Skip to main content

CONTOH SILABUS SMA BERKARAKTER AGAMA KATOLIK



S I L A B U S
Nama Sekolah             : SMAN
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/ Semester          : X/ 1
Waktu                         : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Memahami nilai-nilai keteladanan Yesus Kristus sebagai landasan mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan sehingga dapat berelasi dengan sesama secara lebih baik.
Kompetensi Dasar      : Bersikap kritis terhadap pengaruh mass media, kelompok tertentu dan sebagainya mampu mengambil keputusan yang tepat dan benar yang dapat dipertanggungjawabkan.
Indikator
Karakter
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Pembelajaran
1.    Menjelaskan berbagai bentuk ideologi yang berkembang dalam hubungan dengan kaum muda;
2.    Menjelaskan berbagai gaya hidup yang berkembang dalam hubungan dengan kaum muda;
3.    Menjelaskan sikap dasar Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang dalam zaman-Nya berdasarkan Teks Kitab Suci (Mat 23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13);
4.    Menyebutkan sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup yang berkembang;
5.    Menyusun refleksi terhadap ideologi dan gaya hidup yang berkembang.
1.      Religius;
2.      Peka dan Kritis;
3.      Bertanggung jawab.

Bersikap Kritis Terhadap Ideologi dan Gaya Hidup yang Berkembang
1.     Doa Pembuka.
2.     Apersepsi: penyajian foto-foto demo mahasiswa dan tren hidup (mode, musik, dll.)
3.     Membaca cerita tentang ideologi, misalnya cerita “ Ideologi” karya Anthony de Mello, SJ.
4.     Mendiskusikan tentang kesan pesan cerita; pemahaman tentang ideologi; berbagai macam ideologi yang berkembang; baik dan buruknya suatu ideologi; pendapat mengenai ideologi dan aliran yang berkembang.
5.     Pleno, rangkuman dan informasi mengenai ideologi yang berkembang.
6.     Mendata gaya hidup dan isu-isu yang berkembang kemudian memberikan tanggapan atas gaya hidup maupun isu-isu yang berkembang tersebut.
7.     Pleno dan informasi.
8.     Berdiskusi untuk merumuskan sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang di zamannya berdasarkan Mat 23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13.
9.     Pleno, rangkuman dan informasi mengenai sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang di zamannya.
10. Berdiskusi tentang sikap-sikap yang dibangun dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup yang berkembang.
11. Pleno.
12. Membuat refleksi tertulis secara bebas dalam bentuk surat kepada teman, atau catatan diari, atau artikel yang menerangkan segi positif dan negatif ideologi bagi hidup beriman!
13. Rangkuman keseluruhan.
14. Doa penutup.


Tes Tertulis:
1.    Jelaskan berbagai macam ideologi yang berkembang!
2.    Jelaskan berbagai bentuk gaya hidup yang muncul saat ini! Bagaimana tanggapanmu?
3.    Bagaimana sikap Yesus terhadap aliran dan paham yang berkembang dalam zaman-Nya?
4.    Sebutkan sikap-sikap dalam menghadapi ideologi dan gaya hidup yang berkembang!



Non Test:
1.    Buatlah refleksi tertulis secara bebas dalam bentuk surat kepada teman, atau catatan diari, atau artikel yang menerangkan segi positif dan negatif ideologi bagi hidup beriman!
2        x 45
menit
-          Mat 23:1-36, Mat 22:23-33 dan Luk 4;1-13.
-          Cerita “ Ideologi” karya Anthony de Mello, SJ
-          Buku Teks PAK


Comments

Popular posts from this blog

SALAM JUMPA

Salam jumpa untuk semua Apa kabar engkau di sana Kuharap engkau baik-baik saja Aku kamu kita semua Salam jumpa untuk semua Mari kita bersukaria Dalam acara temu OMK Bergembira bersama-sama   Reff :       Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang Kita rayakan kebersamaan ini dalam Tuhan Kita di sini tuk berbagi cinta Membuka hati tuk semua Bergandengan tangan sambil bergoyang 1 2 3 kita kumpul semua oke

RPP PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 - KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dibuat per Kompetensi Dasar (KD). Berikut adalah RPP Kelas 1 Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk KD 1,2 dan 3 . RPP dibuat sesuai 4 pengetahuan yang harus dimiliki oleh peserta didik yaitu pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif sebagaimana diharapkan dalam akreditasi. Selain itu berusaha menerapkan karakter, HOTS,   dan 4C. KD 1 KD 2 KD 3