 23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13);
4.
Menyebutkan
sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup
yang berkembang;
5.
Menyusun
refleksi terhadap ideologi dan gaya hidup yang berkembang.
|
1.
Religius;
2.
Peka
dan Kritis;
3.
Bertanggung
jawab.
|
Bersikap Kritis
Terhadap Ideologi dan Gaya Hidup yang Berkembang
|
1. Doa Pembuka.
2. Apersepsi: penyajian foto-foto
demo mahasiswa dan tren hidup (mode, musik, dll.)
3. Membaca cerita tentang
ideologi, misalnya cerita “ Ideologi” karya
Anthony de Mello, SJ.
4. Mendiskusikan tentang kesan
pesan cerita; pemahaman tentang ideologi; berbagai macam ideologi yang
berkembang; baik dan buruknya suatu ideologi; pendapat mengenai ideologi dan
aliran yang berkembang.
5. Pleno, rangkuman dan informasi
mengenai ideologi yang berkembang.
6. Mendata gaya hidup dan isu-isu
yang berkembang kemudian memberikan tanggapan atas gaya hidup maupun isu-isu
yang berkembang tersebut.
7. Pleno dan informasi.
8. Berdiskusi untuk merumuskan
sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang di zamannya berdasarkan
Mat 23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13.
9. Pleno, rangkuman dan informasi
mengenai sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang di zamannya.
10. Berdiskusi tentang sikap-sikap
yang dibangun dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup yang berkembang.
11. Pleno.
12. Membuat refleksi tertulis
secara bebas dalam bentuk surat kepada teman, atau catatan diari, atau
artikel yang menerangkan segi positif dan negatif ideologi bagi hidup
beriman!
13. Rangkuman keseluruhan.
14. Doa penutup.
|
Tes
Tertulis:
1.
Jelaskan
berbagai macam ideologi yang berkembang!
2.
Jelaskan
berbagai bentuk gaya hidup yang muncul saat ini! Bagaimana tanggapanmu?
3.
Bagaimana
sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang dalam zaman-Nya?
4.
Sebutkan
sikap-sikap dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup yang berkembang!
Non
Test:
1.
Buatlah
refleksi tertulis secara bebas dalam bentuk surat kepada teman, atau catatan
diari, atau artikel yang menerangkan segi positif dan negatif ideologi bagi
hidup beriman!
|
2
x
45
menit
|
-
Mat
23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13.
-
Cerita
“ Ideologi” karya Anthony de Mello,
SJ
-
Buku
Teks PAK
|
Comments
Post a Comment